Ainy Fauziyah : Sukses Tanpa Privilege

sukses tanpa privilege ainy fauziyah
Daftar isi

Kita obrolin Ainy Fauziyah yuk. Anak petani yang rela banting stir dari BUMN kemudian bergabung NGO internasional, Oxfam Great Britain dan Care Internasional Canada yang akhirnya memutuskan jadi Motivator plus pengusaha.

Siapa sangka Motivator & Leadership Coach Indonesia sekaligus Founder ALC Talent & ALC Leadership Management ini anak seorang guru menjahit dengan ayah petani?

Ya, wanita asli Bangil ini memulai karirnya dari nol. Bukan lulusan universitas ternama, Institut Teknologi Nasional Malang jurusan Teknik Sipil. IPK nya pun pas-pasan yaitu 2.59, jauh dibawah 3.

Disinilah menariknya. Penerima beasiswa Asian Development Bank dan Lulusan Master of Urban Management dari Canberra University tahun 2000 ini mendapat berbagai penghargaan.

Mulai dari SheCAN! Award 2011 dari Tupperware, satu dari 100 Perempuan Terinspiratif 2011 versi Majalah Kartini, Sekar Bangsa 2013 dari Mustika Ratu hingga Indonesia Digital Women Award 2011 dari PT Telkom Indonesia.

Perjalanan perempuan inspiratif ini sangat menarik untuk kita pelajari. Kemudian kita praktekkan di keseharian. Demi sebuah impian yang diharapkan.

Ainy yang telah berbicara lebih dari 300 perusahaan multi nasional ini mengakui untuk meraih setiap prestasinya dibutuhkan kerja keras, tanpa privilege. Tanpa ada keistimewaan. Tanpa koneksi. Tanpa membayar orang dalam.

Ia memulai semuanya dari zero, nol. Termasuk perjalanannya menjadi seorang motivator.

Pertanyaannya, bagaimana caranya? Penasaran, kan? Simak yuk 6 Langkah Sukses Tanpa Privilege menurut Ainy Fauziyah berikut ini.

6 Langkah Sukses Tanpa Privilege

Dalam perjalanan menuju kesuksesannya, Ainy Fauziyah membimbing kita melalui enam langkah sukses tanpa privilege. Mari kita buka lembaran inspiratif ini dengan merenung tentang langkah-langkah penting yang akan membantu kita meraih kesuksesan, tanpa harus mengandalkan pada keberuntungan atau keistimewaan tertentu.

1. Runtuhkan hambatan, atasi keterbatasan

Menurut Ainy, siapapun diri kita sangat bisa meruntuhkan hambatan sekaligus mengatasi keterbatasan.

Menghadapi hambatan dan keterbatasan dalam hidup adalah bagian tak terhindarkan dari perjalanan kita. Namun, dengan pendekatan yang tepat, kita dapat menjadikan hambatan dan keterbatasan sebagai kekuatan untuk mencapai tujuan yang kita impikan. Sukses tanpa privilege

Melakukan refleksi diri, mengenal apa saja hambatan sekaligus keterbatasan kita selama ini membuat kita menyadari bahwa keterbatasanlah yang mendorong kita untuk terus bertumbuh.

Baca Juga : 5 Tantangan Fresh Graduate Cepat Kerja Dan Cara Mengatasinya

Bagi Ainy salah satu hambatannya sewaktu kecil adalah kesulitannya memahami sebuah bacaan materi pelajaran. Ia harus membaca 3 kali untuk bisa memahami isi materi. Ia butuh usaha 3x lipat dibanding teman-temannya.

Uniknya kondisi itu tidak membuatnya patah semangat. Ainy justru mencari cara untuk lebih mudah memahaminya. Mulai dari menulis kata yang tidak ia pahami. Hingga membuat catatan kecil untuk ia bawa kemanapun pergi. Termasuk ke kamar mandi sekalipun.

2. Bangun Pola Pikir, Fokus Pada Impian Besar

Berpikir terbuka membuatmu mampu melihat tantangan sebagai peluang untuk belajar dan bertumbuh. Berusaha mencari solusi, tidak terjebak oleh kondisi.

3 ciri berpikir terbuka menurut Ainy diantaranya menerima perubahan, mau belajar hal baru dan berani menghadapi ketidakpastian.

Untuk fokus pada impian besarmu, bangun skills yang dibutuhkan. Baik itu soft skills maupun hard skills. Pelajari dan kuasai.

Baca Juga : 12 Skills Ini Wajib Kamu Miliki, Paling Dibutuhkan Perusahaan

Awal merangkak menjadi motivator bukanlah pekerjaan yang mudah. Ia rela memulainya dari nol tanpa memiliki networking. Saat itu Ainy tidak memiliki relasi sama sekali.

Ia juga mau belajar banyak hal baru. Membangun skills baru, mulai dari public speaking, personal development, leadership dst.

Saat memulai karirnya sebagai motivator, Ainy tidak memiliki koneksi sekali. Ia menghubungi radio satu persatu, menawarkan jasanya sebagai narasumber tanpa digaji. Pertama kali menjadi pengisi acara di Women Radio di jam 22.00-24.00 WIB, Ainy rela tidak dibayar selama 2 tahun.

Kerja keras, ketangguhan dan tingginya komitmen membuat Ainy berhasil mewujudkan setiap impian besarnya. Dari yang tidak mungkin, menjadi kenyataan. Because nothing is impossible.

3. Kelilingi dirimu dengan orang yang mendukungmu meraih impian

Cari support sistem. Kelilingi dirimu dengan orang yang mensupportmu meraih impian. Ini bisa dimulai dari dukungan orang tua maupun teman dekat.

