Leadership Camp : Pengertian, Manfaat, dan Dampaknya Bagi Anak Anda

leadership camp untuk anak alc talent

Daftar Isi

Leadership Camp, Inilah Manfaat Dan Dampaknya Bagi Anak

Tak sedikit orang tua yang ingin anaknya menjadi seorang pemimpin sukses di masa depan. Apakah Anda termasuk salah satunya, Ma? Jika iya, maka anak perlu diajarkan nilai-nilai kepemimpinan sedini mungkin. Salah satu cara menumbuhkan jiwa kepempinan sejak dini dapat dilakukan melalui program leadership camp.

Artikel ini membahas seputar manfaat dan dampak pelatihan leadership anak. Sebelum itu, yuk ketahui terlebih dahulu mengenai apa sih leadership camp itu. Simak di bawah ini, ya, Ma!

Apa Itu Leadership Camp?

Leadership camp adalah sebuah program pelatihan yang dirancang untuk menanamkan nilai-nilai kepempinan sehingga terbentuk karakter anak yang diharapkan. Berdasarkan sebuah artikel yang diterbitkan oleh Harvard Business School bahwa latihan leadership dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan membantu seseorang dalam perjalanan karier-nya.

Lalu apa saja sih manfaat dan dampak lainnya dari leadership camp? Cari tahu jawabannya di sini, yuk, Ma!

Baca Juga: Simak 5 Tanda Anak Cerdas Yang Wajib Orangtua Kenali

 

Apa Manfaat Leadership Camp Untuk Anak Anda?

Program kepemimpinan anak memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya untuk membentuk karakter. Faktanya, sejumlah karakter dasar yang perlu ditanamkan sejak dini agar mereka dapat tumbuh sebagai pribadi yang baik.

Tak hanya dapat membentuk karakter, program kepemimpinan ini juga bisa melatih keterampilan tertentu dalam diri anak. Misalnya saja keterampilan untuk beradaptasi. Sehingga dapat membuat anak tumbuh lebih percaya diri dan memiliki mental yang tangguh.

5 Dampak Leadership Bagi Anak

Pertama, berani menyampaikan pendapat

Belajar leadership akan membuat anak lebih terampil dalam berbicara. Hal itulah yang pada akhirnya bisa membuat anak lebih berani mengungkapkan pendapatnya di depan banyak orang.

Kedua, memiliki tanggung jawab dan inisiatif untuk menyelesaikan tugas sekolah

Tanggung jawab merupakan salah satu karakter yang diajarkan dalam program leadership camp anak. Berkat hal itu, anak dapat lebih memahami kewajibannya sehingga mereka pun bisa lebih terdorong untuk menyelesaikan tugasnya bahkan tanpa disuruh oleh orang tua sekalipun.

Ketiga, memiliki rasa peduli

Salah satu tujuan belajar leadership adalah agar anak memiliki kepedulian yang tinggi. Nyatanya, rasa peduli dapat membuat anak tumbuh sebagai pribadi yang ramah dan suka membantu orang lain.

Keempat, mandiri dan mampu mengambil keputusannya sendiri

Anak dilatih untuk bisa hidup mandiri. Kemandirian itulah yang mampu membuat anak lebih percaya terhadap kemampuannya. Dengan begitu, mereka menjadi berani dalam mengambil suatu keputusan tanpa harus mengandalkan orang lain. Baik itu kepada teman, maupun orang tuanya.

Baca Juga: 5 Cara Agar Anak Menjadi Siswa Berprestasi Di Sekolah, Apa Saja?

Kelima, memiliki rasa percaya diri dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

Anak yang sejak kecilnya sudah diajarkan nilai-nilai leadership tentu akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Umumnya mereka juga tidak akan merasa sulit untuk berhubungan dengan orang lain karena ia mampu beradaptasi di lingkungan manapun ia berada.

 

Apa Saja Jenis Leadership Camp Yang Cocok Untuk Anak?

Saat ini Anda tentu sudah sangat paham bukan mengenai manfaat dan dampak luar biasa dari leadership camp? Nah, maka tak ada alasan lagi, ya, Ma, untuk tidak mengikutsertakan anak Anda dalam leadership camp 2022. Terkait hal itu, ketahui lebih dalam yuk mengenai jenis leadership camp agar Anda bisa memilih yang cocok untuk buah hati Anda.

Leadership for Kids (untuk anak SD)

Jenis yang pertama ini dikhususkan untuk latihan kepemimpinan siswa tingkatan sekolah dasar. Tentu karakter dan keterampilan yang diajarkan juga masih mengacu pada hal-hal dasar. Misalnya saja mengenai kejujuran, kepedulian, kemandirian, tanggung jawab, hingga kepercayaan diri.

Leadership for Teens (untuk anak SMP dan SMA)

Jenis leadership ini ditujukan untuk siswa tingkatan sekolah menengah pertama dan atas. Pelatihan dalam leadership for teens ini masih seputar pembangunan berbagai karakter dan skill tertentu, tetapi diajarkan secara lebih mendalam lagi. Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa anak dengan usia beranjak remaja dan dewasa sudah menghadapi lebih banyak problem dibandingkan anak tingkatan sekolah dasar.

Nah, demikian informasi seputar leadership camp mulai dari pengertian, manfaat, dampak, hingga jenis-jenisnya. Jika tertarik, Anda bisa mengikutsertakan anak Anda dalam program leadership dari ALC Talent. Simak info lengkapnya berikut ini, ya, Ma!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di