5 Cara agar Anak Menjadi Siswa Berprestasi di Sekolah, Apa Saja?

anak berprestasi alc talent

Daftar Isi

Anak berprestasi dambaan orang tua. Untuk meraihnya, Apa yang harus dilakukan?

Memiliki prestasi di sekolah bisa membuat kita orangtua bangga. Tapi, untuk mencapai itu semua tentunya tidak mudah. Namun, bukan hal yang mustahil.

Anda pasti sering mendengar berita mengenai siswa berprestasi yang membanggakan. Siapa sangka, di balik prestasi tersebut terdapat faktor kerja keras dan didikan tepat dari orangtua.

Seperti kata pepatah, kunci kesuksesan adalah tekad yang kuat dan tidak pernah takut untuk menghadapi kegagalan. Jika bersungguh-sungguh mencapai impian, niscaya semua kerja keras pun dapat terbayarkan. Setuju?

Sebelum pergi lebih jauh, simak dulu yuk apa sih pengertian dari siswa berprestasi?

Apa yang Dimaksud dengan Siswa Berprestasi?

Siswa berprestasi adalah anak-anak yang berhasil mencapai prestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Anak berprestasi adalah kebanggan orangtua. Menjadi anak berprestasi tentunya impian dari banyak siswa.

Tentunya, sebagai orangtua Anda pasti menginginkan anak sukses dalam meraih prestasi bukan? Lalu, mengapa seorang anak bisa berprestasi tinggi?

Ternyata, mendidik anak baik adalah kunci agar ia meraih prestasi. Ya, orangtua memang memegang peranan penting dalam hal ini. Sebab, orangtua merupakan guru pertama dalam kehidupan seorang anak.

Mendidik anak sejak dini bisa membentuk karakter positif pada si Kecil. Alhasil, anak pun bisa menjadi siswa teladan dan meraih prestasi di sekolahnya.

Bahkan, menurut Michigan Department Education, didikan dan peranan orangtua dua kali lebih banyak dalam hal faktor keberhasilan akademik anak, terlepas dari status sosial ekonomi keluarganya. Nah, berikut ini adalah beragam tips ampuh agar anak berprestasi di sekolah. Catat, ya Ma!

Baca juga: 5 Cara Belajar Efektif Dan Efisien Agar Tidak Mudah Lupa

Bagaimana Cara Menjadi Siswa yang Berprestasi?

Ada banyak cara yang bisa diterapkan pada anak agar ia bisa menjadi siswa yang berprestasi. Tentunya, cara ini tidak akan berhasil tanpa bimbingan dari Anda sebagai orangtua.

Berikut adalah berbagai cara agar anak menjadi pintar dan berprestasi.

Pertama, buat jadwal belajar

Jika menginginkan anak berprestasi di sekolah, Anda harus membangun rutinitas dan sebisa mungkin mengajari anak untuk mematuhi peraturan tersebut.

Caranya, Anda dan anak bisa membuat jadwal belajar yang disesuaikan dengan kemampuan mereka. Ingat, jangan terlalu memforsir mereka untuk belajar. Sebaiknya, sisipkanlah kegiatan menyenangkan di sela-sela waktu belajar.

Kedua, bangun tekad yang kuat

Membangun tekad dalam diri anak memang bukanlah hal yang mudah. Namun, Anda bisa melakukan beberapa cara. Misalnya saja, dengan bertanya apa keinginan terbesar bagi diri mereka atau membangun kebiasaan baru yang baik.

Ketiga, dorong si Kecil untuk belajar secara efektif

Belajar secara efektif dengan mencatat poin-poin penting dari materi pembelajaran yang diberikan oleh guru bisa diterapkan pada anak.

Dengan begitu, anak bisa lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Keempat, bekerja sama dengan guru

Membangun komunikasi yang baik dengan para pengajar juga penting dilakukan.

Berkomunikasi dengan guru juga bisa membantu Anda mengetahui prestasi akademik anak di sekolah. Sehingga, jika prestasinya tidak sesuai dengan harapan, Anda bisa langsung berdiskusi dengan guru untuk meningkatkan nilai akademiknya.

Kelima, tingkatkan motivasi belajar anak

Motivasi belajar anak bisa ditingkatkan dengan berbagai cara. Seperti mengenali terlebih dahulu gaya belajar si Kecil, fokus terhadap minat anak, atau bahkan memberikan hadiah ketika ia berhasil mencapai tujuannya.

Baca juga: Motivasi Belajar Anak Anda Turun? Lakukan 7 Langkah Ini Yuk!

Apa Motivasi untuk Menjadi Orang yang Berprestasi?

Merupakan hal yang wajar jika anak sedih apabila ia belum mencapai keinginannya. Namun, kesedihan tersebut tidak boleh berlaru-larut karena masih banyak mimpi yang harus dicapai.

Untuk mengembalikan semangat si Kecil, Anda bisa memberikan kata-kata motivasi untuk meraih prestasi seperti berikut ini.

– Jangan melihat jam, lakukan apa yang harus dilakukan. Teruslah lakukan (Sam Levenson)

– Kalau kamu berpikir kamu bisa melakukannya, maka kamu pun bisa! (John Burroughs)

– Seberat apapun tantangannya, siapkan dirimu dengan niat dan tekad yang kuat

– Keberhasilan bukanlah milik orang pintar, namun keberhasilan itu adalah milik mereka yang senantiasa berusaha (BJ Habibie)

– Untuk meraih cita-cita besar, kita tak hanya perlu bertindak, namun juga bermimpi dan meyakini bahwa kita akan berhasil

– Prestasi tidak dapat diraih tanpa adanya semangat

– Prestasi spektakuler selalu diawali dengan persiapan spektakuler (Robert H. Schuller)

Berbagai tips agar anak berprestasi di sekolah tentunya tidak akan berhasil tanpa adanya peran serta orangtua.

Namun, apabila Anda kesulitan untuk meningkatkan prestasi dan motivasi pada si Kecil. Anda bisa bekerja sama dengan para profesional di bidangnya. Nah, prestasi itu bisa diraih dengan membentuk karakter dasar terlebih dahulu loh, ma. ALC Talent punya program khusus mendidik karakter anak, namanya Leadership for Kids and Teens. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di