Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini Penting? Intip 5 Alasannya, Yuk!

pendidikan anak usia dini alc talent

Daftar Isi

Pendidikan Anak Usia Dini Penting Untuk si Kecil. Ini 5 Alasannya

Pendidikan anak usia dini merupakan fokus utama yang harus diberikan oleh orangtua. Sebagai orangtua, tentunya Anda menginginkan anak mendapatkan pendidikan yang terbaik bukan? 

UNICEF menjelaskan bahwa pada usia awal ini, perkembangan otak anak sangat pesat. Pasalnya, anak dapat dengan mudah menyerap informasi dari lingkungannya. 

Pada periode emas tersebut, anak-anak membutuhkan pendidikan khusus agar mereka bisa mempelajari keterampilan dan konsep dasar. Tentunya sebagai pondasi awal dalam mempersiapkan jenjang pendidikan selanjutnya. 

Meskipun mengembangkan anak sangat penting, namun sayangnya data dari UNICEF menunjukkan bahwa hanya 1 dari 5 anak di negara berkembang yang mendapatkan pendidikan anak usia dini. Ini menunjukkan bahwa kesadaran akan pentingnya pendidikan awal tersebut masih minim.

Lalu, apa sih sebenarnya pengertian dari pendidikan untuk anak ini? Mengapa hal tersebut sangat penting? Agar Anda lebih memahaminya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Apa yang dimaksud dengan Pendidikan anak usia dini?

Pendidikan anak usia dini adalah suatu pembinaan yang dilakukan dengan memberikan pondasi pendidikan, sebagai bentuk bantuan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Ini dilakukan agar si Kecil memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. 

Menurut para ahli, salah satunya Dr. Jessica Alvarado, pengertian pendidikan ini adalah ketika seorang anak mempelajari keterampilan sosial dan emosional. Sehingga, ikatan yang kuat akan terbentuk pada seorang anak, orangtua, dan guru.

Baca Juga : 5 Contoh Sikap Mandiri Anak, Mana yang Belum Anak Anda Miliki?

Mengembangkan anak usia dini sangat penting, apa alasannya?

Pendidikan karakter anak termasuk di masa pandemi itu penting dilakukan. Pasalnya, tujuan dari pendidikan ini adalah mengembangkan potensi anak sebagai bekal dalam kehidupan. Nantinya, ia akan lebih mudah untuk beradaptasi. Yuk simak dalam penjelasan berikut ini, ya!

Pertama, sebagai persiapan untuk pendidikan selanjutnya

Pendidikan awal bagi si Kecil agar lebih siap menempuh pendidikan selanjutnya. Ini bisa membuat anak lebih mudah untuk beradaptasi nantinya.

Kedua, memberikan pendidikan moral

Bukan hanya pendidikan formal saja. Sebagai orangtua, juga penting bagi Anda untuk mengajarkan pendidikan moral pada anak sejak usia dini. Menghormati, saling membantu, menghargai kepercayaan orang lain, dan jujur merupakan nilai-nilai yang sebaiknya diajarkan pada usia awal.

Ketiga, baik bagi perkembangan emosional

Salah satu aspek penting dalam perkembangan emosional adalah mengelolanya dengan baik. Seorang anak yang bisa mengelola emosinya dengan baik lebih mungkin untuk mengembangkan kepribadian yang positif.

Keempat, membentuk karakter si Kecil

Pentingnya pendidikan karakter anak usia dini tidak terlepas dari membentuk perilaku terpuji bagi si Kecil. Nilai-nilai yang diajarkan oleh Anda sejak kecil tentunya akan dibawa oleh anak hingga ia dewasa. Secara singkat, pendidikan karakter anak usia dini bisa membentuk kepribadian positif.

Kelima, perkembangan intelektual

Metode pembelajaran yang diberikan oleh PAUD bisa memungkinkan anak belajar berbagai macam hal, seperti membaca, menulis, berhitung, serta melakukan kegiatan kreatif. Tentunya, ini sangat baik bagi perkembangan intelektualnya.

Baca Juga : Cara Mendidik Anak untuk Jujur, Tanggung Jawab, Mandiri dan Percaya Diri

6 Aspek Perkembangan Anak Usia Dini

Setelah mengetahui pentingnya pendidikan karakter usia dini. Mama juga perlu mengetahui, nih, mengenai 6 aspek perkembangan anak. Perkembangan anak sendiri adalah suatu proses ketika ia mengalami perubahan, baik itu perubahan fisik, emosional, hingga linguistik.

Nah, berikut ini adalah 6 aspek perkembangan anak usia dini yang penting untuk Anda perhatikan. Disimak, yuk!

– Nilai agama dan moral

– Kognitif

– Fisik-motorik, baik motorik kasar maupun halus

– Sosial-emosional

– Seni

– Bahasa

Nah, itulah serba-serbi mengenai pendidikan anak usia dini, mulai dari pengertian hingga kenapa harus dilakukan. Jadi, sudah tahu kan Ma pentingnya pendidikan awal ini? Sebagai tambahan, bimbingan dari orangtua juga memiliki pengaruh yang kuat dalam pendidikan si Kecil, lho.

Pas banget nih, ALC Talent punya program khusus untuk mendidik karakter mereka sejak dini. Namanya Leadership for Kids and Teens. Langsung aja kepoin yuk, ma!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 22/10/2022
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 22/10/2022
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di