Motivasi Belajar Anak Anda Turun? Yuk Lakukan 6 Langkah Ini!

motivasi belajar anak

Daftar Isi

Motivasi Belajar Harus Ditingkatkan agar Anak Semangat, Simak Caranya!

Motivasi belajar merupakan hal yang utama. Ketika kita mengukir prestasi di sekolah tentunya ini menjadi “bahan bakar”, bagi tiap anak bukan?

Namun, adakalanya rasa malas dan jenuh datang menghantui. Membuat semangat belajar anak menjadi menurun. Anak terkadang malas belajar. Ya, sebagian dari mereka pasti pernah mengalaminya. Terlebih lagi, di masa pandemi seperti saat ini, di mana sebagian pembelajaran dialihkan secara online.

Meski begitu, jangan biarkan ini berlarut-larut, ya. Sebab, si Kecil harus belajar demi meraih cita-cita yang diinginkan.

Seperti kata pepatah “siapa yang bersungguh-sungguh, maka dia akan mendapat kesuksesan”. Maka dari itu, jika ingin meraih semua tujuan, Anak Anda pun harus berusaha semaksimal mungkin.

Lalu, bagaimana sih cara meningkatkan semangat belajar pada diri anak, termasuk di masa pandemi? Simak di bawah ini, yuk!

Apa itu motivasi belajar?

motivasi belajar adalah

Motivasi belajar adalah suatu dorongan dari dalam diri seseorang untuk mencapai tujuan dalam belajar, baik itu mengenai pemahaman materi ataupun pengembangan belajar.

Sementara itu, motivasi belajar menurut para ahli adalah segala usaha di dalam diri sendiri yang menimbulkan kegiatan belajar dan menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar serta memberi arah pada kegiatan belajar. Sehingga, tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. 

Pengertian lain dari semangat belajar adalah kecenderungan yang dimiliki oleh para siswa dalam melakukan segala kegiatan. Dalam hal ini, belajar, yang mana kegiatan belajar didorong oleh hasrat untuk mencapai prestasi dan hasil dengan sebaik mungkin.

Ada 4 indikator dorongan anak untuk belajar:

– Ketekunan dalam menghadapi tugas

– Ulet dalam menghadapi kesulitan

– Menunjukkan minat

– Senang bekerja secara mandiri

Mengapa motivasi belajar bisa turun?

Pandemi yang terjadi nampaknya juga memengaruhi metode pembelajaran. Sebelum pandemi, biasanya kita belajar secara tatap muka. Akan tetapi, setelah datangnya pandemi COVID-19, pembelajaran sebagian besar dilakukan secara online alias daring.

Perubahan tersebut membawa dampak bagi para siswa. Ketika di sekolah, siswa mungkin saja akan lebih semangat belajar karena bertemu dengan teman-temannya. Eh tapi kok, ketika belajar secara online di rumah, kemauan belajar justru menurun ya?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan semangat belajar siswa menurun ketika melakukan pembelajaran daring, beberapa di antaranya adalah suasana yang berbeda dan lingkungan yang kurang kondusif.

Baca Juga : 5 Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri di Lingkungan Baru, Catat Ya Ma!

Selain itu, studi pun menunjukkan alasan lain mengapa motivasi anak untuk belajar menurun. Studi ini dilakukan oleh Carnage Mellon University, yang menunjukkan bahwa salah satu penyebab anak-anak kehilangan semangat belajar adalah karena mereka tidak yakin apakah usaha yang dilakukan berhasil atau tidak.

3 cara meningkatkan Semangat belajar di masa pandemi

Ketika semangat belajar anak di masa pandemi menurun, ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan. Apa saja? Cari tahu di sini, ya!

Pertama, jelaskan tujuan belajar

Agar motivasi dalam belajar tidak menurun selama pembelajaran daring, kita bisa memberikan pemahaman kepada anak mengenai tujuan utama dari belajar itu sendiri.

Kedua, jangan menunda belajar

Menunda untuk mengerjakan tugas juga bisa menyebabkan semangat belajar menurun. Tapi sebaiknya, hindarilah hal ini, ya. Sebab, ini malah bisa membuat anak menjadi lelah secara emosional, bahkan sebelum belajar dimulai.