Jauhi orang-orang yang meragukan kemampuanmu. Termasuk mereka yang merendahkanmu. Karena ini bisa melemahkanmu.

Ainy menambahkan, kesuksesan yang ia raih berkat kerja keras dan support orang-orang terdekatnya. Mulai dari kedua orang tuanya, suami serta kedua anaknya.

Pernah suatu hari Ainy berhadapan dengan sebuah keputusan yang sulit. Di kala perjalanan karirnya sebagai motivator penuh terjal, ia justru beberapa kali ditawari untuk kembali ke NGO dengan jabatan bergengsi di luar negeri.

Luar biasanya, Ainy tidak serta merta menerima tawaran tersebut. Ia berusaha mengingat kembali apa tujuan hidupnya dan impian terbesarnya. Menjadi ibu yang hebat untuk kedua putera-puterinya adalah salah satunya. Dan menepati janji kepada mereka berdua adalah prinsipnya.

Akhirnya dengan berat hati Ainy menolak seluruh tawaran tersebut. Ia memilih untuk merangkak dari nol sebagai motivator. Serta berusaha untuk menjadi ibu yang menepati janji untuk kedua anaknya.

4. Percayalah pada kemampuan diri sendiri.

Menjadi seseorang yang memiliki kepercayaan pada kemampuan diri sendiri bukanlah perkara mudah. Khususnya jika kamu kurang percaya diri

Untuk percaya pada kemampuanmu sendiri, kenali pencapaian apa saja yang sudah kamu lakukan selama ini. Dimulai dari hal-hal yang paling sederhana. Begitu juga dengan skillsmu, apa saja yang sudah kamu miliki

Plus yang tidak kalah penting adalah sikapmu. Karena sikapmu menunjukkan siapa dirimu. Seberapa tangguh dirimu. Dan seberapa kuat mentalmu.

Misal, kemampuanmu untuk menepati janji pada dirimu sendiri. Kemauanmu untuk belajar hal baru. Ketangguhanmu menghadapi kesulitan. Dan keuletanmu menyelesaikan permasalahan. Ini semua adalah bentuk pencapaianmu. Prestasi hidupmu.

Kemudian ukur, seberapa tinggi skills yang kamu miliki. Khususnya yang dibutuhkan untuk meraih impianmu. Semakin tinggi skillsmu, semakin kamu percaya pada kemampuanmu.

5. Gunakan alat digital sebagai tempat belajar & bertumbuh.

Manfaatkan teknologi. Gunakan media digital sebagai tempatmu belajar. Menambah ilmu dan skills baru.

Misal pilih podcast, youtube atau instagram yang membuka mindsetmu. Menambah pengetahuanmu. Sekaligus mengasah skillsmu.

6. Temukan mentor dan teladan

Berbicara tentang mentor dan teladan, Ainy ingat betul akan kesulitannya menyusun skripsi saat mengambil Master of Urban Management di Canberra University. Kath Wellman, dosen sekaligus profesor yang totalitas mendampinginya bahkan beberapa kali mengajak Ainy makan siang bersama untuk mendiskusikan skripsinya.

Cara Kath mementor dan mendampingi membuat Ainy merasakan betul dampak positifnya. Ia tidak hanya mampu menyelesaikan skripsinya dengan baik dan mendapat nilai A, tetapi juga rasa percaya dirinya untuk terus berprestasi apapun kondisinya.

Pengalamannya ini membuat Ainy untuk selalu berusaha mensupport siapapun yang mau meraih impiannya.

Temukan mentor dan role model yang memberi pandangan berharga, bimbingan, dan inspirasi untuk membantumu meraih impian. Mereka ini orang-orang yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan di bidang yang kamu impikan.

Bangun hubungan dengan mereka. Follow akun mereka. Baca kontennya. Dan praktekkan ilmunya.

Nah dari 5 langkah di atas mana saja yang sudah kamu lakukan? Yuk praktekin sekarang. Plus buktikan kamu bisa sukses tanpa privilege. Jika Ainy bisa, begitu juga kamu bukan?

Selamat meraih impian dan menjadi seseorang yang kamu impikan!

Ainy Fauziyah Bisa Menjadi Mentormu

Kamu bisa menjadikan Ainy Fauziyah sebagai mentormu di Bootcamp Siap Kerja ALC Talent. Program ini khusus untuk kamu fresh graduate yang belum bekerja. 

Bisa kеrjа hаnуа dаlаm 3 bulan. Bagaimana caranya?

1. 2 Bulаn kаmu dіlаtіh 12 skills yang sangat dіbutuhkаn реruѕаhааn

2. 1 Bulan kаmu internship / mаgаng dі tор companies Indоnеѕіа.

3. Kаmu belajar bеrkоlаbоrаѕі ѕааt mеngеrjаkаn 2 mini рrоjесt & 1 рrоjесt.

4. Dapat ѕuрроrt реnуаlurаn kerja ke nеtwоrkіng companies ALC Talent. Jіkа реrfоrmаmu bаguѕ selama mаgаng, kаmu punya kesempatan bеѕаr untuk direkrut mеrеkа.

5. Dараt ѕеrtіfіkаt 12 skills lеngkар dengan nilainya yang sangat mеnіngkаtkаn kredibilitasmu dan dіѕukаі perusahaan.

Detail info kamu bisa klik link di bawah ini

Bootcamp Siap Kerja
  • 28/02/2024
  • 19.00-21.00
Detail Info