5 Langkah Agar Anak Pendiam Mulai Berani Bicara

anak pendiam alc talent

Daftar Isi

Anak pendiam disebabkan beberapa faktor. Bagaimana cara mengatasinya?

Setiap anak tentunya memiliki kepribadian masing-masing, ada anak yang pendiam dan ada anak cerewet. Anak yang pendiam seringkali dipandang buruk oleh banyak orang. Namun, nyatanya anak pemalu dan pendiam sebenarnya bukan berarti negatif.

Tak dapat dipungkiri, saat ini banyak anak pendiam tapi pintar di berbagai sekolah. Nah, dari kasus tersebut dapat dikatakan tak selamanya anak yang pendiam berarti memiliki hal yang negatif. Maka dari itu, anda perlu mengenali penyebab anak pemalu dan cara mengatasinya.

Apakah anak pendiam itu baik? Ya, seperti yang sudah dijelaskan setiap anak memiliki kelebihannya masing-masing. Kelebihan anak pendiam sering kali tidak disadari oleh Anda.

Sebuah penelitian mengungkapkan fakta bahwa anak pendiam atau anak pasif bisa berkomunikasi ketika mereka ingin melakukannya, tetapi mereka sering memilih untuk diam.

Sebelum lebih lanjut, yuk kenali dulu apasih penyebab anak pendiam? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: 5 Manfaat Sikap Baik Bagi Anak, Yuk Ajari Si Kecil!

Apa Penyebab Anak Menjadi Pendiam?

Penyebab yang menjadikan anak pendiam adalah terjadinya perceraian pada orang tua anak, mengalami bullying atau perundungan di lingkungan anak, memiliki sifat pemalu sejak kecil, serta memiliki keterlambatan dalam berbicara.

Selain itu penyebab anak pendiam secara umum yang kerap terjadi yakni pola asuh orang tua yang salah.

Apa Kelebihan Orang Pendiam?

Sebetulnya anak yang pendiam memiliki kelebihan yang jarang dimiliki orang lain. Namun, kelebihan orang pendiam sering kali tidak disari oleh banyak orang. Kelebihan anak pendiam yakni tidak mudah untuk dibohongi ataupun dimanfaatkan oleh orang-orang.

Tidak hanya itu, anak pendiam juga pandai dalam menganalisis suatu masalah, memiliki teman yang sangat berkualitas, termasuk kategori orang pandai, bisa menjadi pendengar yang baik, memiliki pembicaraan yang berbobot, hingga memiliki hati yang tulus.

Dengan kelebihan tersebut tak heran banyak anak pendiam yang sukses, jadi sudah tidak diragukan lagi kelebihan yang dimiliki oleh mereka.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Pendiam?

Sebagian besar orang bingung untuk mengatasi anak yang pendiam, bahkan tak jarang orang tua merasa gagal menerapkan pola asuh kepada anaknya. Berikut ini merupakan cara mengatasi anak yang pendiam.

Pertama, dengarkan keluh kesah anak

Terkadang anak butuh seseorang untuk mendengarkan keluh kesahnya. Maka dari itu, penting bagi orang tua mendengarkan keluh kesah anaknya.

Kedua, hindari memberikan label sebagai anak yang pendiam

Setiap orang tentunya tidak senang ketika mendapatkan label dari orang lain. Begitu pun anak yang pendiam kerap diberikan label orang tuanya. Sebaiknya, katakan bahwa anak Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beradaptasi.

Baca juga: 5 Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri di Lingkungan Baru, Catat Ya Ma!

Ketiga, belajar menerima apa adanya sang anak

Salah satu hal penting untuk mengatasi anak yang pendiam adalah menerima apa adanya sang anak. Justru anak yang pendiam memiliki kelebihan luar biasa.

Keempat, jangan memojokkan anak

Memojokkan anak atau membanding-bandingkan akan membuat anak semakin tertekan. Maka dari itu, memojokkan anak bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan.

Kelima, melakukan pelatihan guna meningkatkan kemampuan sosialisasi dan komunikasi mereka.

Cara menghadapi anak pendiam paling ampuh yakni mengikuti program pelatihan anak yang dilangsungkan oleh banyak lembaga, salah satunya ALC Talent.

Apa Ciri Ciri Orang Pendiam?

Mungkin orang yang pendiam sering kali dilabeli sebagai orang yang kaku dan membosankan. Padahal, nyatanya orang yang pendiam tidak selalu seperti itu.

Ciri umum yang dimiliki oleh orang pendiam adalah teliti, bisa menjadi pendengar yang baik, pandai dalam mengendalikan emosi, mempunyai kesabaran yang tinggi, dan memiliki ketelitian yang baik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai anak yang pendiam dari segi penyebabnya, kelebihan, cara mengatasi, hingga ciri-ciri orang pendiam.

Perlu diingat, anak yang pendiam tidak selamanya negatif, justru mereka memiliki kelebihan yang luar biasa.

Untuk mengatasi anak yang pendiam, Anda bisa mengikutsertakannya dalam program pelatihan anak yang dilangsungkan oleh berbagai lembaga, salah satunya adalah ALC Talent.

ALC Talent menawarkan banyak program berkualias untuk pengembangan diri si Kecil. Seperti halnya Program Leadership for Kids.

Melalui program ini si Kecil akan diajarkan berbagai sikap unggul yang bermanfaat dalam kehidupan sosialnya. Seperti kemandirian, sikap percaya diri, tanggung jawab, kejujuran, dana rasa kepedulian.

Tunggu apa lagi, yuk daftarkan segera anak Anda dalam program ini!

LEADERSHIP FOR KIDS – Untuk Anak SD
  • 28/01/2023
  • 13:00 to 15:00
  • Online via Zoom
LEADERSHIP FOR TEENS – Untuk Anak SMP SMA
  • 28/01/2023
  • 10:00 to 12:00
  • Online via Zoom

Bisa juga menghubungi kami di