Ketiga, buat media pembelajaran menjadi lebih kreatif

Media pembelajaran yang kreatif seperti video berbentuk animasi bisa menjadi daya tarik sekaligus menjadi motivasi bagi siswa ketika belajar online.

Berikut 6 cara meningkatkan Motivasi belajar pada diri anak

Menumbuhkan motivasi dan semangat belajar pada anak memang tidak mudah. Namun, bukan berarti ini hal yang mustahil. Kuncinya adalah kemauan dalam diri sendiri. Yuk, intip 6 cara meningkatkan motivasi untuk belajar di bawah ini!

Pertama, catat alasan mereka untuk belajar

Cara meningkatkan motivasi belajar ini memang terdengar sepele, tapi bisa memberikan dampak yang besar, lho. Dengan mencatat alasan mengapa mereka belajar, semangat belajar anak bisa kembali hadir apabila mereka sedang dalam situasi jenuh dan bosan.

Kedua, ingatkan kepada mereka apa yang dicita-citakan

Setiap orang memiliki keinginan dan cita-cita. Namun untuk menggapainya, diperlukan usaha dan kerja keras. Segala sesuatu tentunya tidak ada yang instan.

Ketiga, jangan biarkan mereka melarikan diri untuk belajar

Jika ini dilakukan secara terus-menerus, mereka akan sulit untuk mengembangkan wawasan dan kemampuan. Secara emosional, melarikan diri lebih menguras tenaga.

Keempat, buat jadwal belajar

Untuk meningkatkan motivasi dan membuat anak lebih semangat belajar, Mama juga bisa membantu mereka dengan membuat jadwal belajar sendiri. Misalnya saja, kapan waktu untuk mengerjakan tugas dan kapan waktunya untuk beristirahat.

Kelima, minta mereka belajar bersama teman

Anak pasti bosan jika terus-menerus belajar sendiri. Untuk meningkatkan motivasi semangat belajar, biarkan mereka belajar bersama teman-temannya. Seperti, membuat forum diskusi dan kelompok belajar.

Keenam, hargai segala pencapaian mereka

Kita harus menghargai atau mengapresiasi mereka sendiri atas kerja keras dan usaha yang sudah dilakukan selama belajar. Selain bisa membantu tetap termotivasi, cara ini juga bisa meningkatkan kecerdasan mereka.

Baca Juga Inilah 5 Cara Belajar Efektif dan Efisien Agar Anak Anda Tidak Mudah Lupa

Kata-kata yang memacu semangat belajar

Sekarang Mama sudah tahu kan, pentingnya motivasi belajar? Agar semakin semangat, ada beberapa kata-kata motivasi untuk anak atau istilah kerennya quotes penyemangat belajar, nih. Catat dan kasih tahu mereka, ya Ma!

“Education is the key to unlocking the world, a passport to freedom” – Oprah Winfrey

“Hiduplah seakan-akan kamu akan mati besok, belajarlah seakan-akan kamu hidup untuk selamanya” – Mahatma Gandhi

“Saya tidak pernah bermimpi untuk sukses. Tapi, saya bekerja untuk itu” – Estee Lauder

“Apa pun yang orang lain katakan, tetaplah belajar dan bekerja keraslah untuk mencapai kesuksesan” 

“Kesuksesan seseorang itu berbanding lurus dengan kemauannya untuk belajar, bangkit, dan mencoba”

Nah, itulah berbagai cara meningkatkan semangat belajar. Belajar merupakan salah satu pintu untuk menuju kesuksesan anak. Oleh karenanya, tingkatkan semangat belajar mereka mulai dari sekarang, yuk!

Mau semangat belajar anak lebih meningkat lagi? Pas banget nih. ALC Talent ada program khusus meningkatkan motivasi anak dalam belajar melalui pendidikan karakter anak. Namanya Leadership for Kids and Teens. Langsung aja yuk kepoin selengkapnya di bawah ini.

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di