5 Cara Ampuh Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

karakter anak alc talent

Daftar Isi

Karakter Anak Perlu Dibentuk Sejak Dini Agar Kelak Menjadi Pribadi yang Positif. Bagaimana Caranya?

Anak-anak memiliki sifat dan perilakunya masing-masing. Ada yang aktif, tapi sebagian lainnya lebih pasif. Ini wajar, kok, Ma, mengingat setiap anak itu unik. Tapi, ada satu kesamaan yang pastinya diinginkan tiap orangtua, yakni memiliki karakter anak yang baik.

Sebagian orang menganggap bahwa karakter itu terbentuk dengan sendirinya. Namun, semua itu juga bisa dibentuk, lho. Maka dari itu, Anda harus menyadari akan pentingnya pendidikan karakter anak usia dini.

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara membangun sifat yang baik pada anak-anak. Cari tahu lebih dalam mengenai perilaku anak usia dini dan pentingnya dalam kehidupan sehari-hari melalui artikel ini, yuk!

Apa yang dimaksud dengan karakter?

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah karakter. Tapi, sudahkah tahu apa arti sebenarnya? Menurut kamus Merriam-Webster, yang dimaksud karakter adalah suatu kualitas yang membuat seseorang berbeda dibandingkan dengan yang lain.

Pengertian karakter juga bisa diartikan sebagai pembawaan dari individu berupa sifat, kepribadian, serta tingkah laku yang diekspresikan dalam kehidupan.

Apa saja karakteristik anak usia dini?

Pada periode emas, anak mengalami pertumbuhan dan pengetahuan yang sangat pesat. Tidak heran, jika ini merupakan waktu yang tepat untuk menanamkan karakter baik pada anak. Nah, pada usia ini pula, si Kecil memiliki sifat dan perilaku yang berbeda dengan anak pada usia yang lebih besar.

Lalu, apa saja sih watak atau karakter anak usia dini secara umumnya? Intip di bawah ini ya, Ma!

Percaya diri

– Bersifat unik

Mandiri

– Aktif dan energik

– Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

– Imajinasi yang tinggi

Bertanggung jawab

– Jiwa petualang

– Suka meniru, terutama meniru orang dewasa

Seberapa penting sih, nilai karakter dalam kehidupan anak?

Memiliki sikap tanggung jawab, peduli, jujur, sikap empati, dan baik hati adalah beberapa sifat baik anak yang diharapkan oleh setiap orangtua.

Survey yang dilakukan pada ratusan orangtua oleh Primrose School terhadap karakter anak bahkan menunjukkan bahwa, sebanyak 92 persen orangtua percaya menumbuhkan sifat positif pada anak-anak sangat penting dilakukan saat ini. Terlebih lagi, dalam dunia yang semakin fokus pada digital

Temuan tersebut membuktikan bahwa saat ini orangtua sudah lebih aware terhadap pembentukan karakter anak usia dini. Di samping itu, alasan lain mengapa nilai karakter sangat penting dalam kehidupan sehari-hari di antaranya adalah:

– Pembentukan watak anak bisa mengembangkan dasar perkembangan diri mereka

– Dasar untuk membangun hubungan baik dengan orang lain. Anak-anak akan memiliki sikap jujur, peduli, dan bertanggung jawab karena mereka akan diajarkan untuk lebih peduli dan juga memikirkan orang lain

– Sifat anak yang baik akan membuat mereka belajar saling menghormati dan menghargai sesama

Pendidikan karakter dapat meningkatan prestasi akademik

– Melatih moral dan mental anak

Bagaimana Cara Membentuk Karakter Anak yang Baik?

Menanamkan perilaku baik pada anak memang tidak mudah, dibutuhkan kesabaran dan konsistensi dalam melakukannya. Apalagi pada anak usia dini, yang pada dasarnya masih banyak membutuhkan pembelajaran dari orang disekitarnya.

Meski begitu, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membentuk karakter anak sejak dini. Kira-kira apa saja ya? Simak tipsnya di sini, yuk!

Pertama, jadilah role model yang baik untuk mereka

Pendidikan pertama seorang anak berasal dari keluarganya. Anak-anak senang untuk meniru orang dewasa. Untuk alasan ini, Anda perlu menjadi role model yang baik.

Membentuk karakter anak dari rumah bisa Anda lakukan dengan mengajarkan nilai-nilai yang baik pada si Kecil. Sebagai contoh, jika Anda jujur, adil, penyayang, dapat dipercaya, dan memiliki rasa hormat, anak-anak pun akan melihat ini dan bertindak demikian.

Kedua, bagikan cerita yang memiliki nilai berharga

Anda dapat menceritakan kisah dari buku atau kehidupan sehari-hari. Moral adalah pendidikan karakter yang juga harus diberikan pada anak usia dini.

Ketika Mama menceritakan kisah hidup di dunia sekitar, secara tidak langsung Anda memberikan pelajaran mengenai nilai dan etika pada si Kecil.

Ketiga, beri kesempatan pada anak untuk belajar

Setelah Anda memberikan pendidikan karakter baik anak, sebaiknya berilah si Kecil kesempatan untuk mempraktekannya. Pengalaman adalah guru terbaik bukan?

Nah, Anda bisa memulainya dari hal kecil. Seperti, membiarkan anak untuk memperbaiki kesalahannya sendiri, memecahkan masalah sesuai dengan sudut pandang si Kecil, dan belajar untuk menghadapi situasi tertentu. Tentu saja, pada awalnya si Kecil memerlukan bimbingan dari Anda terlebih dahulu. Seiring dengan waktu, anak pun bisa mempelajari hal tersebut.

Keempat, berikan mereka pujian

Sebagai bentuk penghargaan karena ia sudah mau belajar untuk memiliki karakter positif, Anda bisa memberinya pujian. Pujian ini dapat membuat anak merasa bahwa usaha dan kerja kerasnya dihargai.

Kelima, komunikasi adalah senjata utama

Dalam membentuk karakter anak usia dini, kuncinya adalah komunikasi secara efektif dari orangtua dan anak. Dengan komunikasi yang baik, anak menjadi lebih mengerti pentingnya untuk memiliki karakter positif. 

Itulah serba-serbi mengenai karakter anak. Jadi, sudah tahu kan pentingnya menumbuhkan karakter anak usia dini? Nah, jika Anda ingin mengembangkan karakter anak, ALC Talent punya program khusus nih untuk mereka. Namanya Leadership for Kids and Teens. Program pendidikan karakter anak usia SD sampai SMA. Yuk kepoin programnya!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 22/10/2022
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 22/10/2022
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di