Ingin Jadi Orang Tua Bijak? Yuk Terapkan 5 Cara Ini

cara menjadi orang tua bijak

Daftar Isi

5 Cara Ini Menjadikan Anda Orang Tua Bijak

Setiap pasangan yang sudah dikaruniai buah hati tentu selalu berusaha menjadi orang tua terbaik untuk anaknya. Maka untuk mewujudkan hal itu ada sejumlah sikap yang perlu dimiliki oleh orang tua, salah satunya sikap bijak.

Artikel ini membahas tentang berbagai cara untuk menjadi orang tua pintar. Namun, sebelum membahas hal tersebut, yuk ketahui terlebih dahulu tentang apa sih yang dimaksud dengan orang tua bijak.

Orang Tua Bijak Itu Seperti Apa Sih?

Orang tua bijak adalah orang tua yang mampu bertindak secara bijaksana dengan memperhatikan berbagai hal seperti kondisi, pikiran, hingga perasaan. Dengan demikian, maka setiap keputusan yang diambil sudah melalui pemikiran yang mendalam sehingga hasilnya pun bisa diterima dengan baik. Anak bisa memiliki sikap baik.

Terkait hal itu, yuk cari tahu lebih dalam mengenai manfaat menjadi orang tua pintar dan cara penerapannya.

Baca juga: 5 Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri di Lingkungan Baru, Catat Ya Ma!

Manfaat Menjadi Orang Tua Bijak

Dalam ilmu Psikologi dijelaskan bahwa orang tua yang bijaksana dapat lebih pandai menilai sebuah hal, termasuk menilai perilaku anak. Nyatanya, ada berbagai tingkah laku anak yang membuat emosi negatif orang tua dapat memuncak. Namun, ketika orang tua memiliki sikap bijak, maka kontrol terhadap emosi negatif tersebut dapat lebih mudah dilakukan.

Manfaat lain dari menjadi orang tua baik adalah terjalinnya kedekatan dengan sang anak. Realitanya, sikap bijak menandakan bahwa orang tua memahami perasaan sang anak, maka hal itulah yang membuat anak akan merasa lebih nyaman berada di dekat orang tuanya. Dengan terjalinnya kedekatan tersebut, maka anak pun akan lebih terbuka kepada orang tuanya.

Bagimana Cara Menjadi Orang Tua Bijak? Yuk Terapkan Ini

Menjadi orang tua bijak tentu bukan hal mudah, maka untuk membantu Anda yuk simak cara lengkapnya di sini ya, Ma!

Pertama, pahami kebutuhan dan keinginan anak

Orang tua memang memegang tanggung jawab terhadap anak, tetapi hal itu bukan berarti bahwa orang tua berkuasa penuh terhadap segala aktivitas anak. Untuk menjadi orang tua yang baik, maka Anda perlu belajar memahami kebutuhan dan keinginan anak. Jika ada keinginan anak yang tak sesuai dengan kemauan kita, maka beri penjelasan dengan baik dan cobalah untuk lebih mengerti perasaan sang anak.

Kedua, hargai setiap pencapaian anak

Banyak orang tua yang sering membanding-bandingkan prestasi sang anak dengan anak lainnya. Tanpa disadari hal itu sebenarnya menimbulkan kekecewaan bagi anak dan bisa membuat anak tidak percaya diri. Jadi, meskipun bukan pencapaian yang besar, orang tua tetap perlu belajar menghargai setiap hal yang diperoleh anak. Sikap tersebut setidaknya juga bisa membantu anak untuk lebih bangga terhadap kemampuannya sendiri.

Ketiga, menjalin komunikasi yang intens dengan anak

Tak sedikit anak yang lebih terbuka bercerita dengan orang lain dibandingkan dengan orang tuanya sendiri. Padahal komunikasi antara anak dan orang tua merupakan hal yang sangat penting. Dari kegiatan tersebut, orang tua bisa lebih mengetahui segala hal yang terjadi pada anak. Kondisi tersebut juga dapat memungkinkan orang tua untuk turut terlibat membantu sang anak.

Baca juga: 5 Cara Untuk Membiasakan Anak Memiliki Sikap Jujur Sejak Dini

Keempat, hindari berkata kasar dengan anak

Kebijaksanaan dapat terlihat ketika orang tua mampu mengontrol emosi negatifnya saat sang anak berbuat kesalahan. Ya, hal itu memang tak mudah, tetapi orang tua bisa belajar mulai dari hal kecil seperti belajar untuk tidak mengucap perkataan negatif pada anak. Nyatanya, anak justru akan lebih melawan jika orang tuanya sudah berkata kasar. Kita boleh jujur, tetapi harus selalu memberi afirmasi positif dengan anak.

Kelima, pertimbangkan berbagai hal sebelum berbuat keputusan

Nyatanya, banyak anak yang terkesan bandel dan sering membangkang disebabkan karena perilaku orang tuanya sendiri yang kurang bijak dalam menghadapi sang anak. Maka apapun problem yang dimiliki oleh anak, orang tua sebaiknya dapat membuat keputusan secara bijak. Dalam hal ini, keputusan tersebut dapat diterima oleh orang tua dan anak pun tidak akan merasa tersakiti dengan keputusan itu.

Nah, itulah informasi tentang manfaat dan cara menjadi orang tua bijak. Untuk lebih membantu dalam melatih karakter pada anak, maka selain bersikap bijak, Anda juga bisa mengikutsertakan sang anak dalam program Leadership for Kids and Teens dari ALC Talent. Program tersebut dihadirkan khusus untuk membentuk karakter anak agar lebih baik.

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di