5 Alasan Mengapa Wajib Mengikuti Pelatihan Siap Kerja

seorang perempuan sedang mengepit kedua tangannya dan tersenyum
Daftar isi

Seiring berjalannya waktu, para lulusan baru semakin menyadari pentingnya mengikuti program pelatihan siap kerja. Kamu pasti menyadari bahwa mencari pekerjaan saat ini cukup sulit.

Hal ini terlihat dari banyaknya orang yang butuh waktu lama untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Jika kamu merasa kesulitan juga untuk mendapatkan pekerjaan impian, maka mengikuti pelatihan siap kerja menjadi hal yang sangat disarankan.

Apalagi data survei yang dilansir dari Bank Indonesia menyebutkan jika persentase penduduk dewasa yang tidak bekerja, mengenyam pendidikan, dan mengikuti pelatihan mencapai 24,28% sehingga hampir tidak memiliki kesiapan bekerja sama sekali.

Oleh karena itu, mari kita bahas tentang program pelatihan siap kerja. Kita akan menjelaskan secara lengkap mengenai proses dan alasan mengapa kamu sebaiknya mengikuti program pelatihan siap kerja. Hal ini penting untuk persiapan pengetahuan dan mental ketika kamu memasuki dunia profesional nanti. Tapi sebelum itu, yuk kita pahami dulu apa yang dimaksud dengan pelatihan siap kerja?

Apa Yang Dimaksud Pelatihan Siap Kerja?

Pelatihan siap kerja atau prakerja adalah program yang membantu kamu agar punya kemampuan soft skills, hard skills serta etika kerja yang baik. Supaya nantinya bisa lebih siap bekerja. Ini bertujuan agar kamu lebih siap untuk bekerja, terutama karena persaingan pekerjaan yang sangat ketat saat ini.

Pelatihan ini dapat diikuti semua kalangan baik yang memiliki sedikit pengalaman atau bahkan yang belum punya pengalaman sama sekali dalam bekerja.

Tujuan Pelatihan Prakerja

Pelatihan siap kerja bertujuan membantu kamu mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan agar bisa sukses di dunia kerja. Yuk simak beberapa tujuan dari pelatihan siap kerja:

1. Mempersiapkan Dokumen dan Wawancara Kerja yang Benar

Pelatihan siap kerja ini bisa membantu kamu membuat resume atau CV yang bagus sesuai keinginan perusahaan. Selain itu, kamu juga bakal dapat keterampilan baru buat menghadapi wawancara kerja dengan lebih percaya diri.

2. Mengembangkan Keterampilan Soft Skill

Selain itu, pelatihan kerja ini akan berfokus pada pengembangan soft skillmu sesuai dengan kebutuhan industri. Keterampilan yang akan dipelajari ini seperti komunikasi efektif, bekerja sama dalam tim, adaptabilitas, dan kepemimpinan dan akan membantumu lebih siap saat masuk di ranah profesional nantinya.

3. Melatih Keterampilan dalam Dunia Kerja

Pelatihan kerja ini bermanfaat banget karena kamu akan dapat keterampilan praktis yang berguna dalam pekerjaan sehari-hari. Jadi, baik secara mental dan fisik kamu, kamu sudah siap untuk bekerja sama dengan orang lain di tempat kerja.

Apa Saja Topik Dalam Training Siap Kerja?

Dalam proses training siap kerja, kamu akan dibekali banyak sekali pelajaran berharga. Mulai dari pengetahuan leadership hingga skill yang dibutuhkan untuk bisa diterima dalam sebuah perusahaan.

Skill ini bisa meliputi hard skill dan soft skill seperti learning adaptability, kecerdasan emosional, cara berpikir kreatif, skill berkomunikasi, time management. Topik-topik inilah yang dapat dipastikan sangat berguna untuk memudahkan kamu lebih siap dalam memasuki dunia kerja.

Baca juga : 5 Jenis Program Fresh Graduate Untuk Menunjang Kariermu!

Bagaimana Proses Training Siap Kerja?

Proses untuk bisa mengikuti kursus siap kerja sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mendaftarkan diri dalam sebuah lembaga pelatihan kerja yang menyediakan training tersebut. Tentunya, kamu hanya perlu memastikan bahwa lembaga pelatihan yang kamu pilih benar-benar berkualitas, seperti ALC Talent.

Jangan khawatir, sebab ALC Talent sudah memiliki kurikulum yang dibuat dengan Menentukan kebutuhan khusus peserta, termasuk keterampilan teknis dan soft skills yang perlu ditingkatkan.

