Leadership For Teens

Bangun Karakter Anak Sekarang!

Mempunyai anak yang jujur, mandiri, percaya diri, tanggung jawab dan  peduli, adalah impian kita sebagai orang tua. 5 karakter dasar ini yang membentuk anak kita kelak menjadi seseorang yang seperti apa. 

 

Mengapa begitu penting? Karena 5 karakter utama ini membuat mereka tumbuh jadi pribadi yang bermental kuat. Kokoh pada pendirian. Mempunyai rasa tanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. Berani mengatasi permasalahan serta peduli terhadap sesama.

 

Untuk lebih lanjut, yuk kita artikan bersama apa sih arti anak yang tanggung jawab, jujur, peduli, mandiri dan percaya diri itu.  Simak sampai habis yuk!

5 Karakter Dasar

5 Karakter Dasar Yang Wajib Anak-Anak Miliki



Pertama, Jujur. Apa arti anak yang jujur menurut Anda?

Anak jujur itu adalah anak yang berani mengatakan apa yang dia pikirkan. Jangan salah loh. Tidak tiap anak berani mengatakan apa yang terdapat di dalam pikirannya. Kenapa ini terjadi?

Karena dia takut salah. Takut orang tuanya marah dan tidak lagi mempercayainya.

 

Apa dampak anak yang tidak jujur?

Imbas anak yang tidak jujur adalah dia kesulitan menyampaikan pemikirannya. Ia susah menyatakan isi hatinya. Cenderung diam, alias menunggu perintah. Plus kurang inisiatif, atau sederhananya tidak memiliki ide.

 

Anak yang tidak jujur merasa takut untuk mencoba hal baru. Kurang senang dengan perubahan karena ia takut menghadapinya. Dan tidak mengetahui bagaimana cara menyikapinya.

 

Kedua, Tanggung-Jawab. Apa arti anak yang bertanggung-jawab?

Anak yang bertanggung- jawab adalah anak yang melakukan apa yang dia ucapkan. Maksudnya apabila dia telah berkomitmen melaksanakan sesuatu, ia lakukan itu tanpa harus kita dorong.

 

Luar biasanya, tipe anak yang bertanggung jawab ini, bila ia belum dapat penuhi janjinya ataupun belum bisa melakukannya, ia berani menyatakan kondisi apa adanya. Tidak menutupinya apalagi membohongi kita, teman- temannya ataupun orang- orang di sekitarnya.

 

Anak yang bertanggung- jawab ini berani meminta maaf pada saat merasa dirinya melakukan kesalahan. Hebat, ya!

 

Masalahnya, tidak semua anak mempunyai rasa tanggung- jawab sejak dini. dia cenderung menyalahkan situasi atau orang lain. Wah, bahaya juga ya!


Apa dampaknya jika anak kurang bertanggung-jawab?

Dampak anak yang kurang bertanggung- jawab adalah ia menjadi sulit menyesuaikan diri. Kurang gigih alias gampang menyerah. Tidak mudah meminta maaf apalagi mengakui kesalahan ia lakukan. Cenderung menyalahkan orang lain atau bahasa kerennya lempar batu sembunyi tangan.

 

Nah jika sikap ini diabaikan, ia bisa menjadi seorang yang sulit diandalkan. Khususnya di pekerjaan.

 

Ketiga, Peduli. Apa arti anak yang peduli?

Anak yang peduli adalah anak yang dapat memahami kebutuhan orang lain. Nah anak yang memiliki kepedulian yang tinggi ini cenderung memiliki kecerdasan emosi atau EQ (emotional quotient) yang tinggi.

Nah kabar baiknya nih, anak- anak yang sejak dini mempunyai kecerdasan emosi tinggi ini memiliki masa depan dan karir yang cemerlang. Sebab ia mampu memanage dirinya sendiri sekaligus memahami dan mengerti pemikiran orang lain.

 

Apa dampaknya jika anak kurang peduli?

Dampak anak yang kurang peduli adalah bersifat individualistis/ egois, tidak mau tahu kondisi atau kesulitan orang lain. Mau menangnya sendiri. Menuntut orang lain untuk memahaminya. Dan bukan sebalikannya.

 

Anak yang kurang peduli ini sulit dalam menerima opini apalagi nasihat orang lain. Kurang komunikatif. Dan dalam membangun komunikasi ia lebih pada satu arah.

