12 Skills Ini Wajib Kamu Miliki, Paling Dibutuhkan Perusahaan

skill yang dibutuhkan perusahaan
Daftar isi

Menjadi seorang freshgraduate yang cepat kerja bukanlah hal mudah. Menurut Mc Kinsey untuk membangun karir melesat sekaligus pemimpin yang berpengaruh, Gen Z perlu memiliki 3 soft skills. Ketiga soft skill tersebut adalah berpikir kritis, rasa ingin tahu pada intelektualitas yang tinggi dan fleksibel.

Hasil riset ALC Talent menunjukkan untuk cepat kerja, fresh graduate perlu memiliki 12 skills yang dunia kerja butuhkan. 12 kemampuan ini berdampak pada pola pikir, cara kerja dan karirmu kedepan.

Inilah 12 Skills yang Kamu Butuhkan Untuk Cepat Kerja

Dunia kerja saat ini menuntut berbagai keterampilan atau skills yang beragam. Berikut adalah 12 skills yang penting untuk cepat kerja dan sangat dibutuhkan perusahaan.

1. Learning Adaptability

Learning adaptability (kemampuan belajar dan beradaptasi) adalah kemampuanmu untuk mempelajari hal-hal baru. Melakukan adaptasi dengan lingkungan baru, perkembangan teknologi serta budaya kerja perusahaan dimana kamu baru akan bekerja.

Otak kita dirancang khusus untuk terus belajar sepanjang hidup kita — kita hanya perlu terus mendorong proses ini. Orang yang memiliki kemampuan belajar beradaptasi karirnya lebih cepat berkembang dan melesat. Mereka mampu menghadapi perubahan dan tantangan di masa depan.

Untuk memiliki kemampuan beradaptasi, keluarlah dari zona nyaman. Diantaranya mau menerima umpan balik dan membenamkan diri dalam situasi di mana kamu belum ahli di bidang tersebut. Learning adaptability skills ini membangun kemampuanmu untuk bisa mengantisipasi dan merespons perubahan di masa depan dengan sukses. Keren, ya!

2. Interpersonal Skills  

Keterampilan interpersonal adalah cara kamu berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Keterampilan ini melibatkan kemampuan berkomunikasi dan membangun hubungan dengan orang lain. Sering juga disebut keterampilan bersosialisasi.

Keterampilan interpersonal ini merupakan gabungan antara ciri kepribadian bawaan dan cara kamu belajar menangani situasi tertentu. Keterampilan interpersonal ini sangat efektif membantumu sukses wawancara kerja. Dan berdampak positif untuk kemajuan karirmu.

Interpersonal skill meliputi kemampuanmu dalam bertukar pikiran, menyampaikan ide, mengungkapkan perasaan dan emosi secara tatap muka antara dua orang atau lebih. Baik secara verbal maupun nonverbal.

Perusahaan sangat menyukai kandidat yang memiliki interpersonal skill. Keterampilan interpersonal ini memudahkan kamu untuk bekerja team dengan efisien. Mereka ini dinilai mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan kerja, atasan, dan klien dengan efektif. 

3. Leadership Skills

Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh para ahli Georgetown University Center on Education and the Workforce menunjukkan mengungkapkan bahwa skill kepemimpinan saat ini merupakan kompetensi keempat yang paling dicari di antara 19 kompetensi di pasar tenaga kerja.

Leadership skills membuat kamu lebih bertanggung-jawab baik pada dirimu maupun orang lain. Cepat beradaptasi baik dengan lingkungan baru maupun perubahan kondisi. Tahu cara memimpin, membangun pengaruh dan mencapai target yang diberikan.

Kemampuan kepemimpinanmu ini membuat kamu mampu bekerja team work. Tahu cara mendelegasikan tugas dan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain. Dengan memiliki kandidat yang mempunyai skill kepemimpinan, meningkatkan produktivitas kerjamu yang tentu saja setiap perusahaan sangat menyukainya. Wow, luar biasa ya!

4. Emotional Intelligence Skills 

Emotional Intelligence Skills alc talent

Kecerdasan emosional penting karena sangat membantumu dalam membangun hubungan interpersonal, baik secara pribadi maupun profesional. Lima komponen kecerdasan emosi di tempat kerja yang wajib kamu bangun mulai sekarang adalah kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial.

Manfaat kecerdasan emosional di tempat kerja diantaranya mampu untuk lebih memahami Bahasa tubuh yang nonverbal, menyesuaikan perilaku dengan tepat, membuat keputusan yang baik, dan menjadi pemimpin yang tangguh dan disegani.

