Anak Sering Takut? Begini Cara Ampuh Mendidik Anak Pemberani

cara membentuk anak pemberani

Daftar Isi

Anak Pemberani Adalah Dambaan Orang Tua. Apa Saja Sih ang Bisa Kita Lakukan Untuk Membentuknya?

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya tumbuh menjadi anak tidak percaya diri. Maka sebagai orang tua harus mempersiapkan anaknya agar tumbuh menjadi anak mandiri, percaya diri dan pemberani.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mendidik anak pemberani, yuk disimak Ma! Menurut Eileen Kennedy Moore, anak pemberani bukan berarti tidak memiliki rasa takut. Melainkan ia mampu melakukan sesuatu meskipun dalam keadaan takut.

Sebelum membahas bagaimana cara mendidik anak pemberani, kita akan bahas apa penyebab anak menjadi penakut terlebih dahulu ya Ma.

Apa penyebab anak menjadi penakut?

Anak akan tumbuh sesuai dengan didikan dari orang tua. Sekarang, yuk kita tanya lagi kepada diri kita jika si Kecil memiliki sikap penakut. Apakah mereka dirundung di sekolah? Atau bisa jadi kita sebagai orang tua terlalu keras mendidik mereka? Seperti yang kita tahu, mengancam anak juga tidak baik loh, Ma. Jangan mengancam jika mereka tidak mau makan, atau memarahi saat nilainya turun. Tetapi berikan pengertian dan apa dampaknya. Dengan begitu, anak akan mulai berani. Yuk kita biasakan, Ma!

Untuk menghindari hal yang membuat anak takut yuk cari tahu bagaimana cara mendidik anak pemberani.

Baca juga: 5 Cara Efektif Menghadapi Anak Hiperaktif, Perhatikan Ya Ma! 

5 Cara Ampuh Mendidik Anak Lebih Berani

Pertama, beri pengertian apa itu berani

Jika Anda ingin si kecil menjadi pemberani, maka sebagai orang tua kita wajib memberi contoh berani itu seperti apa. Contoh kecil seperti berani menegur seseorang yang menyelak antrian atau bisa juga berani meminta maaf jika berbuat salah.

Kedua, selalu berikan dukungan

Cara anak lebih berani selanjutnya adalah selalu memberi dukungan di setiap hal yang dilakukannya. Ketika anak memiliki ketertarikan, dukungan sekecil apapun akan sangat berharga bagi si Kecil. Contoh ketika anak dihadapi untuk melakukan presentasi di depan kelas, beri ia dukungan dan lati   h anak untuk berani berbicara di depan umum.

Ketiga, ajak anak untuk bersosialisasi

Cobalah untuk mengajak anak bersosialisasi, agar anak terbiasa bertemu orang yang berbeda-beda. Jika Anda bingung harus dimulai darimana, ajaklah sesekali berkumpul dengan saudara, kerabat atau teman-teman. Dengan begitu akan memulai dan mendorong anak menjadi pemberani.

Keempat, beri tantangan dan pujian

Selanjutnya untuk mendidik anak lebih percaya diri yaitu dengan memberi tantangan agar si kecil berani melakukan hal-hal baru. Tapi jangan lupa selalu beri pujian setelah anak melakukan tantangannya. Misalnya seperti berani membayar ke kasir saat selesai berbelanja, lalu berikan pujian atas tindakan beraninya hari itu.

Kelima, bangun kepercayaan diri

Anak cerdas dan pemberani biasanya didasari dari sikap yang percaya diri, oleh karena itu penting untuk membangun kepercayaan diri pada anak. Melatih anak percaya diri dari hal-hal kecil dengan begitu anak terbiasa mendapat apresiasi dan pujian. Selanjutnya kamu bisa berikan kepercayaan pada anak untuk mengerjakan sesuatu sendirian, hal itu akan membuat anak merasa dipercaya oleh orang tuanya.

Baca juga: Kenali 4 Tipe Kepribadian Anak yang Wajib Orang Tua Ketahui!

Sikap orang tua yang menghalangi anak pemberani

Wajar jika orang tua memiliki kekhawatiran terhadap anak, namun jangan terlalu berlebihan dalam mengkhawatirkan dan melarang anak. Sebab jika anak terlalu banyak dilarang akan membuatnya menjadi tidak berkembang.

Hindari beberapa sikap di bawah ini yang membuat anak menjadi penakut nih Ma!

– Merasa anak harus selalu berada dalam situasi yang nyaman dan aman

– Terlalu membesar-besarkan bahaya

– Jangan pula membesar-besarkan kesalahan yang anak perbuat

– Sering menakut-nakuti anak tentang segala hal

– Selalu ingin di dekat anak disetiap kondisi

– Tidak membiarkan anak mengerjakan sendiri

Secara tidak sadar perilaku tersebut dilakukan oleh orang tua, namun ternyata sangat berdampak bagi pembentukan karakter anak. Jika dibiarkan terjadi berlarut-larut akan membuat anak menjadi tidak percaya diri dan menjadi anak yang penakut. Pastinya hal tersebut tidak ingin terjadi pada anak Anda ya Ma.

Untuk membantu anda membentuk karakter anak, Mama bisa banget nih cek ALC Talent untuk melihat lebih banyak artikel tentang anak dan orang tua. Gak cum itu ALC Talent juga punya program khusus lho untuk anak-anak usia SD,SMP dan SMA, yaitu Leadership for Kids and Teens. Yuk simak lebih lengkap di bawah ini!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di