5 Jenis Program Fresh Graduate Untuk Menunjang Kariermu!

jenis program fresh graduate alc talent
Daftar isi

Saat ini kita semua tahu bahwa perusahaan terus mencari talenta terbaik. Oleh karena itulah, program fresh graduate ini bisa menjadi wadah bagi kamu para lulusan baru untuk mendukung perjalanan karirmu. Tentunya dengan lebih cepat dan efektif. Program ini menjadi peluang bagus bagi kamy yang ingin mengembangkan diri dalam dunia kerja. 

Bahkan sebuah studi dari University of Washington menyatakan bahwa sekitar 53 persen fresh graduate dari perguruan tinggi ternyata menganggur atau bekerja di pekerjaan yang tidak memerlukan gelar sarjana. Fakta ini menjadi salah satu bukti pentingnya program fresh graduate untuk para calon lulusan baru.

Jadi, dalam rangka untuk mendukung perjalanan awal ini, terdapat berbagai program yang dirancang khusus untuk membantu fresh graduate dalam mengasah keterampilan dan memperluas jaringan profesional mereka.

Oleh karena itulah, kita akan bahas dengan simpel tentang keuntungan program untuk lulusan baru. Tapi sebelumnya, yuk kita pahami dulu apa sih itu program fresh graduate itu?

Apa Pengertian Program Fresh Graduate?

Fresh Graduate Program adalah sebuah kegiatan yang dirancang khusus untuk kamu para lulusan baru dari perguruan tinggi. Tujuan program ini tentunya untuk membantu meningkatkan keterampilan fresh graduate sebelum benar-benar memasuki dunia kerja.

Program Fresh Graduate ini bertujuan untuk membantu kamu mengembangkan keterampilan profesional dan memahami dengan lebih baik industri atau sektor tertentu. Hal ini dilakukan melalui berbagai program yang kamu ikuti.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Wajib Mengikuti Pelatihan Siap Kerja

Apa Manfaat Mengikuti Program Untuk Fresh Graduate?

Tentunya, program fresh graduate memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari menambah pengetahuan, keterampilan, hingga pengalaman.

Ketika kamu sudah memiliki semua hal tersebut, kemampuanmu akan langsung meningkat. Ini membuatmu terlihat lebih baik meskipun baru saja lulus dari universitas. Ini dia beberapa keuntungan yang kamu dapatkan jika mengikuti program Fresh Graduate:

1. Mengembangkan Keahlian

Manfaat Program Fresh Graduate yang paling utama yaitu memberikanmu kesempatan untuk mengasah keterampilan praktis yang diperlukan dalam lingkungan kerja. Bahkan mungkin diantaranya tak bisa kamu dapatkan di kurikulum pendidikan formal.

Keahlian untuk fresh graduate yang didapatkan dalam program inilah yang akan membantumu semakin siap untuk masuk dunia kerja yang sesungguhnya.

2. Adanya Akses Mentoring dari Profesional

Program Fresh Graduate ini juga dapat menjadi salah cara mencari pekerjaan bagi lulusan baru yang telah terbekali oleh pengetahuan yang didapatkan langsung dari para profesional.

Sebab dalam program inilah, kamu dapat memiliki akses mentoring oleh para profesional berpengalaman supaya bisa mengembangkan karir yang lebih berkualitas.

3. Pemahaman Industri yang Mendalam

Terakhir, kamu juga akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang industri atau sektor tertentu agar semakin siap menghadapi dunia kerja profesional.

Tentunya, program ini akan sangat membantu para lulusan baru dalam menentukan jalur karir yang sesuai dengan minat dan keahlian.

Pada akhirnya, jika kamu sudah dinilai berkualitas, maka peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan juga akan lebih besar. Perkembangan kariermu juga akan lebih baik dibandingkan dengan lulusan baru lainnya yang hanya memiliki pengetahuan dari kuliah saja. Nah, jadi apa saja program untuk lulusan baru yang bisa kamu ikuti?

Jenis Program Fresh Graduate Yang Perlu Diikuti

Di zaman sekarang yang penuh teknologi dan globalisasi, bagi lulusan baru, pindah dari dunia perkuliahan ke dunia kerja bisa jadi tantangan.

Untuk mempersiapkan dirimu dan mengoptimalkan potensimu, ada beberapa program khusus untuk kamu fresh graduate. Membantu kamu membangun keterampilan, meningkatkan kompetensimu, dan memberikan pengalaman berharga di dunia kerja. Apa aja sih program fresh graduate? Yuk simak!

1. Program Internship

program internship alc talent

Internship atau magang adalah program yang direkomendasikan bagi kamu yang baru lulus kuliah. Meski program ini biasanya juga sudah kamu lakukan saat menjadi mahasiswa, tapi jika kamu perhatikan lebih lanjut ada banyak perusahaan yang menyediakan program magang fresh graduate loh!