 

Pertanyaannya kenapa ini dapat terjadi? Karena ia kesusahan memahami kebutuhan orang lain yang sesungguhnya. Wah!

 

Keempat, Mandiri. Apa arti anak yang mandiri?

Anak yang mandiri adalah anak yang sanggup mengambil keputusan tentang apa yang ia ingin lakukan. Tidak selalu bergantung pada orang lain. Dan dapat melakukannya sendiri.

Tahu apa yang ia inginkan. Anak mandiri ini tahu betul apa yang sebenarnya ia mau. Berani mengambil keputusan. Lebih kerennya lagi, ia tidak khawatir dengan persepsi orang lain. Bahasa sederhananya, dia tidak peduli dengan apa kata orang. Yang ia pedulikan adalah bagaimana caranya ia bisa melakukan apa yang ia mau.

 

Optimis dan pekerja keras. Ya, anak mandiri cenderung optimis, pantang menyerah terlebih putus asa dalam menggapai impian yang ia cita- citakan.

 

Berani mengambil keputusan. Anak mandiri ini tahu betul apa yang sebenarnya ia mau. Berani mengambil keputusan. Lebih kerennya lagi, ia tidak khawatir dengan persepsi orang lain. Bahasa sederhananya, ia tidak peduli dengan apa kata orang. Yang ia pedulikan adalah bagaimana caranya ia bisa melakukan apa yang ia mau.

 

Hanya saja tidak semua anak bisa mandiri sejak dini. Ia cenderung bergantung pada orang- orang di sekitarnya, khususnya kita selaku orang tua. Sehingga ia selalu menunggu keputusan bahkan dorongan kita sebagai orang tuanya. Repot, kan!

 

Apa dampaknya jika anak kurang mandiri?

Dampak anak yang kurang mandiri adalah ia selalu bergantung pada orang lain. Kemana ia pergi, tidak bisa melakukan sendiri. Saat ada tugas sekolah, ia tidak mampu mengerjakan sendiri.

 

Lebih bahayanya lagi, anak yang kurang mandiri tidak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Mudah menyerah pada keadaan. Dan selalu menyalahkan situasi atau orang lain daripada dirinya sendiri.


Kelima, Rasa Percaya Diri. Apa arti anak yang percaya diri?

Anak yang percaya diri adalah anak yang yakin pada dirinya sendiri atas kemampuan yang ia punya. Baik itu kemampuan soft skills maupun hard skills. Anak yang mempunyai rasa percaya diri ini cenderung berpikir terbuka. Menerima bahkan senang dengan perubahan.


Catat, ya! Anak yang percaya diri ini memiliki keahlian untuk mengukur dirinya. Mampu tidaknya ia menghadapi tantangan ataupun permasalahan.


Kerennya, anak yang percaya diri memiliki jiwa optimis. Suka tantangan serta suka belajar hal baru. Mudah menyesuaikan diri baik di lingkungan baru maupun kondisi sulit sekalipun.


Luar biasanya lagi, jika ia merasa tidak sanggup menghadapinya, hal tersebut tidak membuatnya patah arang maupun putus asa. Sebaliknya. Ia berusaha mencari seribu cara untuk menghadapinya, menundukkanya serta jadi pemenangnya.


Ia juga berani melakukan hal baru serta unik bahkan yang tidak umum sekalipun. Tidak sibuk memikirkan apa kata orang namun fokus mencapai apa yang ia inginkan. Super, kan?


Apa dampaknya jika anak kurang percaya diri?

Dampak anak yang kurang percaya diri ini sangat besar sekali. Pertama, ia tidak yakin pada dirinya sendiri. Tidak percaya pada kemampuannya. Dan tidak memiliki keyakinan pada dirinya sendiri. Meski seadaianya ia sanggup bahkan cerdas sekalipun.



Anak yang kurang percaya diri ini juga sulit untuk mempercayai orang lain loh. Oleh karena itu dalam membangun hubungan dan komunikasi, ia menghadapi banyak kesulitan. Kalau ia saja tidak bisa percaya pada dirinya sendiri, bagaimana mungkin bisa percaya pada orang lain?


Nah, setelah berbicara panjang lebar mengenai 5 karakter dasar, kita semakin menyadari betapa pentingnya untuk membangun kelima karakter tersebut sejak dini. Kita sepakat bahwa membangun karakter anak sejak dini adalah jawabannya!

Cek 5 Karakter Dasar Anak Anda!

Cek Sekarang Yuk!



