5 Manfaat Pendidikan Karakter Anak dan Cara Mewujudkannya

seorang ibu dan anak perempuannya sedang tersenyum
Daftar isi

Pendidikan karakter menjadi salah satu kunci untuk membentuk akhlak mulia pada anak, ya. Hal itu pun menjadi tanggung jawab semua orang, khususnya orang tua. Sebab pola asuh orang tua tentu akan berperan besar dalam pembentukan karakter anak.

Artikel ini memuat tentang manfaat pendidikan karakter dan cara mewujudkannya. Namun, yuk pahami terlebih dahulu mengenai definisi pendidikan karakter.

Apa Pengertian Pendidikan Karakter?

Pendidikan karakter adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan nilai-nilai tertentu agar anak dapat menjadi pribadi yang berkarakter. Selain membentuk karakter, tujuan dan manfaat pendidikan karakter lainnya yaitu untuk menanamkan sejumlah keterampilan sehingga anak bisa tumbuh sebagai pribadi yang unggul.

Apa Saja Manfaat Pendidikan Karakter Bagi Anak?

Pendidikan karakter perlu diajarkan sedini mungkin. Hal itu sesuai dengan penjelasan sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Brighton College Singapore bahwa pendidikan karakter harus diperkenalkan kepada anak sejak usia muda. Sebab nilai-nilai yang diajarkan kepada anak sejak kecil akan berpengaruh terhadap karakternya kelak.

Terkait hal itu, maka apa saja sih manfaat yang diperoleh dari pendidikan karakter? Simak jawabannya di sini, yuk!

1. Mengetahui Etika Baik dan Buruk

Dalam kehidupan sehari-hari terkadang anak berperilaku seenaknya karena memang mereka belum begitu memahami mengenai perbedaan etika baik dan buruk. Nah melalui pendidikan karakter, anak dilatih untuk bersikap terpuji. Anak juga diajar mengenai contoh-contoh sikap buruk yang harus mereka hindari.

Baca juga : 6 Cara Mendidik Anak Yang Perlu Orang Tua Terapkan

2. Menyadari Tugas dan Peran

Kemandirian merupakan salah satu sikap yang ditanamkan dalam pelatihan pendidikan karakter. Nyatanya, sikap mandiri akan menimbulkan kesadaran pada diri anak untuk melakukan tugas dan perannya. Mereka pun tidak lagi harus selalu diingatkan oleh orang tua karena dalam dirinya sudah ada rasa kemandirian.

3. Menghargai Orang Lain

Salah satu manfaat pendidikan karakter bagi generasi muda adalah anak dapat menjadi sosok yang memiliki rasa kepedulian. Hal itulah yang membuat mereka lebih menghormati dan menghargai orang lain. Kondisi tersebut akhirnya berdampak positif dalam menciptakan hubungan yang harmonis, baik dalam keluarga maupun di lingkungan masyarakat.

4. Bijak Dalam Mengambil Keputusan

Pendidikan karakter tidak hanya sekadar membuat anak berani mengambil keputusan melainkan juga mampu memastikan bahwa keputusan yang diambil adalah keputusan terbaik. Hal itu terjadi karena dalam pengembangan karakter anak juga diajarkan untuk bersikap bijak.

5. Berani Bertanggung Jawab

Nilai-nilai tanggung jawab perlu diajarkan sejak kecil agar saat tumbuh dewasa anak tidak menjadi sosok yang mudah lepas tangan terhadap tugasnya. Saat melakukan suatu kesalahan anak pun tetap berupaya mencari solusi dan tidak akan pernah berusaha lari dari hal yang sudah menjadi tanggung jawabnya.

Bagaimana Cara Orang Tua Mewujudkan Pendidikan Karakter?

Sekarang Anda tentu sudah jauh lebih paham tentang manfaat dan pentingnya pendidikan karakter, kan? Nah lalu bagaimana sih cara mewujudkan pendidikan karakter tersebut? Simak di sini, ya!

1. Mengajarkan Nilai-nilai Kebaikan

Cara membentuk karakter dapat dimulai dengan mengajarkan anak mengenai nilai-nilai kebaikan. Orang tua perlu memberikan penjelasan mengenai pentingnya bersikap baik sekaligus penjelasan tentang konsekuensi bersikap buruk. Hal itu agar anak terdorong untuk berperilaku terpuji dan sebisa mungkin menghindari segala perilaku yang tercela.

Baca juga : 5 Karakter Dasar Yang Wajib Anak Anda Miliki

2. Menunjukkan Contoh Teladan

Tak hanya mengajarkan, Anda juga perlu menunjukkan contoh nyata dari nilai-nilai kebaikan. Nyatanya, anak sering mencontoh hal yang dilakukan orang tuanya, kan? Nah maka orang tua perlu lebih berhati-hati dalam bersikap. Jangan sampai karakter anak menjadi buruk disebabkan karena melihat orang tuanya sendiri.

3. Memberikan Penghargaan

Penghargaan menjadi salah satu cara untuk mendorong anak berperilaku baik. Setidaknya orang tua perlu menyampaikan pujian atas sikap baik anak. Hal itu untuk memberikan kesan pada diri anak bahwa tindakan mereka disukai oleh orang tua sehingga mereka berupaya untuk terus melakukannya. Pada akhirnya hal itu pun bisa menjadi suatu kebiasaan.

Nah itulah informasi seputar manfaat pendidikan karakter dan cara mewujudkannya. Terkait hal itu, pas banget nih ada program dari ALC Talent yang bertujuan untuk membentuk karakter pada diri anak. Mau tahu lebih lanjut mengenai programnya? Cek di bawah ini, ya!

ALC Punya Program untuk Membangun Karakter Anak Anda

Detail info