Cek 5 Karakter Dasar yang Wajib Anak Anda Miliki

karakter dasar anak alc talent

Daftar Isi

Sudahkah anak Anda memiliki 5 karakter dasar? Jawab pertanyaan Ini Yuk!

Karakter dasar adalah sifat atau watak yang dapat ditunjukkan melalui cara berperilaku ataupun bertindak. Setiap anak memiliki karakternya masing-masing. Namun, semua orangtua pasti menginginkan anaknya memiliki karakter yang baik.

Tahukah Anda jika karakter anak bisa dibentuk sejak dini? Ya, hal tersebut memang benar adanya. Terlebih lagi, pembentukan karakter pada anak sejak kecil sangat dibutuhkan.

Alasannya, ketika anak memiliki karakter yang baik, maka dapat dipastikan dirinya akan tumbuh menjadi orang dewasa yang hebat dan positif.

Dengan demikian, Anda perlu memahami mengenai karakter dasar anak dan bagaimana cara cek karakter dasar anak yang tepat dan efektif.

Apa yang Dimaksud dengan Karakter Dasar?

Karakter dasar adalah salah satu hal yang telah melekat pada jiwa manusia dalam bentuk akhlak, emosional, tindakan, dan sikap seseorang.

Karakter paling dasar akan sangat memengaruhi sifat baik atau buruknya seseorang. Anak berkarakter adalah hasil dari didikan orangtua yang baik melalui pola asuh yang tepat.

Maka dari itu, saat ini banyak orangtua yang mengikuti pelatihan untuk membentuk karakter anak guna memperkuat hal positif pada si Kecil.

Baca juga: Simak 7 Ciri Anak Berbakat Yang Wajib Anda Kenali Sejak Dini

Apa saja 5 Karakter yang Wajib Anak Anda Miliki?

Agar anak memiliki karakter positif, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja karakter mendasar yang wajib dimiliki oleh si Kecil.

Setidaknya, terdapat 5 karakter yang diharapkan hadir dalam diri anak, ini meliputi:

Pertama, jujur. Memiliki sifat jujur bisa membuat seseorang mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Kedua, mandiri. Manfaat yang bisa dimiliki anak jika memiliki karakter yang satu ini adalah dapat mengembangkan kualitas diri dan memiliki inisiatif untuk melakukan sesuatu.

Ketiga, tanggung jawab. Memiliki karakter tanggung jawab juga sangat diperlukan dalam diri seorang anak. Sebab, dengan memiliki karakter ini anak Anda akan bertanggung jawab mengerjakan seluruh tugas yang diberikan.

Keempat, peduli. Sebagai makhluk sosial, kita hidup berdampingan dengan orang lain. Karakter peduli bisa menumbuhkan empati pada diri si Kecil.

Kelima, percaya diri. Karakter ini dapat berarti anak yakin pada kemampuan diri sendiri dan tidak minder.

Merupakan hal yang tidak mudah untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anak. Namun, ada cara mudah untuk menanamkan karakter ini pada anak. Salah satunya dengan mengikuti pelatihan pengembangan karakter.

Cek 5 Karakter Anak Anda!

Ada cara mudah untuk mengecek karakter dasar anak, yakni dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.

Coba kita nilai bersama, yuk. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kertas dan bolpoin saja.

Namun, pastikan menjawab dengan jujur 10 pertanyaan berikut ini agar hasilnya akurat, ya Ma!

Tak usah bingung dengan jawabannya, karena Anda cukup menjawab sudah atau belum. Nah, setiap Anda menjawab sudah, berikan nilai 10.

1. Apakah anak-anak berani mengungkapkan pendapatnya kepada Anda?

2. Apakah anak-anak berani untuk berbeda pendapat dengan Anda?

3. Apakah anak-anak sering meminta maaf saat melakukan kesalahan baik kepada Anda, maupun semua orang?

4. Apakah anak Anda memiliki rasa peduli dengan orang lain selama ini? Untuk hal mendasar, apakah mereka peduli pada Anda sebagai orangtua, saudaranya, teman-teman maupun para guru di sekolahnya?

5. Apakah anak Anda memiliki sikap mandiri selama ini? (Dapat dikategorikan “Ya”, jika mereka sudah mampu mengambil keputusan sendiri, baik dalam hal sekolah, pelajaran maupun keseharian. Dapat dikategorikan “Belum”, jika mereka masih sering meminta pendapat atau arahan Anda untuk memutuskan serta menyelesaikan masalah).

6. Apakah anak Anda sudah memiliki rasa percaya diri?

7. Apakah anak Anda mampu cepat beradaptasi di lingkungan maupun teman baru?

8. Apakah anak Anda mampu mengatasi dan menyelesaikan masalah ataupun kesulitan dalam hal tugas sekolah, teman maupun guru mereka?

9. Mampukah anak Anda menyelesaikan masalah atau kesulitannya saat berada di rumah dan teman bermain mereka?

Bagaimana, sudah selesai menjawab 10 pertanyaan di atas? Boleh tahu berapa nilai atas jawaban Anda?

Berdasarkan hasil survey ALC, terdapat 3 kategori nilai jawaban atas 10 pertanyaan di atas. Berikut hasilnya.

0 –  40 : menunjukkan 5 karakter dasar anak Anda wajib ditingkatkan.

50 – 70 : menunjukkan 5 karakter dasar anak Anda masih perlu ditingkatkan.

80 – 100 : menunjukkan 5 karakter dasar anak Anda perlu dimaksimalkan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Serta Mengoptimalkan 5 Karakter Dasar Anak Anda?

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan serta mengoptimalkan 5 karakter paling dasar pada anak.

Cara termudahnya dengan mengikuti program pelatihan yang diberikan oleh para profesional. Namun pastikan lembaga tersebut bisa dipercaya dan memiliki kualitas tinggi, ya.

Bingung memilih lembaga yang tepat? Tak perlu khawatir, karena ALC Talent hadir sebagai solusi bagi Anda. Sebagai pusat pendidikan karakter di Indonesia, ALC Talent telah menghadirkan program bernama Leadership For Kids Teens yang dikhususkan untuk meningkatkan karakter mendasar bagi anak-anak.

Sesuai dengan namanya, program ini bisa membangun karakter anak menjadi pribadi yang unggul berdasarkan 5 indikator di atas, yakni kejujuran, kemandirian, tanggung jawab, sikap peduli, dan meningkatkan kepercayaan diri pada diri anak.

Melalui program ini, si Kecil pun bisa menjadi pribadi positif dan berkarakter kuat. Tentunya, ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sosialnya. Jangan lewatkan kesempatan ini, yuk daftar sekarang juga!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 22/10/2022
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 22/10/2022
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di