5 Cara Meningkatkan Motivasi Anak yang Wajib Anda Ketahui

motivasi anak alc talent

Daftar Isi

Motivasi Anak Harus Tetap Ditingkatkan, Simak Cara Memotivasinya Yuk

Setiap orang tua menginginkan anaknya untuk sukses, baik sukses dalam pendidikan maupun dalam perkembangannya. Selain memberikan pendidikan sejak usia dini, Anda juga perlu memberikan motivasi pada anak agar ia bisa tumbuh seperti apa yang diharapkan.

Akan tetapi, sifat anak cenderung mudah jenuh dan bosan. Hal ini bisa menyebabkan motivasi anak pun menjadi naik dan menurun, terutama dalam belajar.

Ketika hal tersebut terjadi, Anda mungkin kebingungan. Pasalnya, belajar merupakan kunci dari kesuksesan. Belajar bukan hanya soal akademik saja, tapi juga bagaimana si Kecil bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Meskipun begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Baik motivasi belajar hingga untuk mengembangkan dirinya. Apa saja? Intip di bawah ini, yuk!

Apa yang Dimaksud dengan Motivasi?

Dilansir dari Very Well Mind, motivasi adalah suatu proses untuk membimbing dan mempertahankan perilaku yang berorientasi pada tujuan. Secara singkat, pengertian motivasi yakni dorongan yang timbul pada diri seseorang, baik secara sadar ataupun tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan guna mencapai tujuan.

Motivasi melibatkan kekuatan biologis, emosional, sosial, ataupun kognitif untuk mengubah perilaku. Dengan kata lain, motivasi adalah kekuatan pendorong di balik suatu tindakan.

Lalu, siapa saja yang bisa memberikan motivasi pada anak? Orang tua memiliki peranan utama dalam pendidikan anak, baik pendidikan karakter ataupun akademik. Di sinilah, orang tua juga turut menjadi seorang motivator dalam memberikan motivasi untuk anak, baik motivasi anak untuk belajar atau pengembangan diri.

Baca juga: Inilah 5 Cara Ampuh Membentuk Karakter Anak Sejak Dini

Pentingnya Motivasi untuk si Kecil

Dalam kehidupan, motivasi itu sangat diperlukan. Tak hanya bagi orang dewasa saja, tetapi juga bagi anak-anak. Lalu, mengapa motivasi penting? Motivasi adalah sebuah dorongan. Ini merupakan kekuatan yang membuat si Kecil terus maju bahkan ketika ia menghadapi sesuatu yang sulit.

Menurut Ruby Park Public School, semangat motivasi juga merupakan suatu kebutuhan dalam diri anak-anak untuk belajar pada semua aspek dalam kehidupan. Memberikan motivasi untuk anak pada usia dini bisa membantu mereka belajar mengambil lebih banyak tanggung jawab dan menikmati pembelajaran kreatif di sepanjang kehidupan.

Sebaliknya, ketika si Kecil kurang memiliki motivasi atau bahkan motivasi menurun , ini bisa membuatnya menjadi lebih tertutup dan memengaruhi perilaku beserta psikologisnya.

Bagaimana Cara Memotivasi Anak-anak?

Upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dan pengembangan diri si Kecil bisa dilakukan dengan beberapa cara. Nah, berikut ini adalah cara efektif meningkatkan motivasi anak usia dini menurut Pusat Pengembangan Anak Universitas Harvard

Pertama, ikuti petunjuk yang diberikan si Kecil

Secara alami, anak-anak berorientasi pada objek dan peristiwa baru. Ketika berinteraksi dengan anak, Anda perlu memerhatikan apa yang mereka perhatikan. Kemudian, libatkan ia pada apa yang diminatinya.

Kedua, tantang anak untuk mencapai tujuannya

Biasanya, anak-anak akan termotivasi untuk bekerja menuju tujuan yang ingin ia capai. Namun demikian, motivasi anak bisa menurun ketika tugas yang dikerjakan terlalu mudah ataupun terlalu sulit.

Sebaiknya, cobalah untuk mengadaptasi tantangan sesuai dengan kemampuannya. Lalu, berikanlah feedback untuk kinerjanya.

Ketiga, tumbuhkan rasa percaya diri dan berani untuk mengeksplorasi

Cara meningkatkan motivasi belajar anak lainnya yakni Anda juga perlu memberikan kesempatan eksplorasi bagi tumbuh kembangnya. Anak-anak sangat suka bermain, maka cara termudahnya adalah eksplorasi dalam permainan.

Tanpa disadari, bermain bisa memberikan ia pengalaman baru dan belajar dari orang lain, melibatkan ia secara aktif, hingga memperkuat ikatan sosial. Ini adalah aspek penting dari pembelajaran dan perkembangannya.

Keempat, biarkan mereka memilih tujuannya

Anak-anak cenderung lebih termotivasi ketika ia dapat memilih untuk mengejar tujuan dan apa yang diinginkannya.

Kelima, hargai segala prosesnya

Motivasi orang tua untuk anak juga bisa diberikan dengan cara menghargai setiap pembelajaran yang dilakukan. Ketika Anda memberikan pujian atas usaha yang dilakukan, si Kecil akan lebih temotivasi untuk mencapai lebih banyak tujuan. Ingat, fokuslah pada usaha dibandingkan dengan hasilnya.

Baca juga: Inilah 5 Cara Belajar Efektif dan Efisien Agar Anak Anda Tidak Mudah Lupa

Kata-kata Motivasi untuk Anak

Dalam setiap pembelajaran, orang tua harus selalu memberikan bimbingan. Sehingga, nantinya si Kecil bisa tumbuh menjadi pribadi yang diharapkan oleh Anda. Berikut ini adalah beberapa kata-kata bijak yang bisa diberikan oleh Anda untuk memotivasi anak.

– Tetapkan tujuan, tantang diri Anda, dan capai tujuan tersebut. Hiduplah dengan sehat dan hitunglah setiap waktu yang Anda miliki. Bangkitlah mengatasi rintangan dan fokus pada hal-hal yang positif – Robbert H. Goddard

– Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga – Albert Einstein

– Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Namun, pastikan agar tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali – Akio Morit

– Seorang juara hanyalah seseorang yang tidak menyerah saat mereka menginginkannya

– Mimpi tidak pernah menyakiti siapa pun jika Anda terus bekerja tepat di belakang mimpi itu untuk mewujudkannya semaksimal mungkin

Nah, itulah berbagai cara meningkatkan motivasi belajar dan pengembangan diri pada anak. Meskipun terdengar mudah, namun nyatanya Anda harus konsisten dalam menerapkan cara efektif tersebut. Kembali lagi, ini dilakukan agar semangat motivasi anak terus tumbuh dan meningkat.

Jika Anda ingin motivasi anak terus menyala, pas banget nih. ALC Talent ada program khusus untuk meningkatkan motivasi anak. Namanya Leadership For Kids and Teens. Simak langsung detailnya di bawah ini yuk!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 22/10/2022
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 22/10/2022
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di