5 Tips Agar Setelah Lulus Kuliah Langsung Kerja

lulus kuliah langsung kerja alc talent
Daftar isi

Siapa sih yang tidak mau langsung dapat kerja setelah lulus kuliah? Kamu pasti juga mau banget kan? Tidak perlu khawatir, karena itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan kuliah.

Lulus Kuliah Langsung Kerja, Ikuti 5 Tips Jitu Ini

Untuk lulus kuliah dan langsung mendapatkan pekerjaan, ada beberapa langkah yang bisa kamu pertimbangkan. Apa aja sih langkah-langkahnya? Yuk simak

1. Mempersiapkan Rencana Karir Dengan Jelas

Mempersiapkan Rencana Karir Dengan Jelas alc talent

Siapa nih yang punya prinsip hidup ingin mengalir saja mengikuti arus? Hal ini memang tidak sepenuhnya salah karena bagaimanapun setiap orang sudah punya takdirnya masing-masing. Namun, hal itu bukan berarti bahwa kamu bisa tinggal diam dan bersikap pasrah saja. Bagaimanapun juga segala sesuatu perlu usaha.

Oleh karena itu, seminimal mungkin kamu penting untuk membuat perencanaan dalam hidup, termasuk mengenai karier. Dilansir dari Science, pilihan karier harus diteliti jauh sebelum lulus kuliah. Terkait ini, kamu mungkin kadang masih bingung untuk merencanakan karier. Nah, jawabannya sebenarnya ada pada dirimu sendiri.

Baca Juga : 5 Jenis Program Fresh Graduate Untuk Menunjang Kariermu!

Yuk, coba kamu bicara terus terang tentang rencana masa depanmu. Contohnya, apakah kamu berencana mencari pekerjaan sesuai dengan jurusan kuliahmu, atau mungkin mempertimbangkan jalur yang berbeda. Pikirkan ini dari sekarang dan siapkan rencana cadangan jika rencanamu utama tidak tercapai.

2. Membekali Diri Dengan Skill Yang Dibutuhkan

Setelah tahu bidang pekerjaan yang kamu inginkan, maka kamu bisa langsung mulai membekali diri dengan berbagai skill yang dibutuhkan pada pekerjaan tersebut. Jangan coba-coba menunda jika kamu memang bertekad untuk langsung kerja setelah kuliah.

Kamu bisa memanfaatkan waktu senggang yang ada untuk belajar lebih dalam. Cari tahu kemampuan apa saja yang harus kamu miliki untuk bisa bekerja di pekerjaan yang kamu impikan. Jangan merasa cepat puas dengan ilmu yang sudah kamu dapat di perkuliahan.

Jika perlu kamu bisa berdiskusi dengan orang-orang yang sudah bekerja dalam bidang tersebut. Terkait itu, kamu tidak perlu merasa aneh, coba untuk ingat saja bahwa semakin cepat kamu memulai, maka peluang untuk mendapatkan impianmu juga semakin besar.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Wajib Mengikuti Pelatihan Siap Kerja

3. Mengikuti Berbagai Seminar Mengenai Bidang Yang Dituju

Seminar menjadi salah satu solusi terbaik untuk mendapatkan pengetahuan. Nyatanya, tidak semua ilmu benar-benar bisa kamu peroleh hanya dari belajar di kelas saja. Oleh sebab itu, kamu tetap perlu menggali lebih dalam pengetahuan dengan berbagai cara, seperti mengikuti seminar.

Kamu pun tak perlu khawatir karena saat ini sudah ada banyak lembaga atau organisasi yang melaksanakan seminar. Kamu bisa pilih sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan kamu tekuni.

Selain dapat bekal ilmu, penyelenggara seminar biasanya juga menyediakan sertifikat yang akan bermanfaat untuk menunjang kariermu. Soal waktu, tak perlu takut kuliahmu akan terganggu karena sekarang juga banyak seminar yang dilakukan secara online. Hal yang pasti adalah kamu hanya perlu rajin mencari informasi.

4. Membangun Networking Yang Luas

Jaringan pertemanan bisa jadi salah satu cara dapat kerja setelah kuliah loh. Maka tak ada salahnya untuk berteman dengan banyak orang. Kamu hanya perlu pastikan bahwa orang-orang yang ada di sekitarmu punya pola pikir yang positif.

Sebab, bagaimanapun juga keadaanmu di masa depan akan ditentukan oleh lingkunganmu. Oleh karena itu, bertemanlah dengan mereka yang bisa membantumu untuk terus bertumbuh. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga hubungan baik karena tak ada yang tahu mungkin saja kamu akan dapat pekerjaan dari salah satu relasimu sendiri.

5. Mengikuti Bootcamp Siap Kerja

Untuk bisa lebih memudahkanmu dalam mendapat pekerjaan, maka mengikuti program bootcamp siap kerja menjadi solusinya. Hal ini penting karena terkadang pengetahuan yang diperoleh dari perkuliahan hingga seminar masih belum seratus persen. Nah, program bootcamp inilah yang bisa membantu mendukung.

Melalui bootcamp, kamu tidak hanya sekadar mendapat teori melainkan juga memperoleh bimbingan praktik. Program ini biasanya dilaksanakan berdasarkan kurikulum yang sudah disusun sedemikian rupa oleh mentor profesional. Tak heran jika kamu akan memperoleh pengalaman yang belum pernah kamu dapat sebelumnya.

Itulah pembahasan seputar tips-tips agar lulus kuliah langsung kerja. Untuk memaksimalkan persiapan kariermu, kamu bisa mengikuti program bootcamp siap kerja dari ALC Talent. Program ini dilaksanakan secara online sehingga bisa mudah kamu ikuti tanpa mengganggu jadwal perkuliahan. So, yuk segera daftarkan dirimu!

ALC Punya Program Untuk Kamu Yang Mau Cepat Kerja

Nаh, kalau kаmu mаu cepat kеrjа ѕеkаlіguѕ bangun karir lebih melesat, kаmu bіѕа mеngіkutі рrоgrаm bооtсаmр siap kеrjа ALC Talent.  

Kamu jadi punya pengalaman internship di top companies Indonesia. Dibimbing membuat CV menarik plus cara sukses wawancara.  Mendapat support penyaluran kerja. Belajar & konsultasi langsung dengan mentor expert. Plus punya sertifikat 12 skills ALC Talent yang membuatmu dicari banyak perusahaan. Detil klik banner dibawah ini ya.

Bootcamp Siap Kerja
  • 28/02/2024
  • 19.00-21.00
Detail Info