Sekarang, yuk kita cek bersama. Dari 5 karakter dasar ini, sudahkah anak- anak Anda memiliki seluruhnya? Jika sudah, seberapa tinggi? Karena bagaimanapun juga semakin tinggi nilai 5 karakter dasar mereka, semakin mudah mereka mencapai masa depan yang cemerlang. Begitu pula sebaliknya.


Ayo kita nilai sekarang. Bagaimana caranya? Sediakan kertas dan bolpoin. Jawab jujur 10 pertanyaan berikut ini, Anda cukup menjawab sudah atau belum. Setiap Anda menjawab sudah, nilainya 10 ya.


1. Apakah anak- anak berani menyampaikan pendapatnya kepada Anda?

2. Beranikah anak- anak untuk berbeda pendapat dengan Anda?

4. Apakah anak-anak Anda sering meminta maaf saat melakukan kesalahan baik kepada Anda, adik atau kakaknya, maupun pada teman-temannya?

5. Apakah anak Anda peduli dengan orang lain selama ini? Apakah mereka peduli pada Anda sebagai orangtua, saudaranya, teman-teman maupun para guru di sekolahnya?

6. Sudahkah anak Anda mandiri selama ini? (Ya, jika mereka sudah mampu mengambil keputusan sendiri, baik dalam hal sekolah, pelajaran maupun keseharian. Belum, jika mereka masih sering meminta pendapat atau arahan Anda untuk memutuskan serta menyelesaikan masalah).

7. Apakah anak Anda sudah memiliki rasa percaya diri?

8. Apakah anak Anda cepat dalam beradaptasi dengan lingkungan maupun teman baru?

9. Apakah anak Anda mampu mengatasi dan menyelesaikan masalah ataupun kesulitan  dalam hal tugas sekolah (mata pelajaran), teman sekolah atau guru mereka?

10. Bagaimana jika ia di rumah, sudah mampukah anak Anda menyelesaikan masalah atau kesulitannya saat berada di rumah dan teman bermain mereka?


Wah, sudah selesai menjawab 10 pertanyaan di atas? Boleh tahu berapa nilai atas jawaban Anda? Berdasarkan hasil survey ALC menunjukkan terdapat 3 kategori nilai jawaban atas 10 pertanyaan di atas.


0 -  40 : menunjukkan bahwa 5 karakter dasar anak Anda wajib ditingkatkan.

50 - 70 : menunjukkan bahwa 5 karakter dasar anak Anda masih perlu ditingkatkan.

80 - 100 : menunjukkan bahwa 5 karakter dasar anak Anda perlu dimaksimalkan.


Bagaimana Cara Meningkatkan serta Mengoptimalkan 5 Karakter Dasar Anak Anda?

Untuk meningkatkan serta mengoptimalkan 5 karakter dasar anak, ALC Talent merancang sebuah program leadership spesial untuk anak- anak. Namanya Leadership For Teens. 

Apa Sih Leadership For Teens Itu?

Mengapa Begitu Penting Bagi Anak Anda?

Leadership for teens merupakan program pengembangan karakter leadership anak sejak dini. Membina sekaligus menumbuhkan jiwa kepemimpinan mereka.


Di sini, mereka belajar dengan metode kelas yang asik dengan menyesuaikan perkembangan anak masa kini. Mendorong mereka jadi jujur, tanggung- jawab, hirau, mandiri serta yakin diri. Sanggup mengetuai diri mereka sendiri saat sebelum mengetuai orang lain.


Survei pada para alumni ALC menunjukkan pembangunan karakter pada anak- anak di usia dini, meningkatkan kemampuan serta potensi mereka menjadi individu bermental kokoh. Lebih percaya diri serta memiliki jiwa untuk berprestasi.


Program ini berfokus lebih kepada character development atau pembentukan karakter remaja. Goalsnya anak jadi adaptif dalam menghadapi bermacam situasi ataupun kondisi yang sulit dan tidak pasti.


Leadership For Teens berdampak langsung pada perkembangan anak sampai 5 tahun ke depan.

Meningkatkan kepemimpinan anak merupakan investasi terbaik yang amat berharga karena dampaknya yang berjangka panjang. Manfaatnya dapat langsung Anda rasakan begitu anak- anak bergabung di program Leadership For Teens. Juga setelah kelas mereka berakhir.


Selaku orang tua, kita tentu mau meningkatkan karakter positif anak- anak. Leadership for Teens didesain eksklusif untuk anak- anak Anda. Jika bukan sekarang, kapan lagi? Cari tahu lebih detail yuk!


