Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Ampuh Mengatasi Anak Malas Belajar

anak malas belajar alc talent

Daftar Isi

Anak Malas Belajar Bisa Disebabkan oleh Berbagai Faktor. Salah Satunya Gaya Belajar yang Tidak Tepat

Ya, Belajar adalah salah satu cara untuk mencapai kesuksesan. Dengan belajar, kita bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang berguna dalam kehidupan. Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson  Mandel pun pernah mengatakan bahwa “pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia”.

Artikel ini akan membahas beragam cara untuk meningkatkan semangat anak yang malas belajar. Pasalnya, belajar itu sangat penting. Tidak mengenal usia, baik anak-anak hingga orang dewasa bisa mendapatkan manfaat dari belajar.

Namun demikian, rasa malas dan jenuh terkadang menghantui kita pada saat belajar. Terlebih lagi bagi anak-anak. Jika hal tersebut terjadi, ini bisa membuat orangtua kebingungan untuk menghadapinya.

Maka dari itu, penting bagi para orangtua untuk mengetahui penyebab dan solusinya. Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Cara Mendidik Anak untuk Jujur, Tanggung Jawab, Mandiri dan Percaya Diri

Apa yang Menyebabkan Anak bosan Belajar?

Anak susah belajar tentu saja bisa membuat Anda khawatir dengan performanya di sekolah. Terlebih lagi, saat ini pembelajaran lebih banyak dialihkan secara online. Perubahan tersebut juga bisa menyebabkan anak jenuh.

Ketika anak malas belajar, pada sebagian kasus orang dewasa akan menakut-nakuti mereka bahwa bisa membuatnya menjadi anak bodoh.

Namun demikian, ketika ini terjadi sebaiknya hindarilah untuk menyalahkan atau bahkan memarahinya. Apalagi, langsung memberinya label sebagai anak malas dan bodoh. Pasalnya, hal tersebut bisa memengaruhi mental si Kecil.

Pada dasarnya, ada berbagai faktor yang bisa menjadi penyebab anak malas belajar

– Tidak cocok dengan gaya belajar

– Mata pelajaran terlalu sulit

– Materi terlalu mudah bagi mereka. Sehingga, si Kecil tidak menemukan tantangan dalam mengerjakannya

– Lingkungan belajar yang tidak mendukung dan kurang kondusif

– Anak mengalami burnout

– Ekspektasi orangtua yang terlalu tinggi

– Kurang menganggap penting kegiatan belajar

Lantas, Apa Dampaknya Bagi Mereka?

Sebelum mengetahui dampak, Ciri utama anak jenuh dalam belajar adalah terlalu banyak bersantai, banyak menatap layar televisi atau bermain media sosial, sering mengulur waktu untuk mengerjakan tugas, atau bahkan sering memberi alasan ketika Anda menyuruhnya belajar.

Jika dibiarkan, kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa membuat anak menjadi malas. Adapun dampak lainnya adalah:

– Anak yang malas belajar akan menjadi sulit untuk mengikuti pelajaran yang diberikan di sekolah

Kepercayaan diri anak bisa menurun

– Kurangnya akan pengetahuan

– Kesulitan ketika ujian. Sehingga, anak berisiko untuk menyontek

– Berisiko tidak naik kelas

Sebuah studi yang dilakukan oleh Don State Technical University, Rusia juga menjelaskan bahwa siswa yang memiliki prestasi akademik rendah cenderung malas dan suka menunda-nunda dalam belajar. Kemalasan juga dikaitkan dengan kurangnya minat.

Baca Juga: Motivasi Belajar Anak Anda Turun? Lakukan 7 Langkah Ini Yuk!

5 Cara Mengatasi Anak Yang Malas Belajar

Setiap orangtua pastinya menginginkan anak menjadi pintar dan berprestasi. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa rasa malas terkadang bisa datang secara tiba-tiba. Sehingga, anak menjadi malas untuk belajar.

Apabila hal tersebut sedang dialami si Kecil, tak perlu khawatir. Anda bisa menghadapinya dengan tips ampuh seperti dilansir dari laman Oxford Learning berikut ini!

Pertama, cari tahu penyebab anak malas belajar

Seperti yang diketahui bahwa ada berbagai faktor penyebab mengapa mereka malas. Baik itu membaca, menulis, atau mengerjakan tugas. Mencari tahu akar penyebabnya bisa membantu Anda untuk mengetahui cara efektif mengatasinya.

Kedua, gunakan teknik yang berbeda

Setiap anak memiliki metode yang berbeda dalam belajar. Sebaiknya, cobalah gunakan gaya belajar yang berbeda untuk mengetahui metode belajar yang tepat bagi si Kecil. Sebab, metode yang salah justru bisa membuatnya frustasi.

Ketiga, buat lingkungan belajar senyaman mungkin

Ruang yang tenang dan bebas gangguan bisa membuat si Kecil lebih fokus untuk belajar. Mama juga bisa menyiapkan makanan dan minuman ketika anak merasa lapar pada saat belajar. Tak ketinggalan, pastikan alat belajarnya sudah memadai, ya.

Keempat, buat jadwal belajar

Agar kegiatan belajar bisa lebih terarah, Anda bisa melibatkan anak untuk membuat rencana belajar. Diskusikan dengan si Kecil kapan tugas harus diselesaikan, tugas apa saja yang harus diprioritaskan, dan tentukan waktu istirahat saat belajar.

Kelima, jangan membuat anak stres

Menekan anak yang malas belajar untuk terus-menerus mengerjakan tugas bisa membuatnya merasa tertekan. Untuk menghindari hal tersebut, komunikasi yang baik antara orangtua dan anak sangat diperlukan.

Selalu pastikan, setelah kegiatan belajar selesai atau pada saat istirahat anak memiliki kegiatan positif untuk mengurangi stres. Misalnya, saja mereka bisa mendengarkan musik, menggambar, atau bahkan sekadar berjalan-jalan.

Anak malas belajar memang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orangtua. Akan tetapi, Anda bisa mengatasinya dengan berbagai tips ampuh yang sudah disebutkan di atas. Jangan lupa juga berikan nasehat untuk anak yang malas belajar ya, Ma.

Untuk meningkatkan semangat anak lebih on lagi, ALC Talent ada program khusus meningkatkan karakter anak nih, Ma. Namanya Leadership for Kids and Teens. Yuk langsung kepoin aja programnya di bawah!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di