Cara Mendidik Anak Untuk Jujur, Tanggung Jawab, Mandiri, Percaya Diri

sikap jujur alc talent

Daftar Isi

Sikap Jujur, Berikut 5 Cara untuk Mendidik si Kecil Sejak Dini!

Sebagai orang tua, tentunya kita ingin memberikan pendidikan yang terbaik. Bukan hanya pendidikan formal saja, tapi juga pendidikan karakter. Pendidikan karakter itu bisa diajarkan sejak dini, lho, Ma. Salah satu yang tidak boleh luput dari perhatian adalah sikap jujur.

Pada usia dini, anak memiliki karakter yang unik, seperti aktif dan energik, rasa penasaran yang tinggi, hingga mahir mengucapkan berbagai kata. Pada masa tersebut, mungkin saja Mama akan menemukan waktu ketika anak menjadi tidak jujur.

Meski begitu, orang tua tidak boleh membiarkan anak terbiasa melakukan hal tersebut. Tentunya, Anda tidak menginginkan anak menjadi seorang pembohong bukan? Oleh karenanya, sangat penting bagi orang tua untuk menanamkan kejujuran pada anak sejak dini. Dengan jujur, anak akan lebih mandiriBagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ya, Ma!

Baca juga: Mengapa Pendidikan Anak Usia Dini Itu Penting? Ketahui 5 Alasannya, Yuk!

Pentingnya menanamkan kebiasaan jujur sejak dini

Kebiasaan jujur tidak datang begitu saja, melainkan harus dilatih sejak dini. Mendidik anak agar memiliki sikap jujur sangat penting dilakukan. Sebab, ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh jika anak menjadi pribadi yang jujur.

Misalnya saja, anak yang jujur akan dipercaya, disayang oleh banyak orang, mendapat banyak teman, lebih bertanggung jawab, dan tentunya menjadi kebanggaan bagi orang tua.

Lalu, apa yang dimaksud dengan jujur?

Jujur adalah suatu sikap di mana perkataan yang diucapkan sesuai dengan perbuatan yang dilakukan. Singkatnya, seorang anak dikatakan jujur apabila ia mengucapkan sesuatu yang sesuai dengan apa yang dilakukan sebenarnya.

Perilaku jujur yang diajarkan sejak dini tentunya akan dibawa hingga dewasa nanti. Dengan demikian, mendidik anak agar berperilaku jujur perlu diajarkan dengan cara yang tepat.

Mengapa sikap jujur perlu ditanamkan kepada anak sejak dini?

Pernah mendengar ungkapan jujur adalah kunci kesuksesan? Ungkapan ini memang benar adanya. Pasalnya, nih, salah satu faktor untuk memperoleh keberhasilan adalah sikap jujur. Tentunya, Anda menginginkan si Kecil berperilaku demikian, bukan?

Alasan utama mengapa sangat penting untuk menanamkan kejujuran pada anak sejak dini yakni agar kelak ia dapat tumbuh menjadi pribadi yang dapat dipercaya oleh orang lain. Sebaliknya, anak yang tidak jujur akan sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Bagaimana cara melatih agar menjadi anak yang jujur?

Anak yang jujur adalah anak yang berkata dengan sebenar-benarnya. Ia tidak takut menerima risiko dari tindakan yang dilakukannya.

Nah, berikut 5 cara mendidik si Kecil sejak dini agar menjadi pribadi yang jujur, ya Ma!

Pertama, mulailah memberikan contoh yang baik

Pendidikan pertama seorang anak berasal dari keluarga. Biasanya, anak akan meniru apa yang dilakukan oleh orang dewasa. Sebagai orang tua, tentunya kita harus menjadi panutan yang baik bagi seorang anak. Gambaran tersebut sesuai dengan peribahasa “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”.

Kedua, bangun kebiasaan jujur pada anak

Membangun suatu kebiasaan memang tidak mudah, perlu kesabaran dan konsisten dalam melatih hal tersebut. Tahu tidak Ma, terkadang anak memutuskan untuk berbohong karena ia takut dimarahi? Ya, hal ini dapat terjadi, sehingga membuatnya melakukan tindakan agar terhindar dari hukuman.

Oleh sebab itu, orang tua diharuskan tetap tenang dan sabar. Alih-alih memarahi anak, akan lebih baik jika Mama menegurnya secara halus ketika ia melakukan perbuatan yang salah atau berbohong.

Ketiga, hargai ketika anak berkata jujur

Ketika anak berkata jujur, sebaiknya berikanlah apresiasi pada mereka, ya. Caranya, Mama bisa memberikan perkataan yang membuat si Kecil merasa aman dan dihargai manakala ia berkata jujur.

Keempat jelaskan pentingnya kejujuran

Kejujuran merupakan sikap penting yang harus dimiliki. Sebab, ada banyak keuntungan dari sikap jujur. Agar anak bisa lebih memahaminya, Anda dapat menjelaskan apa keuntungan yang bisa diperoleh ketika anak jujur dan apa dampak yang bisa didapat ketika ia berbohong.

Kelima, berikan keberanian pada anak agar tidak takut berkata jujur

Sebisa mungkin tanamkanlah kepada diri si Kecil untuk tidak takut berkata jujur. Secara bertahap, anak juga perlu belajar bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensinya sendiri. Ingat, jangan langsung memarahi atau bahkan berteriak ketika anak berlaku bohong. Pasalnya, nih, hal tersebut bisa membuat anak semakin takut.

Baca juga: 5 Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri di Lingkungan Baru, Catat Ya Ma!

Bagaimana cara menanamkan nilai kejujuran?

Orang tua memiliki peran utama dalam menanamkan nilai kejujuran pada anak. Agar anak menjadi pembohong, berikut adalah cara menamamkan nilai kejujuran yang perlu dilakukan oleh orang tua. Catat, ya!

– Mengintropeksi diri sendiri

– Jika orang tua salah, jangan malu untuk mengakuinya di depan anak

– Hindari memberikan respons yang dapat membuat anak takut

– Hindari berbohong sekalipun dalam hal kecil

– Ajarkan cara memaafkan dan meminta maaf

– Nah, itulah beberapa cara membiasakan anak agar jujur. Yuk, mulai dari sekarang berikan pendidikan karakter sejak dini pada anak agar kelak ia menjadi pribadi yang baik dan diharapkan orang tua.

Pendidikan karakter kejujuran juga bisa dibentuk melalui kelas online loh, ma. ALC Talent punya program pendidikan karakter khusus anak-anak nih, namanya leadership for kids & teens. Kepoin selengkapnya yuk!

LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di