Catat, 5 Skill Yang Dibutuhkan Dunia Kerja Saat Ini!

Skill Yang Dibutuhkan Dunia Kerja alc talent
Daftar isi

Saat mulai mengejar karir dalam dunia profesional, kamu wajib memahami terlebih dahulu berbagai skill yang dibutuhkan dunia kerja. Sebab setiap tahunnya, baik bisnis maupun dunia kerja selalu bergerak dinamis dan mengalami transformasi yang signifikan.

Supaya bisa sukses bersaing di angkatan kerja saat ini, maka setiap orang harus memiliki beberapa skill kerja tertentu. Untuk bisa bertahan di industri bisnis saat ini.

Agarkamu tidak salah langkah, pada artikel ini, ALC Talent akan menjelaskan secara detail mengenai skill yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Akan membantumu tampil unggul di mata perusahaan.

Pentingnya Skill dalam Dunia Kerja

Para pemberi kerja hanya akan menghargai seseorang yang dinilai memiliki skill yang dapat membantu mereka untuk meraih tujuannya. Apabila seorang calon kandidat tidak memiliki hal ini, atas dasar apa perusahaan akan memberikanmu pekerjaan?

Tidak hanya itu saja, skill memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk dan menentukan kesuksesan seseorang di dunia kerja.

Hal ini akan membantumu untuk tampil menonjol di antara kandidat lain. Beradaptasi terhadap perubahan. Bekerja lebih efisien dan produktif. Memberikan inovasi yang membantu perusahaan untuk terus berkembang.

Baca Juga : 12 Skills Ini Wajib Kamu Miliki, Paling Dibutuhkan Perusahaan

Apa Saja Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja?

Menurut World Economic Forum, dunia kerja saat ini sedang mengalami transformasi secara besar-besaran sehingga kebutuhan skill untuk kerja kandidatnya juga telah berubah dibandingkan 10 atau 20 tahun yang lalu.

Hal ini tentu membuat pada kandidat ataupun karyawan sekalipun harus ikut beradaptasi untuk tetap bisa bertahan di era industri seperti sekarang.

Dalam laporannya, ada 5 skill yang harus dimiliki untuk bekerja dan wajib untuk kamu ketahui, diantaranya adalah:

1. Berpikir Analitis dan Mampu Berinovasi (Analytical thinking and Innovation)

Berdasarkan hasil studi yang telah dilakukan oleh World Economic Forum, kemampuan berpikir analitis dan inovatif menempati posisi teratas sebagai skill dalam bekerja paling utama yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Perusahaan saat ini akan mencari kandidat yang mampu berpikir analitis supaya bisa mencari solusi inovatif atas segala krisis dan permasalahan yang mungkin terjadi dalam bisnisnya.

Sebab orang dengan kemampuan analitis dan informatif mampu mengatur prioritas, mengkategorikan masalah serta informasi yang ada sehingga mampu menghasilkan kesimpulan yang akurat.

Dengan kemampuan analitis jugalah, kamu bisa bertukar pikiran, memberikan masukan, mengintegrasikan informasi baru, hingga membuat keputusan yang efektif berdasarkan data yang ada. Jelas kemampuan ini akan sangat membantu perusahaan terutama dalam menghadapi saat krisis.

2. Kemampuan Menyelesaikan Masalah (Problem-solving)

Skill bekerja lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini adalah problem solving atau kemampuan untuk menyelesaikan dan menganalisis masalah.

Skill ini sangat penting untuk dimiliki setiap karyawan karena dunia bisnis tidak akan pernah bisa dipisahkan dari masalah yang kompleks setiap harinya.

Hal inilah yang membuat para karyawan mampu untuk mengembangkan solusi kreatif dari setiap masalah yang dihadapi.

Selain itu, karyawan dengan kemampuan problem solving ini juga mampu melihat sebuah masalah dari sudut pandang yang berbeda. Jadi kamu mampu mengembangkan berbagai solusi alternatif dan menentukan yang terbaik diantara semuanya.

3. Leadership Skill dan Mampu Memberikan Pengaruh

Leadership merupakan skill dunia kerja yang tidak hanya dibutuhkan oleh seorang pemimpin saja.

