Contoh Sikap Buruk Anak dan 5 Tips Mengatasinya, Yuk Cari Tahu Ma!

contoh sikap buruk pada anak alc talent

Daftar Isi

Sikap Buruk Anak, Yuk Atasi Dengan 5 Cara Jitu Ini!

Tidak ada orang tua yang ingin membiarkan anaknya memiliki sikap buruk. Maka, orang tua perlu mencegahnya sedini mungkin. Sebab, sikap buruk anak sewaktu kecil bisa menjadi sebuah kebiasaan yang nantinya berlanjut hingga dewasa.

Artikel ini membahas tentang sejumlah cara yang dapat dilakukan orang tua untuk mengatasi sikap buruk pada anak. Namun, sebelum membahas hal tersebut yuk ketahui terlebih dahulu tentang pengertian dan contoh-contoh sikap buruk anak yang seharusnya dihindari, ya, Ma!

 

Apa Itu Perilaku Buruk?

Sikap buruk anak merupakan segala perilaku negatif yang bisa mengganggu hingga merugikan anak. Menurut America Academy, ada berbagai penyebab timbulnya sikap buruk pada anak, salah satunya lingkungan. Faktor lingkungan yang paling berpengaruh yaitu lingkungan keluarga yang tentunya berkaitan dengan didikan orang tua.

Nyatanya, setiap orang tua berharap agar sang anak dapat tumbuh menjadi anak yang baik.  Namun, tak bisa dipungkiri bahwa sejumlah orang tua kadang tidak sadar bahwa cara didiknya justru dapat menyebabkan anak berperilaku buruk.

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Anak Bandel Yang Perlu Orang Tua Terapkan

 

Apa Saja Perilaku Buruk Pada Anak?

Ada berbagai perilaku yang tergolong buruk dan seharusnya tidak dimiliki oleh anak. Ketahui 4 daftar lengkapnya berikut ini, ya, Ma!

Pertama, gampang sedih

Biasanya anak bersikap cengeng karena sedang memendam kekecewaan atau mengalami kelelahan. Sikap cengeng tersebut umumnya ditandai dengan anak terus merengek dalam waktu lama, bahkan menangis.

Kedua, penakut

Menghadapi anak yang penakut tentu tidak mudah sehingga sikap tersebut sebaiknya dihilangkan. Apalagi rasa takut dalam diri anak akan berpengaruh terhadap masa depannya. Umumnya, anak penakut akan cenderung tumbuh sebagai orang yang tertutup, tidak percaya diri, hingga tidak berani mengambil risiko.

Ketiga, tidak mandiri

Sikap manja menyebabkan anak selalu ingin bergantung pada orang lain, terkhusus orang tuanya. Membuat anak menjadi tidak mandiri. Perilaku buruk tersebut disebabkan salah satunya oleh kebiasaan orang tua yang selalu menuruti keinginan sang anak. Akhirnya saat menghadapi sesuatu, anak pun tidak mampu menyelesaikannya kecuali dengan bantuan orang lain.

Keempat, suka berbohong

Rasa takut sering menimbulkan sikap buruk lainnya seperti perilaku bohong. Nyatanya, anak kadang memilih berbohong karena takut dimarahi oleh orang tuanya. Perilaku bohong juga dilakukan untuk melindungi diri dari sebuah hukuman.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Sikap Buruk Pada Anak?

Pertama, sampaikan nasihat dengan santun

Sikap buruk pada anak bisa saja disebabkan karena anak belum tahu pasti tentang sikap tersebut. Maka, ajarilah dan berikan nasihat tentang perbedaan sikap baik dan buruk. Pastikan Anda juga menyampaikan nasihat tersebut secara santun, ya, Ma.

Kedua, berikan contoh perilaku yang baik

Setiap harinya anak melihat perilaku orang tua dan bisa saja ia mencontohnya. Sikap buruk pada anak mungkin saja terjadi karena anak pernah menyaksikan orang tuanya berperilaku dengan cara tersebut. Oleh karena itu, orang tua perlu berupaya menunjukkan perilaku yang baik.

Baca Juga: 5 Karakter Ini Harus Diajarkan Pada Anak Usia Dini

Ketiga, hargai perasaan anak

Sejumlah anak sering merasa tidak dihargai dan tidak dimengerti perasaannya oleh orang tua. Hal itulah yang akhirnya mendorong anak untuk berperilaku buruk. Terkait hal itu, maka orang tua perlu belajar menghargai untuk lebih memahami perasaan sang anak.

Keempat, hindari berperilaku kasar

Sikap kasar yang ditunjukkan oleh orang tuanya mungkin bertujuan untuk membuat anak jerah. Namun, kondisi yang sering terjadi adalah anak justru akan merasa semakin kesal dan kecewa. Hal itulah yang nantinya membuat anak bersikap buruk.

Kelima, tetapkan aturan dan siapkan hadiah

Dibandingkan memberi hukuman, orang tua sebaiknya menetapkan aturan secara bijaksana. Komunikasikan aturan tersebut pada anak untuk memastikan bahwa anak bersedia mematuhinya. Selain itu, tawarkan pemberian hadiah agar anak lebih termotivasi untuk menetapi aturan yang telah diputuskan.

Demikian informasi seputar contoh sikap buruk pada anak dan cara-cara untuk mengatasinya. Selain melakukan berbagai cara yang telah dibahas, Anda juga bisa mengikutsertakan sang anak pada program Leadership for Kids dari ALC Talent. Program tersebut dapat membantu membentuk karakter baik pada anak sehingga segala sikap buruk dapat terhindarkan. Ingin tahu lebih lengkap mengenai programnya? Cek di bawah ini, ya, Ma.

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di