Apa Itu Bootcamp, Jenis dan Manfaatnya Bagi Fresh Graduate

apa itu bootcamp alc talent
Daftar isi

Beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang yang mencari tahu informasi mengenai “apa itu bootcamp?”. Terlebih setelah pandemi berlangsung dan membuat tantangan mencari pekerjaan setelah lulus kuliah menjadi lebih kompleks.

Di tengah industri yang terus berkembang, fresh graduate seringkali dihadapkan dengan kebutuhan. Memiliki keterampilan, pengalaman dan skill yang relevan saat ini.

Hal inilah yang kemudian mendorong kegiatan bootcamp menjadi lebih meningkat. Berevolusi menjadi sebuah tren untuk mempersiapkan seseorang sebelum benar-benar memasuki dunia kerja.

Supaya lebih kenal dengan program kegiatan ini, maka pada artikel berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai apa itu bootcamp? Jenis-jenisnya sekaligus manfaat yang didapatkan oleh fresh graduate saat mengikutinya!

Baca Juga: 5 Tips Agar Setelah Lulus Kuliah Langsung Kerja

Apa Itu Bootcamp?

Secara umum, program bootcamp adalah sebuah istilah untuk pelatihan intensif yang dirancang untuk fokus meningkatkan skill dan keterampilan seseorang saat menghadapi dunia kerja.

Meskipun termasuk ke dalam program pendidikan, tentu pelatihan bootcamp ini tidak serta merta menggantikan gelar sarjana karena sifatnya yang non-formal.

Namun kegiatan bootcamp ini dapat menjadi alternatif bagi siapapun khususnya bagi para fresh graduate yang ingin menguatkan skill ataupun profesional yang ingin switch karir untuk mendalami keterampilan yang dibutuhkan perusahaan.

Selain itu, jika dibangku perkulihaan, Anda akan cenderung berfokus pada studi yang lebih mendalam tentang teori dasar dan penerapannya.

Sementara itu, bootcamp cenderung berfokus pada keterampilan teknis dan mempersiapkan pesertanya untuk bisa menghadapi dunia profesional maupun pekerjaan tertentu di industri yang diinginkan.

Apa Keuntungan Ikut Bootcamp?

Setelah mengetahui apa itu bootcamp, tentunya, ada banyak keuntungan bootcamp yang ditawarkan oleh para pesertanya. Inilah yang menjadi alasan mengapa kegiatan ini menjadi sangat populer belakangan ini.

Oleh karena itu, berikut adalah 4 manfaat bootcamp sehingga membuatnya jadi kegiatan yang layak untuk Anda perjuangkan, diantaranya adalah:

1. Persiapan Karir yang Intensif dalam Waktu Cepat

Persiapan karir hampir tidak dipelajari secara khusus di bangku kuliah. Namun di bootcamp inilah setiap peserta akan ditemani oleh mentor yang ahli dibidangnya untuk membekali dengan keterampilan secara intensif yang dibutuhkan industri saat ini.

Di Bootcamp ini juga peserta tidak hanya belajar mengenai skill untuk masuk kerja namun juga mempersiapkan mereka untuk memiliki rencana yang matang dalam karirnya. Hal ini juga termasuk persiapan dokumen dan wawancara kerja nantinya supaya bisa tampil lebih istimewa dibandingkan kandidat lainnya.

Berbeda dengan kuliah, di bootcamp inilah Anda dapat mempelajari keahlian tertentu secepat mungkin dan memperoleh keterampilan yang relevan dalam dunia kerja hanya dalam waktu 3-6 bulan saja. Inilah yang menjadi alasan mengikuti bootcamp yang paling dipertimbangkan oleh para fresh graduate.

2. Kurikulum yang Disesuaikan dengan Kebutuhan Industri

Apa Keuntungan Ikut Bootcamp

Selain itu, program bootcamp juga fokus pada keterampilan yang paling dicari oleh industri, baik itu soft skill maupun hard skill.

Hal ini tentu akan membantu pada membantu fresh graduate menjadi lebih relevan, makin percaya diri dan diinginkan oleh perusahaan.

Berbeda dengan pendekatan pendidikan konvensional yang bersifat lebih teoretis, peserta bootcamp akan lebih banyak melakukan praktek sehingga bisa memiliki pengalaman nyata untuk mengaplikasikan pengetahuannya.

Hal ini sejalan dengan survei yang dilakukan oleh Karma dimana 81% peserta menyatakan mereka merasa lebih percaya diri dengan prospek pekerjaan mereka setelah mengikuti bootcamp.

Baca Juga: 12 Skills Ini Wajib Kamu Miliki, Paling Dibutuhkan Perusahaan

3. Fleksibel

Selain itu, bootcamp juga menawarkan pilihan yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak akan menanggung kegiatan utama sehari-hari.

Sebab saat ini telah hadir bootcamp online, yang dapat diikuti oleh dimanapun dan kapanpun tanpa memandang jarak, kegiatan sehari-hari dan zona waktu.

Hal inilah yang membuat akses mendapatkan pengetahuan seputar karir menjadi jauh lebih mudah.

4. Pengalaman Kerja Nyata

Dalam rangka menyempurnakan skill yang didapatkan selama pelatihan berlangsung, banyak bootcamp yang juga menyediakan akses ke pengalaman kerja nyata dalam bentuk mini project langsung dengan perusahaan asli maupun program magang.

