5 Tips Menghadapi Anak Bandel yang Perlu Orang Tua Terapkan

anak bandel alc talent

Daftar Isi

Anak Bandel dan Keras Kepala Perlu Dididik Secara Tepat. Bagaimana Caranya?

Menghadapi anak bandel, susah diatur, dan keras kepala menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi orang tua. Tak jarang, ketika anak berlaku demikian bisa membuat Anda kewalahan.

Meski begitu, jangan pernah memberikan predikat “anak bandel” atau “anak nakal” pada si Kecil ya, Ma. Pasalnya, hal tersebut bisa memengaruhi psikologis anak.

Ternyata, ada beberapa faktor penyebab anak menjadi bandel atau nakal serta sulit diatur. Kira-kira apa saja, ya? Lalu, bagaimana cara menghadapinya? Simak penjelasan serta berbagai tipsnya di sini, yuk!

Apa Sih, Penyebab Anak Bandel itu?

Mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Ketika Anda dihadapkan pada kebiasaan anak yang dianggap kurang baik, Anda perlu mengetahui faktor penyebab dan solusi untuk menghadapinya.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab anak nakal dan susah diatur yang perlu orang tua ketahui.

Pertama, Pola asuh yang kurang tepat

Penyebab anak bandel dan keras kepala salah satunya adalah pola asuh yang salah. Ya, pola asuh memang memegang peranan yang penting dalam perilaku anak. Ketika orang tua terlalu sering memberikan kritik, overprotektif, tidak memberikan perhatian penuh, atau memberikan contoh yang tidak baik ini bisa menyebabkan anak menjadi susah diatur.

Kedua, Terlalu memanjakan si Kecil

Merupakan hal yang wajar jika Anda ingin memberikan semua yang terbaik pada anak. Akan tetapi, terlalu memanjakan anak justru tidak baik, lho.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Medicine bahkan menjelaskan bahwa perilaku anak manja bisa disebabkan akibat kesalahan dari orang tua untuk membangun batasan yang konsisten pada anak sesuai dengan usianya.

Si Kecil memang butuh perhatian. Tapi, bukan berarti memanjakkannya. Sebab, ketika anak terbiasa untuk mendapatkan apapun yang ia inginkan, ia akan marah ketika tidak bisa mendapatkannya.

Baca juga: 5 Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri di Lingkungan Baru, Catat Ya Ma!

Ketiga, Menoleransi perilaku susah diatur

Usia anak bukan menjadi alasan bagi Anda untuk mentolerir perilaku yang kurang baik. Pada sebagian kasus, orang tua mungkin saja akan mewajarkan perilaku anak yang dianggap kurang sopan karena ia masih kecil.

Eits tapi, perlu Anda catat bahwa mendidik si Kecil sedini mungkin perlu dilakukan, agar ia bisa menjadi anak yang baik dan sopan.

Cara Mengatasi Anak yang Bandel dan Susah Diatur

Menghadapi anak yang bandel dan keras kepala memang tidak mudah. Namun, ada beberapa cara menghadapi anak bandel, susah diatur, dan keras kepala yang bisa Anda lakukan. Apa saja? Intip di bawah ini, ya!

Pertama, beri contoh yang baik

Anak-anak merupakan pembelajar yang baik. Ia akan dengan mudah mencontoh perilaku yang diperlihatkan oleh orang dewasa. Apabila Anda menginginkan si Kecil menjadi anak yang baik. Maka cara yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan contoh perilaku yang baik pada anak.

Kedua, hindari membentak anak

Merupakan hal yang sulit ketika anak tidak mau menurut. Tak jarang, ini bisa membuat Anda kesal dan marah. Tapi sebaiknya, hindarilah untuk membentak anak ya, Ma. Terlebih lagi ketika berada di tempat umum.

Alih-alih membentak, Anda harus bisa menguasai emosi dan bersikap tenang sebaik mungkin. Ya, sabar dan berusaha tenang memang menjadi salah satu cara menghadapi anak bandel lainnya.

Ketiga, berbicara dengan anak

Komunikasi yang baik merupakan cara menghadapi anak yang susah diatur secara efektif. Ketika Anda menyuruh anak untuk melakukan sesuatu demi kebaikan, cobalah jelaskan alasannya. Secara perlahan, anak akan belajar untuk memahaminya.

Keempat, beri batasan dan aturan tegas

Anak bandel artinya ketika mereka sulit untuk menuruti perkataan orang tua. Lalu, bagaimana cara menjadi anak baik? Nah, agar bisa menjadi anak penurut dan bersikap santun, Anda perlu memberi batasan yang jelas dan aturan yang tegas.

Misalnya saja, ketika si Kecil menginginkan sesuatu dari Anda, maka ia harus melakukan sesuatu terlebih dahulu, seperti bersikap baik dan mematuhi perkataan Anda. Kemudian, Anda juga bisa membuat suatu aturan dan sanksi jika anak melanggar aturan tersebut. Tapi, jangan gunakan kekerasan.

Baca juga: Karakter Anak, Ketahui 5 Tips Ampuh Membentuknya!

Kelima, gunakan pendekatan secara positif

Ketika mendidik anak, cobalah untuk bersikap secara lembut dan baik. Ingat,  jangan pernah melabeli anak sebagai “anak yang bandel” atau “anak yang nakal”. Sebaliknya, pendekatan secara positif bisa membantu anak belajar dari Anda.

Bagaimana Pola Asuh yang Tepat untuk Anak?

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya untuk memiliki perilaku yang baik. Agar si Kecil bisa menjadi anak baik dan penurut, kuncinya ada pada pola asuh yang diberikan. Lantas, bagaimana pola asuh yang tepat untuk mendidik anak agar menurut? Berikut di antaranya:

– Orang tua harus kompak dalam mendidik anak

– Orang tua harus memberi contoh yang baik

– Konsisten dalam mendidik anak

– Bersikap disiplin

– Ajarkan sopan santun, menolong sesama, dan berbagi

– Berikan pujian ketika si Kecil bersikap baik

Menghadapi anak yang bandel dan keras kepala memang perlu kesabaran ekstra. Intinya, Anda harus konsisten dalam mendidik anak agar ia menjadi pribadi yang baik. Niscaya, secara perlahan ia pun akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter.

Ingin mengembangkan karakter anak lebih baik? Pas banget nih, ALC Talent punya kelas untuk anak Anda. Namanya Leadership for Kids and Teens. Seperti apa sih programnya? Yuk simak detailnya di bawah!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 22/10/2022
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 22/10/2022
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di