Kenali 4 Tipe Kepribadian Anak, Termasuk yang Manakah si Kecil?

tipe kepribadian anak alc talent

Daftar Isi

Sudahkah Anda memahami dan mengenali kepribadian anak Anda? Cek Yuk!

Menjadi orang tua tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipelajari terus-menerus termasuk kepribadian pada anak. Sebab meski dilahirkan dari satu rahim sekalipun anak akan terlahir dengan kepribadian yang berbeda-beda.

Penting bagi orang tua untuk memahami karakter anak meluli tipe kepribadian pada anak, mengingat jenis kepribadian seorang anak menentukan bagaimana mereka belajar, berpikir dan berekspresi. Sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang baik, jujur, percaya diri dan bertanggung jawab.

Sebelum pergi jauh, sudahkah Anda mengerti apasih yang dimaksud dengan kepribadian pada anak? Yuk simak penjelasannya bersama!

Apa yang dimaksud dengan kepribadian anak?

Kepribadian adalah karakteristik dari seluruh pemikiran, perasaan dan perilaku nyata baik yang disadari maupun tidak disadari. Sedangkan kepribadian anak merupakan sikap dan pola perilaku yang membuat seorang anak unik dan punya karakter tersendiri.

Kepribadian anak sudah bisa dilihat dan ditunjukan sejak dini. Sebagai orang tua, kita harus memahami tipe kepribadian anak ya, Ma. Agar bisa menerapkan pola asuh yang tepat dan sesuai dengan kepribadian si kecil. Setuju?

Baca juga: Simak 7 Ciri Anak Berbakat yang Wajib Anda Kenali Sejak dini

Apa Saja Sih Tipe kepribadian anak?

Untuk mengetahui kepribadian anak bisa dilakukan dengan dua cara, pertama dengan tes yang dilakukan oleh psikolog anak. Kedua bisa dilihat dari kebiasaan dan melihat anak saat berada di lingkungan. 

Melansir dari MedicineNet, menurut Hippocrates tipe kepribadian terbagi menjadi empat, yaitu tipe kepribadian tipe sanguinis, koleris, melankonis, dan plagmetis.

Tipe Kepribadian Sanguinis

Tipe sanguinis adalah tipe kepribadian yang menyenangkan, lincah, imajinatif, banyak bicara dan mudah bergaul. Umumnya anak dengan tipe sanguinis memiliki sifat optimis, percaya diri, dan tidak takut akan risiko. Namun anak dengan tipe sanguinis adalah anak periang yang mudah merasa bosan jika tidak mendapatkan tanpa hiburan.

Tipe Kepribadian Koleris

Tipe kepribadian yang kedua adalah koleris, yaitu tipe kepribadian yang bersemangat, blak-blakan, kompetitif, berkemauan keras dan menyukai petualangan. Biasanya tipe koleris berorientasi pada tujuan dan mungkin sangat logis dan analitis, mereka yang memiliki tipe kepribadian ini tidak terlalu suka bersosialisasi.

Tipe Kepribadian Melankolis

Selanjutnya adalah tipe melankolis, tipe anak melankolis adalah yaitu tipe kepribadian ini memiliki karakter detail, mendalam, rapi, memiliki kehati-hatian tinggi. Selain itu anak melankolis  memiliki jiawa sosial yang cukup tinggi. Sayangnya anak melankolis tidak menyukai petualangan dan tidak berani mengambil risiko besar.

Tipe Kepribadian Plegmatis

Tipe terakhir adalah plegmatis, tipe plegmatis adalah kepribadian yang memiliki karakteristik bijaksana, memiliki perhatian penuh, terkendali dan diplomatis. Sayangnya anak dengan tipe plegmatis memiliki sifat apatis dan membutuhkan hubungan yang dekat. Baiknya mereka cukup setia, menghindari konflik dan senang membantu orang lain.

Baca juga: Inilah 5 Cara Ampuh Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

Tipe Kepribadian Berdasarkan Tes MBTI

Kepribadian anak bisa juga dilihat melalui tes MBTI. Apa itu MBTI? Indikator Type Myers-Briggs merupakan tes atau kuesioner kepribadian Myers Briggs yang sudah digunakan sejak Perang Dunia II. 

Dalam tes MBTI menggambarkan total sebanyak 16 kemungkinan tipe kepribadian. namun untuk menyederhanakan MBTI dapat dibagi menjadi empat kategori utama.

– Ekstrovert dan introvert, apasih perbedaan ekstrovert dan introvert? Anak ekstrovert adalah anak yang mudah bergaul banyak bicara dan nyaman bersama banyak orang. Sedangkan anak introvert akan menunjukan sikap yang lebih pendiam, reflektif dan lebih nyaman dengan dirinya sendiri. 

– Sensing dan Intuition, berkaitan dengan bagaimana seorang anak memandang dunia di sekitarnya. Anak dengan kepribadian sensing cenderung berfokus pada kenyataan. Sementara anak dengan intuition lebih cenderung pada gambaran daripada detail yang nyata.

– Thinking dan Feeling, anak yang memiliki kategori berpikir atau bahasa kerennya thinking akan bertindak faktual dan berpikir logis. Berbeda dengan anak yang memiliki kategori feeling/perasa, mereka cenderung memiliki empati tinggi dan mengenali emosi/perasaan orang lain.

– Judging dan perceiving, anak yang memiliki kategori judging/menilai akan patuh pada aturan, bersikap tegas, terorganisasi dan memiliki rencana. Lain halnya dengan anak yang memiliki kategori perceiving. Mereka akan cenderung lebih fleksibel dan mengikuti alur kehidupan sebagaimana yang sudah ditetapkan.

Itulah tipe-tipe kepribadian anak. Apapun kepribadiannya, kita harus tetap membinanya dengan tepat. Pahami dengan seksama, agar anak-anak bisa tumbuh dengan pola asuh yang sesuai ya Ma!

Nah, jika mama ingin mengembangkan karakter anak lebih baik lagi, pas banget nih. ALC Talent punya kelas online pengembangan karakter anak. Namanya Leadership for Kids and Teens. Penasaran  seperti apa programnya? Yuk simak di bawah ini!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di