Efisien tidak sih Leadership for Teens ini?

Tahukah Anda, riset dari Universitas Rochester Newyork membuktikan bahwa kemampuan berpikir anak- anak jauh berbeda dengan orang dewasa. Mereka belum dapat menyetarakan antara emosi dengan berpikir. Anak- anak belum berpikir sebanyak mereka meluapkan emosinya. Inilah salah satu penyebab kenapa emosi anak- anak cenderung belum stabil.


So, apa yang bisa kita lakukan selaku orang tua?


Betul, di sinilah saat yang cocok untuk meningkatkan kemampuan mereka sepenuhnya. Memanage emosi mereka sehingga lebih percaya diri dalam mengambil keputusan dalam hidup. Plus bertanggung jawab atas seluruh tindakan yang mereka ambil. Bayangkan jika Anda mendapatkan manfaat ini lebih dini. Dampaknya tentu amat luar biasa untuk anak Anda nanti. Saatnya mencuri start untuk menumbuhkan jiwa pemimpin mereka.




Siapa saja yang wajib mengikuti program Leadership For Teens ini?

Anak-anak Anda yang saat ini masih duduk di bangku SMP, SMA ataupun SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sederajat. Mereka yang berusia 13 – 18 tahun wajib untuk mengikuti dan bergabung dalam program ini.


Selain membentuk 5 karakter dasar anak, program ini juga dapat menguatkan leadership skills mereka. Sehingga dampaknya dapat mereka rasakan hingga dewasa, khususnya ketika mereka sudah bekerja. Mereka terdorong untuk mampu membangun bisnis/ karir yang sukses dan cemerlang.

Mengapa Harus Leadership For Teens ALC?

Apa saja manfaatnya untuk anak Anda?

Karena program Leadership For Teens ini didesain khusus untuk dapat meningkatkan kemampuan 6 skills utama anak-anak. Ke-6 skills ini merupakan prioritas atau hal utama yang sangat berguna dan berdampak untuk pertumbuhan sekaligus masa depan mereka.


Penasaran apa saja 6 skills penting yang harus anak-anak miliki dan kuasai? Berikut detailnya. Lanjut baca ya!

  • #1. Mampu Memecahkan Masalah

    Sigap mengatasi kesulitan. Cepat memecahkan masalah. Senang belajar hal baru.

  • #2. Mampu Bekerja Sama Secara Team

    Bersikap aktif dan memiliki inisiatif. Mampu bekerja secara tim. Memiliki jiwa leadership yang tinggi.

  • #3. Memiliki Rasa Percaya Diri

    Berani menjadi diri sendiri. Memiliki pendirian. Cepat beradaptasi. Mau mengayomi

  • #4. Mampu Mengontrol Diri Sendiri

    Tahu bagaimana cara memanage diri dan emosi khususnya saat menghadapi masalah.

  • #5. Memiliki Kemauan & Berani Bermimpi Besar

    Punya tekad & cita-cita yang tinggi. Teguh pada pendirian. Gigih, pantang menyerah.

  • #6. Mandiri, Tidak Bergantung Orang Lain

    Mampu menentukan pilihannya sendiri. Berani menghadapi tantangan & resikonya.

Metode Experential Learning

Seperti Apa Pendekatannya?

  • Kelas Intensif Sabtu-Minggu

    Online via zoom. 2 jam per pertemuan.

  • Metode Experential Learning Yang Menyenangkan

    Suasana kelas menyenangkan & belajar merefleksikan diri

.

  • Sertifikat & Pengalaman Emas

    Mentor yang expert di bidangnya. Silabus & modul pembelajaran yang teruji.

  • Quiz & Diskusi Group

    Di setiap pertemuan peserta berdiskusi dan mendapatkan kuis dengan cara yang menyenangkan

.

  • Evaluasi & Saran

    Langsung dari mentor untuk setiap peserta

  • Alumni Networking

    Gabung di alumni community ALC yang berasal dari berbagai kota di Indonesia

Apa Dampak Jangka Panjangnya Untuk Anak-Anak?

10 Dampak Positif Program Leadership For Teens ALC Untuk Anak-Anak !

  • Berani menyampaikan pendapat baik kepada Anda sebagai orang tua maupun orang lain. Termasuk berbeda pendapat sekalipun.

  • Berani memberikan ide pemikiran mereka kepada orang lain.