Hal inilah yang tentunya akan sangat membantu peserta untuk memiliki wadah supaya bisa menyalurkan segala kemampuan yang telah dipelajari dalam bootcamp tersebut.

2 Jenis Bootcamp yang Dapat Anda Ikuti

Saat ini, ada berbagai jenis bootcamp yang ada di Indonesia dan dapat dipilih sesuai kebutuhan dengan mempertimbangkan skill yang ingin di dalami, pilihan penyelenggara hingga durasi pelatihan berlangsung.

Agar tidak salah, berikut adalah 2 jenis bootcamp yang saat ini sudah bisa Anda pilih, antara lain adalah:

1. Segi Fleksibilitas

Dari segi fleksibilitas, ada 2 jenis bootcamp yang dapat Anda pilih yaitu offline, online, dan self-paced.

Sesuai dengan namanya, program bootcamp offline diselenggarakan dengan tatap muka dengan para mentornya sehingga Anda harus menghadiri tempat tertentu untuk memulai pembelajaran.

Jadi program ini akan sangat cocok untuk Anda yang lebih suka menerima penjelasan materi secara langsung.

Sedangkan bootcamp online cocok untuk Anda yang membutuhkan skema pembelajaran dengan fleksibilitas tinggi dan hemat waktu.

Sebab jenis bootcamp ini tidak membutuhkan pertemuan tatap muka serta bisa belajar dimanapun sesuai kehendak Anda selama ada jaringan internet yang kuat untuk mengikuti pembelajaran.

Sedangkan self-paced merupakan jenis bootcamp yang cocok untuk Anda yang suka belajar secara mandiri tanpa tuntutan. Biasanya, pihak provider sudah memiliki materi dan video pembelajaran sekaligus uji kompetensi yang bisa diikuti siswa secara bebas.

2. Skill yang Dipelajari

Selain itu, jenis bootcamp ini juga bisa Anda pilih sesuai dengan skill ingin yang dipelajari. Ada bootcamp yang secara khusus mengajarkan soft skill dan apa pula yang hard skill.

Namun keduanya memiliki fokus yang sama untuk mengembangkan pesertanya memiliki keterampilan yang dibutuhan oleh industri saat ini.

Pada bootcamp hard skill, keterampilan yang bisa Anda pilih ini benar-benar sangat spesifik tergantung karir yang ingin dikejar. Ada bootcamp pemrograman, digital marketing, UI/UX, dan banyak kemampuan digital lainnya menyesuaikan permintaan para pencari kerja.

Sedangkan pada bootcamp soft skill, Anda akan benar-benar disiapkan secara mental supaya siap menghadapi dunia kerja karena dibekali dengan kemampuan leadership, komunikasi hingga problem solving secara efektif. Jadi keduanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan karir Anda kedepannya.

Apa Bedanya Workshop dan Bootcamp?

Sayangnya masih banyak orang yang belum bisa membedakan bootcamp dan workshop. Meskipun keduanya sama-sama program pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan skill, namun workshop umumnya memiliki durasi lebih singkat sekitar 1-3 hari.

Sedangkan bootcamp adalah kegiatan yang intensif sehingga membutuhkan waktu lebih lama setidaknya sekitar 15 minggu.

Apakah Bootcamp Bayar?

Sebagian besar bootcamp umumnya memiliki biaya yang harus peserta bayarkan karena program ini melibatkan proses pengembangan materi yang panjang dan pemateri yang profesional dibidangnya.

Apalagi banyak bootcamp yang menyediakan akses kesempatan magang dan mini project langsung di perusahaan nyata. Dimana kesempatan ini mungkin akan sulit Anda dapatkan secara mandiri.

Tapi jangan khawatir sebab kini sudah banyak bootcamp gratis online yang beredar di internet dan dapat Anda ikuti untuk memperluas pengetahuan. Hanya saja mungkin materinya tidak akan terstruktur, selengkap dan sepadat versi berbayarnya.

Cari Bootcamp Siap Kerja yang Berpengalaman? ALC Talent Jawabannya!

Pada artikel ini kita sudah mempelajari apa itu bootcamp, jenis, maupun manfaat-manfaat yang akan dirasakan untuk para fresh graduate.

Jika Anda tertarik untuk mengikuti bootcamp yang akan meningkatkan kompetensi dan keterampilan sebelum benar-benar bekerja nantinya, maka program Bootcamp Siap Kerja dari ALC Talent adalah solusi yang tepat.

Sebab di bootcamp inilah, Anda dapat belajar 12 skills yang paling dibutuhkan oleh perusahaan saat ini secara intensif sehingga cocok untuk mahasiswa akhir dan fresh graduate yang ingin meraih perjalanan karirnya dengan gemilang! Yuk cek informasi lengkapnya di website ini!

ALC Punya Program Untuk Kamu Yang Mau Cepat Kerja

Nаh, kalau kаmu mаu cepat kеrjа ѕеkаlіguѕ bangun karir lebih melesat, kаmu bіѕа mеngіkutі рrоgrаm bооtсаmр siap kеrjа ALC Talent.  

Kamu jadi punya pengalaman internship di top companies Indonesia. Dibimbing membuat CV menarik plus cara sukses wawancara.  Mendapat support penyaluran kerja. Belajar & konsultasi langsung dengan mentor expert. Plus punya sertifikat 12 skills ALC Talent yang membuatmu dicari banyak perusahaan. Detil klik banner dibawah ini ya.

Bootcamp Siap Kerja
  • 28/02/2024
  • 19.00-21.00
Detail Info