5 Tips Persiapan Wawancara Kerja Yang Efektif Dan Meyakinkan HRD!

Persiapan Wawancara Kerja ALC Talent
Daftar isi

Saat mencari pekerjaan, melakukan persiapan wawancara menjadi hal penting. Sebab salah satu tahapan krusial yang menjadi pertimbangan apakah kamu akan diterima atau tidak tergantung dari proses wawancara.

Bahkan tidak sedikit perusahaan yang memiliki 3 kali tahapan wawancara hingga menemukan kandidat terbaiknya. Sebab sebuah survei dari MRI Network menyebut jika 51% perekrut menyatakan jika kandidat terbaik ditemukan setelah tiga kali wawancara.

Tentunya tahapan ini tidak bisa kamu lewati jika tidak melakukan persiapan wawancara kerja dengan matang. Oleh karena itu, ALC akan membahas 5 tips penting dalam melakukan persiapan wawancara supaya bisa lebih efektif dan meyakinkan. Simak terus ya!

Mengapa Persiapan Interview HRD Penting?

Wawancara adalah sebuah keterampilan. Sehingga jika ingin menguasainya maka dibutuhkan latihan dan persiapan yang matang. Khususnya jika ingin tampil memikat di mata perusahaan.

Apalagi, interview kerja melibatkan proses seleksi dengan banyak calon kandidat di dalamnya yang sedang diuji.

Jadi dengan melakukan latihan wawancara secara tepat, maka kamu akan jauh lebih percaya diri. Menjawab pertanyaan dengan lancar dan tetap berpikir kritis meskipun dalam situasi yang tertekan. Sehingga bisa tampil lebih unggul dari kandidat lain.

Baca Juga : 5 Panduan Persiapan Kerja untuk Fresh Graduate, Terbukti Efektif!

5 Tips Persiapan Wawancara Kerja yang Efektif

Tentunya saat melakukan persiapan interview kerja, kamu tidak boleh melakukannya secara asal dan sembarangan. Supaya persiapan wawancara bisa berjalan lebih lancar dan efektif, berikut ada 5 tips yang bisa kamu coba!

1. Lakukan Riset Perusahaan

Saat melakukan persiapan sebelum interview, penting untuk melakukan riset terhadap perusahaan tersebut. Dengan melakukan hal ini, kamu dmemahami apakah budaya dan bisnis perusahaan selaras dengan tujuan karir dan nilai-nilai yang kamu miliki.

Selain itu, setiap rekruter tentu akan lebih suka dengan kandidat yang kenal baik dengan perusahaan yang mereka daftar. Ini menunjukkan keseriusan dan nilai tambah kandidat untuk bergabung dengan perusahaan tersebut.

Riset ini bisa dilakukan dengan mempelajari profil perusahaan di website resmi, mengikuti update sosial media mereka hingga mencari hal unik yang menjadi keunggulan perusahaan tersebut dibanding kompetitornya.

2. Latihlah Kemungkinan Pertanyaan Umum yang Sering Diajukan Perusahaan

Selanjutnya, tips persiapan menghadapi wawancara kerja yang tidak boleh terlupakan adalah berlatih menjawab berbagai kemungkinan pertanyaan paling umum yang mungkin akan diajukan oleh perusahaan.

Dengan mempersiapkan jawaban yang berkualitas, kamu tidak hanya menjadi sosok yang lebih percaya diri saat wawancara berlangsung, namun juga meningkatkan peluang untuk diterima kerja dan tampil berbeda di mata perusahaan.

Beberapa jawaban yang mungkin bisa kamu persiapkan ini mulai dari:

– Ceritakan tentang diri Anda? (Maka fokus untuk menjelaskan latar belakang karir, pelatihan kerja yang relevan dan pekerjaanmu saja)

– Mengapa kita harus mempekerjakan Anda?

– Apa kelemahan terbesar Anda?

– Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?

– Apa keterampilan milik Anda yang membantu pekerjaan ini selesai dengan efektif?

– Berapa gaji yang Anda harapkan?

3. Cek Kembali Deskripsi Pekerjaan yang Diharapkan

Kemudian, penting bagi setiap kandidat untuk meluangkan waktu dengan membaca kembali deskripsi pekerjaan dengan cermat sebelum wawancara.

Barulah setelah itu, buatlah daftar keahlian, pengalaman, atau kualifikasi yang relevan denganmu untuk membuktikan jika kamu merupakan kandidat yang layak untuk diluluskan.

4. Persiapkan Pertanyaan Bermutu untuk Ditanyakan Kepada Recruiter

Setelah wawancara selesai, biasanya para rekruter akan mempersilahkanmu untuk mengajikan pertanyaan apabila masih ada yang ingin ditanyakan. Oleh karena itulah, hasil dari riset perusahaan dan deskripsi pekerjaan dari bagian yang kamu daftarkan ini bisa menjadi bahan penting untuk diskusi.