Siapapun yang memiliki kemampuan leadership ini akan lebih dihargai oleh perusahaan karena mampu memberikan pengaruh baik bagi orang lain, bertanggung jawab, memiliki inisiatif yang dapat diandalkan dan berintegritas.

Pada akhirnya, leadership skill ini jugalah yang dapat membantu berkolaborasi, melakukan manajemen waktu, menetapkan tujuan sekaligus memotivasi tim supaya bisa bekerja dengan lebih produktif.

4. Keinginan untuk Selalu Belajar

Keinginan untuk selalu belajar juga merupakan kemampuan untuk mengembangkan keterampilan dan mempelajari cara melakukan pekerjaan dengan lebih cepat yang efektif.

Apalagi dunia bisnis sangat dinamis sehingga akan selalu muncul perubahan baru dan untuk bisa beradaptasi di dalamnya yaitu dengan terus belajar dan menyesuaikan kemampuan.

Hal ini juga sangat berguna bagi perusahaan  untuk tetap tampil kompetitif dengan selalu menerapkan inisiatif-inisiatif baru sesuai kebutuhan konsumen.

Bahkan ini bukan hanya skill yang harus dimiliki fresh graduate tapi juga karyawan aktif loh! Tentu kamu tidak ingin jadi sosok yang tergantikan dengan mudah di tempat kerja bukan?

Tenang saja, cara mengembangkan kemampuan ini bisa dengan banyak cara mulai dari sering berdiskusi dan bertukar pikiran khususnya saat mencoba menyelesaikan masalah sehingga ada banyak pengetahuan dan wawasan baru yang kamu bisa didapatkan dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga : 5 Panduan Persiapan Kerja untuk Fresh Graduate, Terbukti Efektif!

5. Fleksibel dan Kemampuan Berkomunikasi (Communication Skills)

Skill yang dibutuhkan dunia kerja terakhir yang juga wajib untuk dikuasai adalah sikap fleksibel dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

Di tempat kerja saat ini, komunikasi merupakan soft skill kunci untuk bisa berkolaborasi dengan orang lain ataupun tim untuk mencapai tujuan perusahaan.

Kebalikannya, communication skills yang buruk dapat menjadi cikal bakal munculnya konflik yang berpotensi besar untuk merugikan perusahaan.

Sedangkan kemampuan untuk bertindak fleksibel menjadi soft skill yang memungkinkanmu untuk melakukan banyak pekerjaan dengan lebih efektif menyesuaikan lingkungan dan situasi yang sedang dihadapi.

Hal inilah yang membuat karyawan dengan fleksibilitas tinggi bisa mengakomodasi situasi yang tidak biasa dan menyesuaikannya dengan pekerjaan yang mereka lakukan sehingga tetap bisa selesai dengan optimal.

Kembangkan Skill yang DIbutuhkan Dunia Kerja Bersama ALC Talent

Nah, demikianlah 5 skill yang dibutuhkan dunia kerja saat ini berdasarkan World Economic Forum. Jangan khawatir, kelima skill ini bisa dilatih dan dikembangkan melalui pengalaman dan pelatihan yang tepat.

Salah satu pelatihan yang secara khusus mempelajari skill dunia kerja, terutama bagi fresh graduate adalah kursus-kursus yang ditawarkan oleh ALC Talent.

Apalagi, setiap kursus dari ALC Talent disampaikan langsung oleh pemateri yang ahli dan berpengalaman di bidangnya serta mudah untuk diaplikasikan dalam kehidupan nyata nantinya.

Yuk cek kursus-kursus menarik untuk meningkatkan skillmu sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan saat ini hanya di ALC Talent!

ALC Punya Program Untuk Kamu Yang Mau Cepat Kerja

Nаh, kalau kаmu mаu cepat kеrjа ѕеkаlіguѕ bangun karir lebih melesat, kаmu bіѕа mеngіkutі рrоgrаm bооtсаmр siap kеrjа ALC Talent.  

Kamu jadi punya pengalaman internship di top companies Indonesia. Dibimbing membuat CV menarik plus cara sukses wawancara.  Mendapat support penyaluran kerja. Belajar & konsultasi langsung dengan mentor expert. Plus punya sertifikat 12 skills ALC Talent yang membuatmu dicari banyak perusahaan. Detil klik banner dibawah ini ya.

Bootcamp Siap Kerja
  • 28/02/2024
  • 19.00-21.00
Detail Info