  • Memiliki tanggung-jawab & inisiatif untuk menyelesaikan tugas sekolah hingga tuntas.

  • Mau dan berani mengakui kesalahan dan meminta maaf.

  • Memiliki rasa peduli pada orang lain, baik pada orang tua, saudara, teman dan para gurunya di sekolah

  • Mandiri dan mampu mengambil keputusannya sendiri terkait sekolah, pelajaran maupun dalam keseharian.

  • Memiliki rasa percaya diri dan mudah beradaptasi dengan lingkungan dan teman baru.

  • Mampu menyelesaikan masalah ataupun kesulitan baik dengan tugas sekolah, mata pelajaran, teman dan guru di sekolah serta teman bermain mereka.

  • Memiliki jiwa leadership atau kepemimpinan yang tinggi dan sangat berguna untuk karir dan masa depan.

  • Melalui pendidikan karakter bagi remaja, mereka jadi mampu untuk mempunyai goal, tujuan dan impian sejak masih sekolah.

Materi Leadership For Teens ALC Talent

Apa Saja Yang Anak-Anak Dapatkan Dalam 2 hari?

Day 1

  • Know Your Dream – pentingnya menjadi percaya diri bagi seorang pemimpin.
  • Self Controlling – belajar bagaimana mengontrol diri, emosi, pikiran dan menerapkannya.
  • Letting Yourself Be Independent  embentuk pribadi mandiri, berprinsip, namun tidak individualis dan egois

Day 2

  • Learning To Work with Others – menerapkan temwork, memahami bagaimana cara memimpin dan bekerja sama dengan tim
  • Group discussion – Building your big dream and vision


Seperti apa bentuk pelaksanaannya?

  • Leadership for teens diadakan secara online live via zoom.
  • 2 kali pertemuan intensif (Batch 2: Sabtu & Minggu) 17-28 Agustus 2022 jam 10.00 – 12.00 WIB bersama trainer expert ALC.
  • Group discussion pada akhir pertemuan


Investasi Rp 1.500.000

Discount 75% menjadi 

Rp 375.000


Sudah termasuk : 

  1. Evaluasi dan saran untuk peserta dari mentor
  2. Modul materi
  3. E-Certificate


Hubungi Team ALC

Tertarik untuk ikut Leadership for Teens ALC? Hubungi 0877-7919-9555 (Syifa) untuk informasi lebih lanjut.

Materi Leadership For Teens 5 Hari

Kelas Online ALC Talent

  • 1

    Day 1 : Know Your Dream – pentingnya menjadi percaya diri bagi seorang pemimpin.

    • Leadership For Teens - Kelas Online ALC Talent

    • Leadership For Teens Day 1 - Know Your Dream

  • 2

    Day 2 : Self Controlling – belajar bagaimana mengontrol diri, emosi, pikiran dan menerapkannya.

    • Self Controlling

    • Leadership For Teens - Self Controlling

  • 3

    Day 3 : Letting Yourself Be Independent – membentuk pribadi mandiri, berprinsip, namun tidak individualis dan egois

    • Letting Yourself Be Independent

    • Leadership For Teens Day 3 - Letting Yourself Be Independent

  • 4

    Day 4: Learning To Work with Others – menerapkan temwork, memahami bagaimana cara memimpin dan bekerja sama dengan tim

    • Learning To Work With Others

  • 5

    Day 5: Group discussion – Building your big dream

    • Building Your Big Dream

Trainer

Agus A

Pegiat Pendidikan Anak-Anak

Apa Kata Mereka?

Leadership For Teens

Membangun Karakter Anak Sejak Dini

Leadership for teens adalah program pengembangan karakter leadership anak sejak dini. Membina sekaligus menumbuhkan jiwa kepemimpinan mereka. Di sini, mereka belajar dengan metode experential learning, kelas yang asyik dengan menyesuaikan perkembangan anak masa kini. Mendorong mereka menjadi jujur, tanggung-jawab, peduli, mandiri dan percaya diri. Mampu memimpin diri mereka sendiri sebelum memimpin orang lain. Survey pada para alumni ALC menunjukkan pembangunan karakter pada anak-anak di usia dini, menumbuhkan bakat dan potensi mereka menjadi pribadi bermental kuat. Lebih percaya diri dan memiliki jiwa untuk berprestasi.
RP 375.000
Leadership For Teens Character Building Kelas Online Training ALC Talent