Dengan mengajukan pertanyaan yang bermutu, kamu tentu akan terlihat lebih serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Tunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang ingin belajar, tertarik pada posisi dan perusahaan tersebut, dan memiliki pemahaman umum tentang apa yang mereka sebenarnya butuhkan lewat pertanyaan-pertanyaan ini. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini ya!

5. Tonjolkan Bakat dan Keterampilan Andalan yang Kamu Miliki

Tips sebelum interview yang lainnya dan tidak kalah penting yaitu dengan mengenali lebih dalam mengenai kemampuan yang kamu miliki dan masih relevan dengan posisi atau perusahaan tersebut.

Jadi, meskipun nanti akan menghadapi pewawancara yang sudah berpengalaman, kamu tetap dapat tampil percaya diri dengan menonjolkan soft skill atau hard skill dan keterampilan andalan yang bisa membantu perusahaan tersebut memenuhi kebutuhannya.

Lakukan juga latihan seputar promosi bakatmu ini dengan tetap menjaga sopan santun khususnya saat bercerita.

Baca Juga : 12 Skills Ini Wajib Kamu Miliki, Paling Dibutuhkan Perusahaan

Apa Saja yang Harus Dihindari Saat Wawancara Kerja?

Setelah melakukan persiapan dengan matang, maka kamu sudah bisa melakukan wawancara kerja dengan lebih percaya diri. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu dihindari saat wawancara kerja karena berpotensi akan mengurangi penilaianmu di mata perusahaan, diantaranya adalah:

1. Datang Terlambat

Penting untuk datang ke tempat interview tepat waktu atau bahkan sebelum wawancaranya dimulai.

Jika wawancaranya diadakan secara online, pastikan kamu sudah menunggu di room yang telah tersedia setidaknya 15 menit sebelum dimulai untuk menunjukkan keseriusan dan profesionalitas.

Jadi kamu punya waktu untuk bersiap dan menenangkan diri sebelum wawancara sehingga lebih mantap saat bertemu dengan rekruter.

2. Pakaian yang Tidak Sesuai

Persiapan saat interview lainnya yang perlu dihindari adalah menggunakan pakaian yang tidak sesuai. Pilih pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Selain itu, hindari pakaian yang terlalu santai atau terlalu formal, kecuali jika ada petunjuk khusus dari perusahaan.

Dengan berpenampilan rapi dan menarik maka akan berkontribusi pada rasa percaya dirimu dan menciptakan kesan positif selama wawancara berlangsung.

3. Berbicara Negatif tentang Pengalaman Kerja Sebelumnya

Selain itu, hindari juga berbicara negatif tentang pengalaman kerja atau rekan kerja di tempat sebelumnya.

Pastikan untuk fokus pada hal-hal positif dan pembelajaran yang yang bisa kamu peroleh dari pengalaman tersebut supaya kesan pertamamu di mata perusahaan tampak lebih profesional.

4. Menunjukkan Bahasa Tubuh yang Kurang Pantas

Terakhir, tetaplah berperilaku sopan dan beradab. Pastikan untuk membalas pertanyaan dengan senyum, tenang, jujur dan tunjukkan sikap antusias yang tidak berlebihan selama wawancara. Hal ini akan membantumu lebih percaya diri dan lancar saat berbicara dengan pewawancara.

Nah demikianlah 5 tips persiapan wawancara kerja serta hal-hal apa saja yang perlu dihindari saat kegiatan tersebut berlangsung. Dengan mempersiapkan semua ini, wawancara yang kamu lakukan dijamin akan berjalan dengan lancar dan efektif.

Kabar baiknya, supaya kamu tidak salah langkah dalam mempersiapkan interview kerja, ALC Talent menghadirkan kelas khusus yaitu “Teknik CV Menarik & Sukses Wawancara Kerja”.

Kelas ini akan membantumu mеnguаѕаі teknik pеnulіѕаn CV dan pеrѕіараn wаwаnсаrа langsung dengan ahlinya sehingga peluang untuk diterima kerja jadi semakin tinggi! Penasaran seperti apa programnya? Yuk simak informasi lengkapnya di website ini!

ALC Punya Program Untuk Kamu Yang Mau Cepat Kerja

Nаh, kalau kаmu mаu cepat kеrjа ѕеkаlіguѕ bangun karir lebih melesat, kаmu bіѕа mеngіkutі рrоgrаm bооtсаmр siap kеrjа ALC Talent.  

Kamu jadi punya pengalaman internship di top companies Indonesia. Dibimbing membuat CV menarik plus cara sukses wawancara.  Mendapat support penyaluran kerja. Belajar & konsultasi langsung dengan mentor expert. Plus punya sertifikat 12 skills ALC Talent yang membuatmu dicari banyak perusahaan. Detil klik banner dibawah ini ya.

Bootcamp Siap Kerja
  • 28/02/2024
  • 19.00-21.00
Detail Info