5. Communication Skills

Communication skills membuatmu mampu menyampaikan ide, gagasan maupun pendapat pada banyak orang.  Keterampilan komunikasi ini membuatmu mampu menyampaikan informasi secara jelas dan efektif baik secara verbal maupun non-verbal.  

Dengan memiliki skill komunikasi ini kamu menjadi lebih mudah membangun hubungan baik,. Begitu juga menyelesaikan konflik di pekerjaan. Plus berinteraksi dengan berbagai kalangan.

Kemampuanmu dalam berkomunikasi inilah yang membuatmu disukai banyak orang. Baik atasan, team, rekan kerja maupun klien. Inilah mengapa perusahaan sangat membutuhkan kandidat yang memiliki skill komunonikasi. Karena dampaknya yang luar biasa.

6. Team Work Skills

Team work adalah ketika sekelompok orang bekerja sama menuju tujuan atau sasaran bersama. Jika setiap orang dengan sukarela dan sengaja menjadikan kepentingan dan tujuan tim sebagai prioritas utama, tingkat keberhasilan sebuah pekerjaan menjadi lebih tinggi.  

Kerja tim sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dan menghasilkan kinerja yang lebih baik. Kerja tim membuat cara berpikirmu lebih terbuka, khususnya dalam menerima umpan balik dan pendapat yang berbeda.

Membangun team work sangatlah penting karena mampu menciptakan lingkungan kerja yang positif. Suasana kerja terasa menyenangkan, lebih termotivasi dan kreatif.

7. Time Management Skills

Kemampuanmu memanage waktu dengan meningkatkan produktivitas kerjamu. Membuatmu mampu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan. Mengurangi stres. Plus mampu menentukan pekerjaan mana saja yang menjadi prioritas.

Hasilnya, kamu jadi memiliki lebih banyak waktu untuk mencapai hasil yang lebih besar dan lebih baik. Memiliki time management skill menjadikan kamu kandidat yang lebih baik dari yang lain saat Anda melamar pekerjaan.  

8. Critical Thinking Skills 

Critical thinking skills adalah kemampuanmu mengambil keputusan. Tahun 2020, Cambridge University psychology department menerbitkan penelitian tentang pengembangan keterampilan berpikir Kritis. Hasilnya menunjukkan bahwa seseorang yang terlatih berpikir kritis mampu membuat keputusan yang lebih baik.

Itulah sebabnya perusahaan sangat menyukai kandidat yang punya kemampuan berpikir kritis. Karena critical thinking skills ini membuatmu mampu menyusun argumen yang kuat dan mengidentifikasi kelemahan dalam argumen orang lain.

Mampu membuat keputusan yang informasional. Artinya keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan, dianalisis, dan dievaluasi dengan cermat. Jadi tidak seenaknya mengambil Keputusan.

Orang yang berpikir kritis ini punya rasa ingin tahu yang tinggi, dan terus menerus mempertanyakan asumsi & informasi yang didapatkan. Keren, bukan?

 9. Problem Solving Skills 

Problem solving skills adalah kemampuan mengidentifikasi masalah, memahami penyebabnya dan mencari cara untuk menyelesaikannya.  

Skill problem solving ini membuatmu mampu menganalisis masalah yang kompleks, mengidentifikasi solusi, dan menerapkan solusi yang efektif. Skill ini sangat penting untuk perusahaan baik di bidang jasa, produksi maupun industri teknologi.

Freshgraduate yang dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dengan kreatif akan dicari banyak perusahaan.

10. Creative Thinking

Berpikir kreatif memiliki arti yang berbeda-beda bagi orang dan profesi yang berbeda-beda. Definisinya bisa seluas pemikiran itu sendiri. Di tempat kerja, pemikiran kreatif benar-benar berdampak pada produktivitas dan kemampuan Anda dalam memecahkan tantangan.

Setiap perusahaan membutuhkan karyawan berpikir kreatif. Karena skill berpikir kreatif sangat membantumu memecahkan permasalahan di pekerjaan. Sekaligus menyelesaikan tugasmu lebih efisien. 

11. Work Ethic

Etos kerja adalah perpaduan antara kualitas, ciri kepribadian, dan keyakinan yang kamu terapkan di pekerjaan. Etos kerja yang baik menghasilkan pekerjaan yang bermanfaat dan berkualitas. Sebagai fresh graduate, kamu patut disebut memiliki etos kerja tinggi ketika bisa diandalkan, menghormati orang lain, produktivitas kerja tinggi dan mampu membangun kolaborasi.

