5 Tips Membesarkan Anak Agar Tumbuh Bahagia, Terapkan Yuk Ma!

cara membesarkan anak alc talent

Daftar Isi

Membesarkan Anak, Ikuti 5 Tips Ini Agar Anak Lebih Bahagia

Kebahagiaan anak tentu merupakan dambaan setiap orang tua, ya, Ma. Tidak ada orang tua yang merasa tenang jika mendapati sang anak dalam kondisi sedih. Terkait hal itu, maka dalam proses membesarkan anak, orang tua perlu menerapkan pola asuh yang tepat.

Artikel ini memuat tentang alasan pentingnya kebahagiaan dalam proses tumbuh kembang anak dan sejumlah tips yang perlu dilakukan orang tua untuk membantu agar anak tumbuh bahagia. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu yuk tentang arti membesarkan anak agar tumbuh bahagia.

Membesarkan Anak Agar Bahagia, Maksudnya Apa Sih?

Membesarkan anak singkatnya merupakan sebuah proses mendampingi tumbuh kembang anak. Dalam proses tersebut, orang tua tentunya perlu memperhatikan cara didiknya untuk memastikan agar anak dapat tumbuh bahagia. Sebab, kebahagiaan anak merupakan sesuatu yang berharga karena akan berpengaruh pada pertumbuhan selanjutnya.

Baca Juga: Ingin Jadi Orang Tua Bijak? Yuk Terapkan 5 Cara Ini

Mengapa Anak Perlu Tumbuh Bahagia?

Memastikan anak agar tumbuh bahagia menjadi suatu hal yang penting. Hal itu karena kebahagiaan akan mendorong timbulnya karakter-karakter baik pada anak. Misalnya saja, anak akan tumbuh sebagai sosok yang percaya diri, mudah bersosialisasi, hingga penuh empati.

Pada akhirnya, hal itu berpengaruh positif terhadap kehidupan anak di masa depan. Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan oleh National Library of Medicine anak yang bahagia cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi. Selain itu, keberhasilannya dalam pendidikan dinilai lebih baik dibandingkan anak yang proses tumbuh kembangnya terganggu.

Bagaimana Tips Membesarkan Anak Agar Tumbuh Bahagia?

Sekarang Anda tentu sudah semakin paham tentang pentingnya kebahagiaan dalam proses membesarkan, kan, Ma. Hal itu pun tentu menjadi sebuah pendorong bagi orang tua untuk lebih memperhatikan pola asuhnya. Nah, untuk mendukung agar anak bahagia dalam proses tumbuh kembangnya, simak sejumlah tips berikut ini, ya, Ma!

Pertama, dukung cita-citanya

Anak kecil biasanya memiliki banyak cita-cita yang sering berubah-ubah. Terkait itu orang tua pun sebaiknya tak membatasi anak. Berikan anak kesempatan untuk bercita-cita setinggi mungkin dan tunjukkan bahwa Anda mendukungnya. Setidaknya itu sebagai bentuk kepedulian orang tua yang tentunya akan membuat anak bahagia.

Kedua, berikan ruang untuk mengeksplor dunia luar

Dilansir dari laman Healthy Children, menurut American Academy of Pediatrics, mengajak anak bermain di luar akan berpengaruh positif pada kesehatan fisik dan mentalnya. Maka, dibandingkan mengurung anak dalam rumah dengan memberikan gadget, orang tua sebaiknya memberikan ruang pada anak untuk lebih mengeksplor dunia luar. Itu juga menjadi salah satu cara ampuh untuk mengatasi ketergantungan anak pada gadget, ya, Ma.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

Ketiga, jadilah teman bagi anak

Menjadi orang tua tegas memang perlu, tetapi menjadi orang tua yang bisa berperan sebagai teman tentu juga penting, ya, Ma. Hal itu dapat membuat anak lebih nyaman mengungkap secara jujur segala perasaannya tanpa rasa takut. Terkait hal itu, maka orang tua perlu berupaya untuk lebih dekat pada sang anak dan yakinkan bahwa Anda dapat menjadi teman cerita yang baik.

Keempat, hindari sikap menghakimi

Nyatanya, tidak ada anak yang senang apabila dirinya dihakimi terlebih lagi oleh orang tuanya sendiri. Sikap menghakimi tersebut pun perlu dihindari dalam proses membesarkan anak. Sebab, hal itu hanya akan mendorong anak untuk memiliki sikap buruk. Maka, jika memang anak berbuat salah cobalah untuk menasihati dan mengajarinya dengan cara santun.

Kelima, tunjukkan rasa sayang yang tulus pada anak

Menunjukkan rasa sayang pada anak merupakan sebuah hal penting. Realitanya, banyak anak yang merasa dirinya tak dicintai. Hal itu tentunya akan mengganggu proses tumbuh kembang anak. Maka, orang tua perlu menunjukkan kasih sayangnya setidaknya hal itu dapat membuat lebih merasa dianggap dan dihargai.

Nah, itulah informasi seputar sejumlah tips membesarkan anak agar tumbuh bahagia. Selain mengikuti tips tersebut, Anda juga dapat memfasilitasi anak untuk mengikuti program Leadership for Kids and Teens dari ALC Talent. Program tersebut memiliki sejumlah kegiatan yang salah satu tujuannya untuk membentuk karakter anak agar lebih bahagia. Cek selengkapnya di sini untuk mengetahui lebih lengkap mengenai program tersebut, ya, Ma!

 

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di