5 Cara Mendidik Anak Percaya Diri di Lingkungan Baru, Catat Ya Ma!

anak percaya diri alc talent

Daftar Isi

Anak Percaya Diri, Ini 5 Cara Mudah Meningkatkanya!​

Setiap anak memiliki karakter yang berbeda. Ada yang berani dan percaya diri, tapi adapula yang pemalu. Ya, karakter anak memang tidak bisa disamakan satu sama lain. Sebab, setiap anak itu unik. Pertanyaannya, bagaimana sih cara mendidik anak percaya diri?

Memiliki anak yang percaya pada dirinya tentu saja menjadi salah satu harapan dari tiap orang tua. Pasalnya nih, jika si Kecil pede, ia akan menjadi lebih berani dan mencintai dirinya sendiri.

Merasa anak cenderung pemalu dan kurang pede? Sebelum pergi lebih jauh, kita simak dulu yuk pengertian percaya diri.

Apa yang dimaksud dengan percaya diri?

Anak percaya diri adalah ketika ia merasa yakin dan percaya akan kemampuannya. Sehingga ia bisa menentukan langkah dalam mengambil keputusan. Melihat teman sebaya yang pede membuat Mama berharap demikian pada anak. Eh, tapi kok si Kecil malah pemalu dan tidak percaya pada dirinya? Jika demikian tidak perlu terlalu khawatir, karena Anda bisa meningkatkan kepercayaan diri pada anak dengan berbagai cara.

Nah, berbicara soal kepercayaan diri, banyak orang yang menganggap jika percaya diri merupakan bawaan sejak lahir. Eits jangan salah, kepercayaan diri bisa dibangun sejak dini lho, Ma. Bukan hanya soal tampil di depan banyak orang saja, melainkan juga adaptasi di lingkungan baru. Sebagai contoh, apakah anak berani berkenalan dengan teman baru atau justru sebaliknya. Lalu, memangnya mengapa seorang anak harus pede?

Baca juga: Anak Berbakat Punya 7 Ciri yang Perlu Diperhatikan, Apa Saja?

Kenapa anak Anda harus percaya diri?

Sifat percaya diri bukan hanya harus dimiliki oleh orang dewasa saja, tapi juga anak-anak. Kenapa sih? Sebab, anak yang percaya pada dirinya bisa memperoleh banyak kelebihan, di antaranya adalah:

– Tidak takut untuk menghadapi tantangan

– Lebih yakin pada kemampuan yang dimiliki

– Pendiriannya cenderung kuat

– Tidak akan mudah putus asa

Apa yang membuat anak tidak percaya diri?

Anak yang minder cenderung khawatir untuk mencoba hal baru. Hal ini sesuai dengan penjelasan seorang psikolog, Carl Pickhardt yang mengatakan bahwa anak yang tidak pede akan lebih merasa enggan untuk mencoba tantangan atau hal-hal baru. Sebab, mereka takut akan kegagalan dan mengecewakan orang lain.

Sebenarnya, apa sih yang membuat anak tidak pede? Perlu diketahui Ma, ada beberapa faktor penyebab anak minder dan tidak percaya diri, ini meliputi pola asuh yang salah (overprotektif), kurangnya dukungan yang diberikan orang tua, selalu dibanding-bandingkan dengan teman sebayanya, hingga sering menerima kritik.

Inilah 5 cara mendidik anak supaya percaya diri

Beberapa faktor memang bisa menyebabkan anak merasa minder. Meski begitu, Mama bisa, kok, mendidik anak agar lebih percaya diri di lingkungan baru. Nah, berikut ini adalah cara mendidik anak dengan tepat untuk meningkatkan kepercayaan diri. Simak di bawah ini, ya!

Pertama, jadilah role model yang baik bagi mereka

Bukan hanya orang tua saja, Anda juga bisa memberikan contoh publik figur berprestasi sebagai role model. Dengan begitu, anak bisa belajar untuk mencapai tujuannya dengan pantang menyerah dan pede akan kemampuannya seperti halnya role model tersebut.

Kedua, hargai setiap usaha anak

Hidup tidak melulu soal menang dan kalah, tapi juga usaha yang dilakukan. Ketika anak gagal melakukan suatu hal, Anda perlu memberikan motivasi untuknya.

Ketiga, tunjukan sikap positif

Orang tua harus memahami bahwa seorang anak bisa menjadi tidak percaya diri ketika sering menerima omelan atau komentar negatif dari orang-orang sekitar. Sebagai orang tua, sudah selayaknya kita mengajarkan afirmasi positif untuk membantu mengubah pola pikir mereka.

Baca juga: Cara Mendidik Anak untuk Jujur, Tanggung Jawab dan Mandiri

Keempat, berikan pujian pada si Kecil

Jika dilakukan dengan cara yang tepat, pujian bisa membantu anak meningkatkan kepercayaan dirinya. Caranya, Anda bisa berfokus pada usaha yang dilakukan oleh seorang anak dibandingkan dengan hasil yang diperoleh. Niscaya, anak pun akan lebih yakin dengan kemampuannya.

Kelima, dorong anak agar berani melakukan hal-hal baru

Sangat wajar jika si Kecil takut mengecewakan orang lain apabila ia gagal. Namun, bukan berarti anak bisa melakukan bidang yang itu-itu saja alias mandek. Nah agar anak menjadi percaya diri, Anda harus mendorongnya untuk berani melakukan hal baru atau mengambil tantangan. Hal ini dilakukan agar ia bisa lebih mengembangkan kemampuannya. 

Tingkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Pendidikan Karakter

Jadi, sudah tahu kan pentingnya mendidik anak agar lebih percaya diri? Untuk meningkatkan kepercayaan diri si Kecil bisa dimulai dari peranan orang tua. Nah, jika Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa daftarkan si Kecil ke program pendidikan karakter anak online, seperti yang disediakan oleh ALC Talent.

Program Leadership for Teens dan Leadership for Kids ini memiliki banyak manfaat untuk si Kecil, lho Ma. Daripada penasaran mending simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di