5 Cara Belajar Efektif dan Efisien Agar Tidak Mudah Lupa

cara belajar efektif alc talent

Daftar Isi

Cara Belajar yang Efektif Bisa Membantu Anda Cepat Menyerap Materi Pelajaran. Sudah Tahu Cara Ampuhnya Belum?

“Kunci kesuksesan dalam hidup adalah belajar”, pernah mendengarnya? Nampaknya ungkapan tersebut memang benar adanya. Sebab, menuntut ilmu itu tidak ada batasnya. Selain itu, dengan belajar pun kita bisa menambah wawasan serta pengetahuan yang berguna dalam kehidupan. Kuncinya adalah cara belajar yang tepat.

Ketika anak rajin belajar, Mama pasti akan senang. Pasalnya, senjata ampuh untuk meraih prestasi di sekolah adalah dengan belajar.

Namun, ada beberapa titik di mana anak merasa malas untuk belajar. Sebagai contoh, materi yang diberikan sulit masuk ke otak atau bahkan mereka lupa akan materi yang telah dipelajari. Apakah si Kecil pernah mengalaminya, Ma?

Ya, pada sebagian kasus, anak mungkin saja pernah mengalaminya. Namun, sebenarnya apa sih penyebab sulit untuk belajar atau tidak masuk ke otak? Bagaimana cara belajar yang efektif? Agar Anda mengetahui kiat sukses supaya anak bisa belajar dengan lebih efektif, simak ulasannya di bawah, yuk!

Baca juga: Motivasi Belajar Anak Anda Turun? Lakukan 7 Langkah Ini Yuk!

Kenapa Belajar Tidak Masuk ke Otak?

Menurut Oxford Royale, kurangnya konsentrasi dan banyaknya distraksi adalah penyebab mengapa anak-anak kesulitan dalam belajar. Sehingga, pelajaran pun akan sulit untuk dicerna di otak atau sulit untuk mengingatnya.

Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan cara belajar anak menjadi tidak efektif. Kira-kira apa saja ya? Cek di sini, yuk!

– Semangat belajar yang menurun atau kurangnya motivasi anak

– Tidak menyukai mata pelajaran tertentu

– Terlalu banyak tugas

– Metode belajar yang salah

– Kurangnya asupan nutrisi

Berikut 5 cara belajar agar anak Anda mudah ingat & tidak lupa

Masa pandemi memberikan perubahan pada sistem pembelajaran. Sebagian anak mengeluhkan bahwa belajar menjadi kurang efektif akibat pembelajaran lebih banyak dialihkan secara online alias daring. 

Lantas, bagaimana sih teknik belajar efektif yang bisa dilakukan di rumah? Langsung saja intip cara belajar yang berkesan di bawah ini, ya.

Pertama, pastikan anak menyimak penjelasan yang diberikan

Teknik belajar efektif pertama adalah dengan selalu memerhatikan pengajar ketika menjelaskan materi pembelajaran. Penting untuk selalu berkonsentrasi dan menghindari gangguan ketika pengajar sedang berbicara.

Kedua, hindari segala distraksi

Media sosial merupakan salah satu gangguan yang bisa menurunkan konsentrasi. Jika sedang belajar, sebaiknya himbau mereka untuk menghindari bermain media sosial, ya ma.

Ketiga, buat jadwal belajar

Meskipun terdengar mudah, namun sayangnya masih banyak orang yang belum membuat jadwal belajar secara rutin. Padahal, ini merupakan salah satu cara belajar efektif di rumah, lho. Membuat jadwal belajar juga bisa membantu si kecil untuk mengetahui tujuan spesifik pada setiap sesi pembelajaran.

Keempat, buatlah notes

Belajar itu tidak selamanya melelahkan. Justru mama bisa melakukannya dengan mengadopsi cara belajar yang berkesan, seperti halnya membantu mereka membuat catatan kecil pada tiap pelajaran. Anak bisa menggaris bawahi hal-hal yang penting pada catatan kecil. 

Kelima, belajar bersama teman

Ini termasuk ke dalam kategori cara belajar cepat. Pasalnya, dengan membentuk kelompok belajar, anak bisa saling berdiskusi satu sama lain. Sehingga, pemahaman pun akan semakin meningkat.  

Baca juga: Sikap Jujur, Ikuti 5 Cara Berikut untuk Membiasakan si Kecil Yuk!

3 Gaya belajar, anak Anda termasuk yang mana?

Bagaimana cara belajar agar tidak mudah lupa? Sudah tahu belum, gaya belajar tiap anak itu berbeda-beda loh ma. Tugas mama adalah memahami dulu, kira-kira gaya belajar si kecil termasuk yang mana?

Menurut Missouri State University, ada 3 gaya atau cara belajar secara umum, yakni visual, auditory, dan kinesthetic.

Nah, Anda dapat mengetahui metode belajar yang tepat dari beberapa jenis cara belajar cepat tersebut. Sehingga, materi belajar pun akan mudah diserap dan tidak mudah lupa. Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai 3 gaya atau cara belajar. Simak baik-baik, yuk!

Pertama, jenis cara belajar visual

Cara belajar ini berfokus pada visual atau penglihatan. Mereka biasanya akan lebih mudah menyerap informasi dalam bentuk grafik, gambar, dan bagan. Tak hanya itu, mereka juga memiliki pemahaman mendalam tentang nilai artistik.

Agar tidak mudah lupa, metode belajar yang tepat bagi mereka yang memiliki gaya belajar ini adalah dengan mengubah catatan menjadi gambar, mempelajari gambaran besarnya terlebih dahulu kemudian fokus pada detailnya, atau gunakan metode mind mapping.

Kedua, jenis cara belajar auditory

Mereka yang memiliki gaya belajar ini lebih mudah menyerap informasi melalui pendengaran dan memerhatikan aspek ketika orang lain berbicara.

Metode belajar yang bisa dilakukan jika Anda masuk ke dalam kategori auditory adalah merekam dan mendengarkan ulang materi pembelajaran, mendengarkan musik yang disukai ketika belajar, serta mengulangi materi dengan membaca dan mengucapkannya secara perlahan agar tidak mudah lupa.

Ketiga, jenis cara belajar kinesthetic

Seorang kinesthetic lebih menyukai untuk menggunakan pendekatan langsung dalam mempelajari hal baru. Mereka juga lebih suka mempraktikannya secara langsung dibandingkan hanya sekadar menjelaskannya secara verbal.

Adapun metode belajar yang cocok yang bisa dilakukan yakni, ketika mendapatkan materi pembelajaran sebaiknya cobalah untuk segera mempraktikannya, belajar sambil melakukan kegiatan yang aktif seperti berjalan atau menjentikkan jari, hingga mengikuti ekstrakurikuler.

Nah, itulah beberapa cara belajar efektif sekaligus berkesan. Bagaimana, mudah dilakukan bukan? Selamat mencoba!

Jika Anda ingin si kecil lebih percaya diri dan inisiatif dalam belajar, pas banget nih. ALC Talent merancang program khusus mengembangkan karakter anak. Seperti apa sih programnya? Yuk langsung aja simak programnya di bawah ya ma!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di