Simak 5 Tanda Anak Cerdas yang Wajib Orangtua Kenali

cara membuat anak cerdas alc talent

Daftar Isi

Anak cerdas bisa diketahui melalui beberapa tanda berikut, apa saja?

Keluarga akan menjadi harmonis dengan adanya kehadiran anak. Jenis kecerdasan anak akan menurun dari kedua orangtuanya. Mulai dari kecerdasan kinestetik hingga kecerdasan IQ. Dalam artikel ini akan membahas tanda anak cerdas yang perlu papa mama ketahui.

Seorang psikolog terkenal dari program identifikasi Bakat Universitas Duke bernama Jonathan Wai mengemukakan hasil penelitian bahwa kecerdasan kognitif sangat berpengaruh pada kesuksesan anak.

Kecerdasan tersebut bukan berasal dari status sosial ataupun kondisi ekonomi Anda. Diketahui bahwa hanya sekitar 1 persen anak-anak yang berhasil menjadi ilmuwan serta akademisi profesional, CEO, hakim federal, hingga miliarder.

Lantas, apa yang dimaksud dengan anak cerdas? Apa saja tanda-tandanya? Simak penjelasannya dalam ulasan berikut, yuk!

Baca juga : 5 Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri di Lingkungan Baru, Catat Ya Ma!

Apa Arti Anak Cerdas?

Gifted children atau biasa disebut anak cerdas istimewa adalah anak yang memiliki kecerdasan tinggi pada suatu bidang. Ada banyak bidang intelegensi yang ada pada anak.

Bidang intelegensi tersebut berupa logis matematika, bahasa asing, intelegensia musikal, spasial, somatokinetik interpersonal, hingga somatokinetik naturalism. Ditandai memiliki prestasi yang tinggi, baik di sekolah maupun kehidupan sosialnya. Tidak hanya itu, mereka memiliki kemampuan dan pengetahuan tinggi di suatu bidang.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasan seorang anak. Tetapi, terdapat hal yang paling utama yaitu diturunkan dari gen ibu.

Perlu diketahui, Anda bisa melihat perkembangan kecerdasan seorang anak ketika masih bayi. Umumnya bayi yang memiliki tingat kecerdasan baik akan lebih aktif, siaga, hingga energik dibanding dengan anak lain.

Apa Bedanya Anak Cerdas dan Anak Pintar?

Banyak orang beranggapan anak yang cerdas, anak berbakat, dan anak pintar memiliki pengertian yang sama.

Namun terdapat perbedaan mendasar, berikut di antaranya:

Cara berpikir. Umumnya anak pintar memiliki pemikiran panjang serta mempertimbangkan segala sesuatu. Beda halnya dengan anak mengandalkan kecerdasan yang memiliki berpikir pendek namun banyak bertindak.

Anak yang cerdas selalu berusaha. Ketika memecahkan suatu masalah, umumnya anak yang cerdas akan selalu berusaha memecahkan masalah tersebut. Sedangkan anak pintar akan cenderung berpikir lebih lama.

Anak pintar mengandalkan pengetahuan. Anak pintar pada dasarnya sering kali berprestasi di bidang akademik karena mengandalkan ilmu yang dimiliki. Namun anak pintar akan lebih mengandalkan logikanya.

Anak yang cerdas cenderung kreatif. Perbedaan terakhir yaitu anak yang cerdas akan selalu berpikir kreatif. Sedangkan anak pintar cenderung lebih disiplin dan teratur.

Baca juga : Anak Tidak Percaya Diri? Ini 7 Tanda Mereka Membutuhkan Pendidikan Karakter

Bagaimana Tanda-Tanda Anak Cerdas?

Pada dasarnya orangtua dapat melihat tanda-tandanya sejak dini. Berikut tandanya:

Pertama, memiliki kepribadian baik secara emosionalnya

Umumnya anak tersebut mampu mengenali sikap positif dan negatif di lingkungan sekitar. Sehingga pemikirannya dapat dikatakan lebih kompleks.

Kedua, selektif

Mereka lebih menyukai bermain sesuka hati. Hal tersebut menjadi alasan mengapa anak yang cerdas lebih selektif dalam menentukan teman.

Ketiga, memiliki rasa ingin tahu tinggi

Tanda yang sering dikenali yaitu memiliki rasa ingin tahu terhadap suatu hal sangat tinggi. Jadi, tidak heran jika mereka sering kali mengkreasikan sesuatu di sekitarnya. 

Keempat, suka membaca

Ya, karena mereka haus akan ilmu pengetahuan. Jadi jangan heran, jika mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk mengeksplorasi banyak hal atau melakukan kegiatan positif sepertu halnya membaca.

Kelima, fokus pada apa yang ia sukai

Minat yang besar pada suatu hal membuat mereka ingin menguasai hal tersebut. Mereka tidak takut apa kata orang tentang dirinya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai anak yang cerdas.

Untuk meningkatkan kecerdasan anak, Anda juga bisa mengikutsertakan si Kecil untuk mengembangkan kemampuannya. Salah satunya melalui program Leadership for Kids dan Teens yang disediakan oleh ALC Talent. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di