Selain untuk menambah ilmu dan pengalaman, sejumlah perusahaan yang membuka program magang fresh graduate biasanya memberikan insentif. Bahkan, tak sedikit peserta magang berkesempatan untuk diangkat menjadi karyawan tetap. jadi, pastikan saat magang kamu menjalani tugasmu sebaik-baiknya agar dapat penilaian plus, ya.  

2. Fresh Graduate Development Program 

Kamu sudah tahu belum fresh graduate development program itu apa? Nah, sebenarnya program ini dilakukan agar kamu para lulusan baru bisa terbantu dalam mengembangkan karier. Menariknya, program ini tidak hanya sekadar berfokus pada pemberian materi berupa teori saja. Lebih dari itu, program pengembangan ini turut mengajarkan praktik nyata. Biasanya, kamu akan mendapat pelatihan, mentoring, hingga pengalaman kerja yang berharga untuk menunjang kariermu nantinya.

Bahkan jangan kaget jika banyak lowongan fresh graduate di berbagai perusahaan besar yang membuat program ini sebagai persiapan talenta baru untuk mengisi posisi penting dalam perusahaan mereka.

3. Program Job Rotation

Job rotation menjadi salah satu program untuk fresh graduate yang sangat sayang jika dilewatkan. Hal itu karena program tersebut akan membantu para lulusan baru untuk memilih pekerjaan atau karier yang paling cocok dengan dirinya. Nyatanya, tak sedikit fresh graduate yang justru kebingungan merencanakan kariernya.

Nah melalui program ini, kamu akan mendapat kesempatan untuk mencoba melakukan berbagai pekerjaan. Dari sanalah nantinya kamu bisa menemukan bidang pekerjaan terbaik yang paling sesuai dengan minat dan bakatmu. Selain itu, job rotation juga bermanfaat untuk memperluas wawasan dan pengalaman. Sebab, kamu akan diminta untuk bisa melakukan berbagai jenis tugas dalam kurung waktu tertentu.

Baca juga : 4 Manfaat Bootcamp Siap Kerja Dan Dampaknya Untuk Karir

4. Bootcamp Siap Kerja

Bootcamp siap kerja termasuk solusi bagi para fresh graduate agar bisa langsung kerja setelah lulus kuliah. Nyatanya, percuma saja jika kamu sudah mempunyai rencana karier yang matang, tapi kamu tak kunjung mendapat kesempatan untuk bekerja.

Dari bootcamp inilah kamu akan mendapat bimbingan langsung soal pekerjaan dari seorang mentor profesional. Kualitas dirimu pun dijamin bisa mengalami peningkatan usai mengikuti program ini. Jadi kamu dapat tampil unggul dan bersaing dibandingkan kandidat lainnya saat mendaftar di lowongan pekerjaan fresh graduate.

5. Freelance

Menjadi seorang freelancer adalah salah satu pekerjaan yang cocok untuk fresh graduate. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan tanpa harus merasa terikat pada satu tempat kerja saja. Artinya, selama kamu merasa mampu, maka kamu bebas mengambil pekerjaan sebanyak apapun dari berbagai perusahaan.

Jenis pekerjaan ini juga membuatmu lebih leluasa karena kamu bisa menentukan jam kerjamu sendiri. Kamu
pun bisa memilih pekerjaan freelance sesuai dengan keterampilan yang kamu miliki. Misalnya kamu pandai berbahasa asing, maka kamu bisa coba mengambil pekerjaan sebagai freelance translator.

Itulah manfaat dan jenis program fresh graduate yang bisa kamu coba untuk menunjang kariermu. Khusus untuk program bootcamp siap kerja, kamu bisa ikuti pembelajaran dari ALC Talent. Tak hanya dapat bekal ilmu, ALC Talent juga sudah menyediakan program internship online bagi para peserta. Jadi, tunggu apalagi? Yuk langsung daftarkan dirimu segera!

ALC Punya Program Untuk Membangun Karakter Anak Anda

Nаh, kalau kаmu mаu cepat kеrjа ѕеkаlіguѕ bangun karir lebih melesat, kаmu bіѕа mеngіkutі рrоgrаm bооtсаmр siap kеrjа ALC Talent.  

Kamu jadi punya pengalaman internship di top companies Indonesia. Dibimbing membuat CV menarik plus cara sukses wawancara.  Mendapat support penyaluran kerja. Belajar & konsultasi langsung dengan mentor expert. Plus punya sertifikat 12 skills ALC Talent yang membuatmu dicari banyak perusahaan. Detil klik banner dibawah ini ya.

Bootcamp Siap Kerja
  • 29/06/2024
  • 19.00-21.00
Detail Info