5 Alasan Pentingnya Soft Skill dalam Dunia Kerja, Nomor 3 Membuat Karir Melesat

softskill dalam dunia kerja
Daftar isi

Anda mungkin saja memiliki kemampuan teknis yang luar biasa dan dapat diunggulkan saat melamar kerja. Hanya saja bagi banyak perusahaan, kemampuan teknis (hard skill) tidaklah cukup untuk bisa membuat seorang kandidat dapat bekerja secara profesional.

Oleh karena itulah, Anda perlu melengkapi diri dengan soft skill dalam dunia kerja untuk menjaga hubungan baik dengan rekan, atasan maupun anggota tim dalam organisasi.

Apalagi kehadiran soft skill untuk dunia kerja ini mampu menyempurnakan hard skill yang Anda dimiliki. Melalui kemampuan berpikir kritis dan kreatif, kecerdasan emosional yang baik sehingga mampu memecahkan masalah dengan efektif.

Jadi di artikel ini, Anda akan mengetahui lebih banyak kenapa soft skill dalam dunia kerja menjadi hal yang penting. Sehingga Anda bisa lebih semangat untuk mengembangkannya.

Apa Itu Soft Skill?

Soft skill adalah sebuah keterampilan non-teknis yang menggambarkan cara seseorang untuk bekerja dan berinteraksi dengan orang lain. Jadi keterampilan ini mengacu pada perilaku, karakter, dan kepribadian karyawan di tempat kerja.

Tentunya dengan memiliki soft skill inilah bisa memudahkan seseorang bisa bekerja dengan lebih profesional sehingga bisa berkolaborasi untuk membuat keputusan efektif saat menyelesaikan masalah.

Mengapa Soft Skill Sangat Penting dalam Dunia Kerja?

Melihat dari keterangan sebelumnya, tentu soft skill menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh setiap pekerja dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Bahkan, survei dari Linkedin Global Talent Trends juga menunjukkan jika 92% perekrut setuju jika soft skill jauh lebih penting dibandingkan hard skill saat bekerja. Ini tentu menunjukkan betapa pentingnya menguasai skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Memang kenapa kemampuan ini banyak menjadi poin pertimbangan besar bagi perusahaan saat merekrut seorang kandidat sehingga menjadi hal yang krusial untuk dipelajari? Berikut adalah jawabannya!

1. Soft Skill dapat Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Setiap pekerjaan tentu selalu dibebankan dengan tanggung jawab untuk membuat keputusan. Memang, keputusan ini biasanya bersifat teknis dan membutuhkan pemahaman seputar hard skill tertentu. Hanya saja, sebuah keputusan bisa diambil dengan lebih bijaksana setelah berkolaborasi, mendengarkan masukan dari orang lain dan kemampuan komunikasi yang baik

Sebab seringkali banyak pemimpin yang gagal karena tidak memiliki kemampuan mendengarkan yang baik sehingga keputusan yang diambil tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Meningkatkan Peluang Promosi Karir

Leadership, kemampuan problem solving, dan pengambilan keputusan merupakan hal paling berharga yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Hal inilah yang menyebabkan banyaknya orang yang promosi bukan karena mereka yang paling ahli dalam hard skill tertentu, namun yang memiliki soft skill untuk memimpin serta mengelola tim dengan optimal.

3. Meningkatkan Relasi (Networking)

Selain itu, soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja seperti komunikasi dan customer service juga mampu untuk meningkatkan relasi.

Kemampuan inilah yang mampu menciptakan dan mengembangkan jaringan Anda tidak hanya secara profesional di tempat kerja namun juga menjalin hubungan bisnis yang baik dengan para klien.

4. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Sehat

Salah satu skill dunia kerja yang tidak kalah penting di lingkungan profesional adalah empati dan komunikasi. Sebab dalam lingkup profesional, Anda seringkali tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan bantuan orang lain.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, mampu mendengarkan masukan dari orang lain dan empati maka akan sangat membantu Anda untuk berhubungan baik dengan rekan tim.

Apalagi, hadirnya empati ini memupuk lingkungan kerja yang suportif dan positif sehingga mampu menghilangkan persaingan tidak sehat di dalamnya.

Pada kondisi seperti ini, setiap orang mampu mengutarakan pemikirannya dan bisa lebih berani untuk memberikan masukan yang terbuka untuk organisasi.

5. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Terakhir, soft skill dalam dunia kerja seperti kemampuan negosiasi juga ternyata juga bisa membawa banyak keuntungan tidak hanya bagi diri sendiri namun juga perusahaan.

Sebab karyawan dengan keterampilan ini mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan keuntungan perusahaan.

Apa Saja Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja?

Tentunya ada banyak soft skill dalam dunia kerja yang perlu dikuasai para kandidat maupun karyawan yang sudah tergabung dalam perusahaan.

Namun pada kenyataannya, ada beberapa soft skill yang wajib Anda miliki dan kuasai di tempat kerja supaya lebih produktif serta profesional, diantaranya adalah:

1. Time Management

2. Komunikasi yang Baik

3. Kemampuan untuk beradaptasi (Agile)

4. Problem-solving dan decision making

5. Leadership

6. Teamwork

7. Creativity skills

Menguasai semua soft skill ini memungkinkan Anda untuk berkembang dan beradaptasi terhadap perubahan di tempat kerja. Meskipun kemampuan ini biasa dikembangkan seiring dengan pengalaman, namun soft skill bisa dilatih dengan pelatihan yang tepat, termasuk dengan mengikuti training dari ALC Talent.

Sebab ALC Talent menawarkan berbagai training soft skill dengan pemilihan materi yang menarik dengan mentor yang berpengalaman langsung di bidangnya.

Jadi tentu akan jadi pilihan yang jauh lebih terpercaya dan bisa diandalkan, khususnya bagi para fresh graduate yang sedang mencari kerja. Penasaran pelatihan apa saja yang ditawarkan ALC Talent? Cek info lengkapnya segera!

ALC Punya Program Untuk Kamu Yang Mau Cepat Kerja

Nаh, kalau kаmu mаu cepat kеrjа ѕеkаlіguѕ bangun karir lebih melesat, kаmu bіѕа mеngіkutі рrоgrаm bооtсаmр siap kеrjа ALC Talent.  

Kamu jadi punya pengalaman internship di top companies Indonesia. Dibimbing membuat CV menarik plus cara sukses wawancara.  Mendapat support penyaluran kerja. Belajar & konsultasi langsung dengan mentor expert. Plus punya sertifikat 12 skills ALC Talent yang membuatmu dicari banyak perusahaan. Detil klik banner dibawah ini ya.

Bootcamp Siap Kerja
  • 29/06/2024
  • 19.00-21.00