Tinggi rendahnya etos kerjamu tercermin dari tanggung-jawab dan komitmenmu untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin setiap saat. Begitu juga dengan dedikasi, tanggung jawab, dan sikap positifmu di pekerjaan sehari-hari.

Work ethic yang tinggi juga berdampak pada hubungan yang kuat dengan rekan kerja plus motivasi kerja yang tinggi. Dan yang tak kalah penting, sangat berdampak pada citra positif sebuah perusahaan. Inilah kenapa perusahaan mengutamakan kandidat yang memiliki work ethic yang tinggi.  

12. Presentation Skills 

Mampu membuat dan menyampaikan presentasi dengan baik tidak hanya meningkatkan kepercayaan dirimu sebagai fresh graduate tetapi juga memperkuat kemampuanmu untuk berbagi ide secara meyakinkan dan menarik.

Presentation skills tidak hanya membantumu dalam wawancara kerja dan meyakinkan klien tetapi juga memudahkanmu membuat kesepakatan bisnis dengan sukses. Kamu jadi tahu bagaimana cara presentasi yang baik dan meyakinkan. Keren, kan!

Nah setelah mendiskusikan panjang lebar tentang 12 skills yang kamu butuhkan untuk cepat kerja dan paling dibutuhkan perusahaan, apa yang bisa kamu simpulkan? Yuk kita simpulkan bareng!

Kesimpulan

Sebagai fresh graduate, untuk cepat kerja, suka tidak suka mau tidak mau, kamu perlu membangun 12 skills yang dibutuhkan perusahaan mulai sekarang. Banyak cara untuk melakukannya. Salah satunya melalui Bootcamp Online Siap Kerja.

Bootcamp Online Siap Kerja ini didesain khusus untuk para fresh graduate yang mau cepat bekerja. Program ini untuk fresh graduate atau mahasiswa semester akhir. Minimal D3 semua jurusan. Mau tahu seperti apa Bootcamp Siap Kerja ini? Dan mengapa program ini diklaim cepat mendapatkan pekerjaan? Baca sampai habis ya!

Bootcamp Siap Kerja, Solusi Fresh Graduate Untuk Cepat Bekerja 

Bootcamp Siap Kerja, solusi fresh graduate untuk cepat kerja. Membangun 12 Skills Yang Dibutuhkan Perusahaan, membangun karir lebih melesat.

Program intensif 3 bulan ini tidak hanya melatih 12 skill tetapi juga memberi kamu pengalaman internship di top companies Indonesia. Mempraktekkan langsung dan terlatih secara konsisten. Mengukur progres perubahan dari sebelum hingga sesudah bootcamp. 

Kelas intensif ini dilakukan secara online. Pesertanya dari berbagai kota di Indonesia. Praktek & dibimbing langsung mentor expert yang ahli di bidangnya.

5 manfaat yang kamu dapatkan

1. Punya pengalaman internship di top companies Indonesia.

2. Dibimbing membuat CV menarik plus cara sukses wawancara

3. Mendapat support penyaluran kerja

4. Belajar & konsultasi langsung dengan mentor expert.

5. Punya sertifikat 12 skills ALC Talent yang membuatmu dicari banyak perusahaan. Setiap lulusan Bootcamp Siap Kerja mendapat sertifikat lengkap dengan nilai setiap skill. Ini untuk membangun kredibilitasmu. Sekaligus meningkatkan kepercayaan perusahaan yang merekrutmu.

ALC Punya Program Untuk Kamu Yang Mau Cepat Kerja

Nаh, kalau kаmu mаu cepat kеrjа ѕеkаlіguѕ bangun karir lebih melesat, kаmu bіѕа mеngіkutі рrоgrаm bооtсаmр siap kеrjа ALC Talent.  

Kamu jadi punya pengalaman internship di top companies Indonesia. Dibimbing membuat CV menarik plus cara sukses wawancara.  Mendapat support penyaluran kerja. Belajar & konsultasi langsung dengan mentor expert. Plus punya sertifikat 12 skills ALC Talent yang membuatmu dicari banyak perusahaan. Detil klik banner dibawah ini ya.

Bootcamp Siap Kerja
  • 28/02/2024
  • 19.00-21.00
Detail Info