Simak 7 Ciri Anak berbakat yang Wajib Anda Kenali Sejak dini

anak berbakat alc talent

Daftar Isi

Anak Berbakat Memiliki Ciri-ciri Khusus yang Bisa Orangtua Kenali Sejak Dini, Apa Saja?

Mengetahui tumbuh kembang si kecil dan membentuk anak berbakat merupakan perhatian utama bagi para orangtua. Mama pasti menyadari bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan cepat. Tentunya, ini menjadi hal yang menakjubkan bukan?

Dari hari ke hari, anak akan memberikan kejutan pada Anda dengan kemampuannya yang semakin berkembang. Ada kebanggan sendiri ketika skill anak semakin berkembang.

Akan tetapi, pernahkah Anda bertanya-tanya apakah si Kecil memiliki ciri-ciri dari anak berbakat? Tanpa disadari, mungkin saja anak memiliki bakat terpendam, lho, Ma.

Lalu, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan bakat anak? Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri anak berbakat? Coba perhatikan karakteristik khusus anak berbakat di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Motivasi Anak yang Wajib Anda Ketahui

Apa yang Dimaksud dengan Anak Berbakat?

Secara umum, bakat adalah sebuah kemampuan untuk melakukan suatu tindakan berdasarkan tingkatan keahlian tertentu.

Sementara, anak berbakat adalah mereka yang memiliki potensi untuk berkembang secara signifikan. Dalam arti, mereka memiliki kemampuan yang lebih unggul. Ada dua kategori dalam istilah anak berbakat, yakni gifted dan talented child.

Gifted berarti memiliki kemampuan dalam satu atau lebih bidang akademik. Sedangkan, talented lebih berfokus pada practical skill dalam suatu bidang. Seperti olahraga, musik, atau seni pertunjukan.

Ada beberapa faktor penyebab anak berbakat yang perlu diketahui, yaitu faktor genetik dan lingkungan, seperti pendidikan atau nilai-nilai dalam keluarga.

Apakah Semua Anak Memiliki Bakat?

Anak yang cerdas dan berbakat tentunya menjadi keistimewaan tersendiri bagi orangtua. Namun, apakah semua anak itu memiliki bakat?

Ya, setiap anak memiliki bakat yang berbeda-beda. Hal ini pun ditegaskan oleh seorang profesor dari Universitas Groningen Belanda, Bernand L. Feringa. Ia juga mengatakan bahwa bakat tersebut perlu ditemukan dan diasah. Dalam hal ini, orangtua memiliki peran utama dalam memerhatikan dan mengasah bakat si Kecil.

Kendatipun demikian, Munif Chatib, seorang penulis buku “Sekolahnya Manusia” dan “Gurunya Manusia” menjelaskan bahwa sebagai orangtua hendaknya kita tidak boleh mengatur anak terlalu jauh. Biarkanlah bakat dan minat si Kecil tumbuh dengan sendirinya.

Terlalu banyak mengatur hanya bisa memberikan dampak negatif pada si Kecil. Dengan demikian, orangtua hanya perlu untuk mengawasi dan membantu mengembangkan bakat dan minat anak yang telah tumbuh dalam dirinya.

Baca Juga: 5 Cara Untuk Membiasakan Anak Memiliki Sikap Jujur Sejak Dini

Inilah 7 Ciri-ciri Anak Berbakat yang Wajib Anda Kenali

Sebenarnya, ada banyak cara mengetahui bakat anak yang bisa dilakukan. Mulai dari mengikutsertakan anak dalam perlombaan hingga melakukan tes minat dan bakat. Salah satu cara termudah yang juga bisa Anda lakukan adalah dengan mengamati ciri-ciri anak gifted dan talented.

Nah, berikut ini adalah ciri-ciri anak cerdas dan berbakat yang perlu dikenali sejak dini. Simak ya, Ma!

Pertama, bisa membaca dan berbicara lebih awal

Jika dibandingkan dengan teman seusianya, kemungkinan besar si Kecil akan dapat membaca dan berbicara lebih cepat. Biasanya, ini bisa Mama temukan ketika anak belum masuk sekolah reguler.

Kedua, memiliki vocabulary yang luas

Karakteristik umum anak berbakat ini tidak terlepas dari kemampuan ia belajar membaca dan berbicara dengan lebih cepat.

Ketiga, rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu haus akan pengetahuan

Si Kecil selalu ingin belajar lebih banyak hal. Selain itu, ia pun akan mencoba untuk memecahkan masalah seorang diri. Rasa keingintahuannya pada dunia sekitar bahkan melebihi minat secara sederhana dari suatu topik.

Keempat, sensitif dan sering menggunakan feeling-nya

Anak-anak akan sangat paham dengan perasaan orang-orang di sekitarnya dan sebisa mungkin menghindari untuk menyakiti perasaan seseorang. Seringkali ia pun menggunakan firasatnya. Tak hanya itu, mereka juga memiliki rasa keadilan yang tinggi.

Kelima, mandiri secara sosial

Karakteristik sosial anak berbakat memang tampak matang. Anak yang mandiri akan mencoba melakukan berbagai hal-hal baru secara sendiri atau bahkan menolak ketika Anda memberitahu bagaimana cara melakukannya. Meskipun demikian, mereka cenderung menginternalisasi masalah yang dihadapi.

Keenam, kreatif

Perkembangan anak berbakat ini meliputi cerdas dan memiliki selera yang tajam. Mereka juga memiliki ide kreatif dan cenderung berpikir secara out of the box, serta memiliki minat dalam berbagai hal.

Ketujuh, kecerdasan intelektual yang tinggi

Memiliki bakat tertentu, mampu mengingat informasi dengan baik, memiliki kemampuan untuk memahami konsep yang kompleks, serta Intellectual Quotient (IQ) di atas rata-rata adalah karakteristik khusus anak berbakat.

Bakat anak memang tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Sebab, setiap anak itu unik. Setelah mengetahui ciri-ciri anak berbakat, sekarang waktunya bagi Anda untuk mengembangkan bakat anak yang dimilikinya sejak dini. Sudah siap Ma?

ALC Talent mempunyai program pengembangan bakat khususnya pada karakter anak. Namanya Leadership for Kids and Teens. Mau tahu seperti apa programnya? Yuk baca terus ya, ma!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 22/10/2022
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 22/10/2022
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di