5 Manfaat Sikap Baik bagi Anak, Yuk Ajari Si Kecil!

menerapkan sikap baik ada anak

Daftar Isi

Sikap baik memberikan berbagai manfaat bagi masa depan anak nantinya

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya memiliki sikap baik. Pasalnya, perilaku tersebut bisa memberikan banyak manfaat dalam kehidupan si Kecil. Misalnya saja, hubungan sosial anak bisa menjadi lebih kuat hingga ia tidak mudah terpengaruh pada hal-hal negatif.

Sebaliknya, jika anak memiliki sikap tidak baik justru ini bisa menimbulkan kerugian bagi mereka dan kehidupan sosialnya.

Sebenarnya, perilaku baik anak bisa diketahui sejak dini, lo, Ma. Ya, ada beberapa tanda yang menunjukkan si Kecil memiliki perilaku baik.

Lantas, bagaimana perilaku anak yang baik? Mengapa setiap manusia harus berperilaku baik? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

Bagaimana Sikap Anak yang Baik?

Menurut Psikologi, sikap adalah seperangkat emosi, tindakan, dan perilaku yang dimiliki oleh seseorang. Para psikolog sepakat bahwa sikap merupakan kecenderungan yang dapat dipelajari untuk mengevaluasi sesuatu dengan cara tertentu. Berikut ini adalah ciri-ciri sikap baik pada anak.

Tangguh

Contoh sikap baik yang pertama adalah tangguh. Anak tangguh biasanya pantang menyerah ketika menghadapi sesuatu yang kurang menyenangkan. Mereka akan senantiasa bangkit kembali dari suatu masalah.

Peduli pada Orang Lain

Anak yang peduli akan selalu ingin memberikan bantuan kepada orang lain yang membutuhkan. Manfaat sikap peduli jika dimiliki si Kecil yakni ia bisa menjadi panutan bagi orang lain.

Kreatif

Anak kreatif bisa ditunjukkan dengan kemampuan berpikir dan bertindak. Selain itu, mereka juga biasanya memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan anak pun penuh inisiatif.

Menjunjung Tinggi Sopan Santun

Menghormati orang lain, betutur kata dengan baik, dan menjadi pendengar yang baik adalah beberapa contoh perilaku sopan santun.

Cara menumbuhkan sikap sopan santun pada anak bisa dilakukan dengan mudah. Misalnya saja, Anda bisa memberikan contoh yang baik pada si Kecil, mengingatkan anak ketika ia berbuat salah, hingga memberi tahu manfaat sikap sopan santun kepadanya.

Baca juga: Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini Itu Penting? Ketahui 5 Alasannya, Yuk!

Kebalikan dengan karakter baik, beberapa contoh sikap buruk yang bisa merugikan adalah bersikap tidak sopan, tidak peduli dengan orang lain, dan sulit mendengarkan orang lain.

Apa Saja Manfaat Berbuat Baik?

Berbuat baik tidak pernah merugikan sama sekali. Justru, sikap baik bisa memberikan banyak manfaat bagi si Kecil, baik dalam kehidupan di lingkungan sekitar ataupun di sekolah.

Pertama, memperkuat hubungan sosial

Membangun hubungan sosial bagi si Kecil penting dilakukan. Sebab, ini bisa meningkatkan kreatifitas sekaligus membangun kepercayaan diri pada anak sejak dini.

Kedua, melindungi diri dari perilaku negatif

Ketika perilaku positif dan baik sudah tertanam kuat pada anak.  Ia pun menjadi tidak mudah terpengaruh pada hal-hal negatif.

Ketiga, meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Percaya atau tidak, perilaku baik bisa memengaruhi kesehatan fisik sekaligus mental. Sebab, berperilaku baik bisa memberikan energi positif dalam tubuh.

Keempat, mencintai diri sendiri

Dengan bebuat baik kepada orang lain. Seiring dengan waktu, anak pun bisa belajar untuk berbuat baik kepada dirinya sendiri.

Kelima, mempunyai banyak teman

Orang yang bersikap baik biasanya lebih dihargai di dalam masyarakat. Hal ini pun membuat hubungan pertemanan bisa terjalin dengan baik.

Baca  juga: 5 Tips Menghadapi Anak Bandel yang Perlu Orang Tua Terapkan

Mengapa Harus Berbuat Baik?

Ada banyak alasan mengapa si Kecil atau bahkan kita sebagai orangtua harus berbuat baik. Salah satunya adalah perilaku positif bisa memberikan dampak baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Dengan berbuat baik dapat membantu otak menyebarkan seluruh energi positif ke seluruh tubuh. Bukan hanya manfaat kesehatan fisik saja yang bisa diambil, melainkan juga manfaatnya bagi kesehatan mental.

Selain itu, jika memiliki perilaku baik, anak-anak pun akan disukai dan mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Juga lebih mandiri

Nah, itulah berbagai informasi mengenai sikap baik. Jadi, sudah tahu kan, Ma, jika perilaku ini memberikan dampak positif bagi si Kecil?

Maka dari itu, ajari sikap baik pada anak sejak dini, yuk! Sikap baik adalah karakter yang wajib ada pada tiap anak. Nah, jika Anda ingin membentuk karakter anak lebih baik, ALC Talent ada program khusus pendidikan karakter. Namanya Leadership for Kids and Teens. Yuk cari tahu selengkapnya di bawah ini!

LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di