Sudahkah Anda Mempersiapkan Anak Menjadi Generasi Emas Indonesia 2045?

generasi emas alc talent

Daftar Isi

Generasi Emas Indonesia, Seberapa Siap Anak Anda Menghadapinya?

Tahukah Anda jika pada tahun 2045 merupakan momen bersejarah bagi Indonesia? Ya, di waktu tersebut Indonesia akan berumur satu abad. Momen bersejarah ini pun sekaligus menjadi dasar gagasan dari Generasi Emas 2045.

Generasi 2045 pada dasarnya sudah muncul dari sekarang. Di tahun ini, mereka memang masih termasuk ke dalam kelompok anak-anak. Namun di tahun 2045 mendatang, merekalah yang akan memimpin bangsa ini.

Sejatinya, poin utama dari generasi emas adalah mempersiapkan anak-anak agar kelak di tahun 2045 nanti mereka tidak kalah dengan persaingan global.

Di masa mendatang tersebut tentunya Indonesia akan semakin berkembang. Maka demi kemajuan bangsa, kesadaran orangtua untuk mempersiapkan anak-anak menjadi generasi emas dari sekarang sangat diperlukan.

Apa sih Generasi Emas Itu?

Generasi Emas 2045 adalah upaya yang dilakukan untuk membangun para generasi muda, lebih tepatnya sebagai suatu persiapan bagi generasi penerus bangsa di Indonesia, ketika negara kita genap  berusia 100 tahun nanti.

Sebagai informasi, di tahun 2045, jumlah penduduk dalam usia produktif (15-64 tahun) akan meningkat sebanyak 70 persen.

Ya, menuju Generasi Emas Indonesia 2045 memang masih lama. Tapi, generasi penerus bangsa tersebut sudah hadir saat ini. Di tangan mereka jugalah, masa depan Indonesia dipertaruhkan.

Jadi secara garis besar, pengertian Generasi Emas Indonesia 2045 adalah generasi yang nantinya diharapkan bisa memberi perubahan dalam membentuk kehidupan bangsa yang lebih baik.

Apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan Indonesia Generasi Emas 2045? Cara utama yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM). SDM tersebut harus bisa bersaing secara global.

Generasi penerus harus siap dalam menerima segala perubahan. Konsep utama dari generasi emas Indonesia sendiri di antaranya adalah:

– Memiliki kecerdasan yang komprehensif

– Damai dalam interaksi sosial

– Sehat

– Membangun peradaban unggul

Baca juga: Pendidikan Anak Usia Dini Mengapa Penting? Simak 5 Alasannya!

Apa sih yang harus Bunda lakukan pada Anak untuk Menjadi Bagian Generasi Emas?

Generasi muda Indonesia harus dibina sejak dini untuk turut serta meningkatkan kualitas pembangunan dan kesejaheraan masyarakat.

Bunda berusaha untuk mendukung jalannya Indonesia Emas 2045. Misalnya saja dengan berusaha sebaik mungkin dalam mengasah kemampuan dan pengetahuan.

Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa bunda lakukan.

Pertama, lihat minat dan bakat anak.

Cobalah memerhatikan apa yang disukai oleh si Kecil. Apakah ia senang melakukan hal-hal kreatif atau senang untuk mengikuti kegiatan positif lainnya. Setelah Anda mengetahuinya, mulailah mengasah bakatnya sejak dini.

Kedua, memberikan pendidikan karakter

Pembentukan karakter pada anak sejak dini penting dilakukan. Agar kelak ia menjadi pribadi yang baik dan menjunjung tinggi sopan santun.

Ketiga, biarkan anak bereksplorasi

Anak memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Membiarkan anak mengeksplorasi dunia sekitar dapat memberikannya pengalaman baru. Menjadikannya pribadi yang lebih percaya diri. Namun, Anda tetap diharuskan mengawasi dan memberitahu mana yang baik dan salah.

Keempat, berikan pengalaman baru

Pengalaman adalah pelajaran terbaik. Memberikan pengalaman baru pada si Kecil sekaligus bisa memberikannya pengetahuan baru. Mendidiknya menjadi pribadi mandiri yang tidak takut dengan perubahan di masa depan

Kelima, picu semangat anak untuk terus belajar

Mempelajari hal baru untuk mengembangkan pengetahuan si Kecil memang menyenangkan. Namun ada kalanya, semangat anak menurun. Dalam hal ini, terus memberikan semangat penuh kepada anak harus selalu dilakukan orangtua.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Belajar Efektif dan Efisien Agar Anak Anda Tidak Mudah Lupa

Apa Target Indonesia Emas 2045?

Target Indonesia Emas di tahun 2045 nanti adalah menjadi negara maju dengan SDM yang unggul, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, rakyat lebih sejahtera, serta ketahanan nansional yang kukuh dan tata kelola pemerintahaan yang lebih kuat serta berwibawa. Indonesia pun menginginkan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia.

Secara umum, ini merupakan visi untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dan membangun ekonomi yang kuat. Tentu saja, ini juga meliputi peningkatan kualitas SDM.

Lalu, siapakah Generasi Emas 2045? Siapa yang disebut dengan Generasi Emas 2045 adalah mereka para generasi muda yang diharapkan mampu membangun negara di masa mendatang. Para generasi muda tersebut memiliki peran yang krusial dalam mensukseskan pembangunan bangsa menuju Indonesia emas 2045.

Dalam rangka mempersiapkan anak-anak muda menjadi generasi emas 2045, ALC Talent mengadakan program khusus untuk mengembangkan karakter. Namanya Leadership for Kids and Teens. Seperti apa programnya? Yuk simak di bawah ini!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 22/10/2022
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 22/10/2022
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di