Jadi, semua kurikulum program siap kerja ini dapat dengan mudah kamu pelajari dan dapat langsung dipraktekkan di tempat kerja nanti. Tak perlu khawatir soal waktu karena bootcamp siap kerja ini akan dilaksanakan 2 kali saja dalam seminggu dengan sistem online sehingga dapat jadi pilihan yang jauh lebih fleksibel.

Mengapa Anda Harus Mengikuti Pelatihan Siap Kerja?

Jika kamu masih cukup ragu untuk mengikuti jenis pelatihan kerja dari ALC Talent , maka berikut ini adalah beberapa alasan utama yang akan menguatkanmu untuk mengikuti program tersebut, diantaranya adalah:

1. Memiliki Skill yang Mumpuni untuk Memasuki Dunia Kerja

Tak bisa dimungkiri bahwa ada banyak orang yang gagal mendapat pekerjaan karena tak bisa bersaing dengan pelamar lainnya. Oleh karena itu, kamu perlu mempunyai keterampilan tertentu agar nantinya bisa terlihat lebih unggul. Inilah yang membantu kamu untuk lebih diprioritaskan dalam proses rekruitmen kerja.

2. Siap Untuk Memasuki Lingkungan Baru

Dunia kerja sangat jauh berbeda dengan dunia sekolah maupun perkuliahan. Tak heran jika banyak orang yang akhirnya tidak sanggup bertahan lama dalam lingkungan pekerjaannya. Hal inilah yang membuatmu perlu mengikuti training persiapan kerja karena kurikulum yang nantinya akan dipelajari adalah cara beradaptasi di lingkungan baru.

3. Kesempatan Kerja Yang Lebih Luas

Membangun hubungan dengan orang lain bisa membantu kamu mendapatkan pekerjaan. Melalui pelatihan siap kerja, kamu bisa kenal banyak orang dari berbagai wilayah dan latar belakang. Ini bisa membantu memperluas peluang kerjamu ke depannya.

Baca juga : 4 Manfaat Bootcamp Siap Kerja Dan Dampaknya Untuk Karir

4. Menjadi Kandidat Kompeten Bagi Perusahaan

Berbagai pengetahuan, pelajaran, hingga pengalaman menjadi jaminan yang akan kamu dapatkan usai mengikuti program pelatihan. Semua hal inilah yang akan menjadikan dirimu sosok yang berkualitas dan berkompeten dalam menghadapi dunia pekerjaan.

5. Memahami Apa Yang Harus Dilakukan Saat Masuk Lingkungan Pekerjaan

Tak sedikit orang yang kebingungan saat akan memasuki lingkungan pekerjaan. Namun jangan khawatir, karena melalui pelatihan siap kerja inilah kamu akan memiliki ruang untuk lebih memahami hal-hal yang perlu dilakukan saat nanti bekerja.

Dengan memahami tindakan dan sikap yang harus dilakukan dalam menghadapi berbagai masalah di lingkungan profesional, maka secara otomatis akan membuat dirimu dapat penilaian lebih dari atasan atau rekan bekerja nantinya.

Itulah informasi seputar pengertian, topik, proses, hingga alasan mengapa kamu penting ikut pelatihan siap kerja. Bagi kamu yang masih bingung memilih lembaga pelatihan, ALC Talent sudah menghadirkan program bootcamp siap kerja sebagai pilihan terbaik untuk mempersiapkan karirmu sedini mungkin.

Jangan khawatir, cara mengikuti pelatihan kerja ini juga cukup mudah karena semua kebutuhan tersebut sudah disediakan oleh ALC Talent.

Apalagi, kamu akan dibimbing langsung mulai dari nol hingga menjadi expert oleh seorang mentor profesional loh. So, tunggu apalagi? Yuk segera daftar diri sekarang sebelum kuotanya habis!

ALC Punya Program Khusus untuk Kamu yang Mau Cepat Kerja

Nаh, kalau kаmu mаu cepat kеrjа ѕеkаlіguѕ bangun karir lebih melesat, kаmu bіѕа mеngіkutі рrоgrаm bооtсаmр siap kеrjа ALC Talent.  

Kamu jadi punya pengalaman internship di top companies Indonesia. Dibimbing membuat CV menarik plus cara sukses wawancara.  Mendapat support penyaluran kerja. Belajar & konsultasi langsung dengan mentor expert. Plus punya sertifikat 12 skills ALC Talent yang membuatmu dicari banyak perusahaan. Detil klik banner dibawah ini ya.

Bootcamp Siap Kerja
  • 28/02/2024
  • 19.00-21.00
Detail Info