Inilah Cara Mendidik Anak Jujur, Tanggung Jawab, Mandiri, Percaya Diri

cara mendidik anak alc talent

Daftar Isi

Cara Mendidik Anak Yang Perlu Orang Tua Terapkan, Berikut 10 Langkahnya!

Bagaimana sih cara mendidik anak yang baik? Tahukah Anda jika pendidikan pertama seorang anak berasal dari lingkungan keluarga? Ya, ini memang benar adanya. Anak akan lebih banyak berinteraksi dengan keluarga. Maka tidak heran, jika keluarga bisa membentuk karakter dasar seorang anak. 

Sebagai orang tua, tugas utama kita adalah mendidik anak dengan sebaik mungkin. Tentunya, Anda menginginkan si Kecil berperilaku mandiri, bersikap jujur, tanggung jawab, serta percaya diri bukan? 

Sebenarnya, pendidikan karakter bisa dilakukan sejak dini, lho. Kuncinya, Anda harus bisa menerapkan tips parenting dengan benar agar karakter anak bisa terbentuk dengan baik. Lalu, bagaimana, sih, cara mendidik anak dengan tepat? Tak usah khawatir, Anda bisa mengetahuinya dengan menyimak ulasannya di bawah ini!

3 Cara Mendidik Anak Yang Perlu Orang Tua Terapkan

Masing-masing anak tentunya memiliki kepribadian yang berbeda. Ada anak yang sangat aktif, tapi juga ada yang cenderung lebih pendiam. Memahami kepribadian anak tentu saja perlu dilakukan oleh orang tua, mengapa? Sebab, hal ini bisa menjadi ‘penentu’ bagaimana Anda harus bertindak ketika ingin membentuk karakter seorang anak.

Meski begitu, pada umumnya orang tua pasti menginginkan anak memiliki sikap jujur, tanggung jawab, mandiri, serta percaya diri. Nah, berikut ini adalah cara membina serta mendidik anak dengan tepat agar si Kecil memiliki karakter yang baik. Catat, ya Ma!

Pertama, bangun sikap jujur pada anak

Sikap jujur itu bisa diajarkan sejak dini, bagaimana caranya? Anda bisa membiasakan si Kecil bersikap jujur, baik dalam perkataan, perilaku, atau perbuatan. Selain itu, orang tua juga harus bisa memberikan contoh bagaimana bersikap jujur dihadapan seorang anak.

Kedua membina anak yang bertanggung jawab

Sikap yang dimiliki oleh seorang anak tentunya akan dibawa hingga dewasa, termasuk tanggung jawab. Memang, anak-anak tidak memiliki tanggung jawab yang besar layaknya orang dewasa. Namun, bukan berarti sikap tanggung jawab tidak perlu diajarkan. Sebaliknya, orang tua justru harus membimbing anak sejak dini agar kelak ia menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Baca juga: Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini Itu Penting? Ketahui 5 Alasannya, Yuk!

Ketiga, jangan lupa, ajarkan keterampilan pada anak

Anak yang cerdas merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Menurut penelitian dari University of Washington, faktor genetik memiliki peranan terhadap kecerdasan anak. Tapi, itu hanya sebesar 40-60 persen saja. Dengan kata lain, ada faktor lain yang juga berperan, apa itu? Ini meliputi lingkungan, pola asuh, dan kualitas pendidikan.

Agar si Kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas, Anda bisa membinanya dengan mengajarkan berbagai keterampilan. Misalnya saja time management, mengajarkan keterampilan dasar, hingga keterampilan sosial serta emosional.

3 Cara mendidik anak yang susah diatur

Mendidik anak yang susah diatur, bandel, hingga keras kepala memang tidak mudah. Tapi, bukan berarti itu mustahil. Anda tetap bisa, kok, mengatasi anak yang susah diatur. Caranya? Yuk baca terus!

Jangan menggunakan kekerasan

Hindarilah menggunakan kekerasan sebagai cara mendidik anak, ya. Alih-alih akan menjadi penurut, ketika menggunakan kekerasan anak justru akan semakin memberontak, lho.

Lalu, bagaimana cara mendidik anak tanpa kekerasan? Nah, Anda bisa bersikap lebih tegas dalam mendidik si Kecil. Contohnya, dengan membuat beberapa aturan yang harus dipatuhi.

Tetaplah bersikap tenang

Memang, perlu kesabaran ekstra apabila anak lebih susah diatur. Namun demikian, usahakanlah jangan sampai Anda kehilangan kontrol dan harus tetap tenang. Ini dilakukan agar Anda bisa menangani situasi sulit dengan lebih baik.

Jadi pendengar yang baik

Setiap orang tentu saja ingin didengar oleh orang lain, begitu pun dengan anak. Ketika Anda mendengarkan si Kecil dengan sungguh-sungguh, ia akan merasa benar-benar diperhatikan. Alhasil, perilaku susah diatur juga akan semakin berkurang.

Jenis Pendidikan Karakter Sejak Dini

Membangun karakter anak menjadi pribadi yang jujur, tanggung jawab, mandiri, serta percaya diri bisa dilakukan dengan pendidikan karakter. Sebagai program untuk mewujudkan hal tersebut, pendidikan karakter tentu saja sangat memudahkan para orang tua.

Ada penelitian dari Universitas Rowan, United States terhadap 10,996 anak sekolah yang diberikan pendidikan karakter selama 8 bulan. Hasilnya adalah mereka menjadi lebih disiplin, positif dan menghormati satu sama lain.

Pada dasarnya, pendidikan karakter itu bisa dilakukan di mana saja. Bisa dimulai dari rumah, sekolah, atau bahkan kelas online. Mau tahu penjelasan selengkapnya? Yuk, simak di bawah ini!

Pendidikan karakter di rumah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa keluarga juga berperan penting dalam membentuk karakter seorang anak. Anggota keluarga, khususnya orang tua tentunya sangat berperan penuh. Pendidikan karakter di rumah tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Akan tetapi, si Kecil terkadang cenderung abai atau bahkan terlalu santai, nih.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

Pendidikan karakter di sekolah

Sebagai informasi, pemerintah sudah mewajibkan pendidikan karakter di setiap pembelajaran. Dalam hal ini, guru yang memiliki peranan utama. Meski begitu, tantangan bagi seorang guru dalam membentuk karakter seorang anak yakni sulitnya fokus terhadap satu anak alias pendekatannya kurang personal.

Pendidikan karakter di kelas online

Karakter baik yang diharapkan dari seorang anak juga bisa diwujudkan dengan mengikuti pendidikan karakter kelas online. Tak usah khawatir, karena pendidikan karakter yang diberikan ditangani oleh seorang profesional yang pastinya sudah ahli di bidangnya.

Namun, Anda perlu mengeluarkan biaya. Eits tapi, tentunya ada harga ada kualitas. Tips yang perlu diterapkan yakni carilah lembaga berkualitas dan sudah punya nama agar hasil yang diinginkan pun dapat terwujud.

Jika Anda menginginkan perubahan untuk karakter anak Anda, pas banget nih, ALC Talent ada program khusus untuk anak. Namanya Leadership for Kids and Teens. Seperti apa pelaksanaannya? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di